Kantongi lzin OJK, Securities Crowdfunding Danamart Bisa Danai UKM Hingga Rp 10 Miliar

Oleh : Hariyanto | Kamis, 11 Mei 2023 - 18:38 WIB

Founder & CEO Danamart sekaligus Sekretaris Jenderal Asosiasi Layanan Urun Dana Indonesia (ALUDI) Patrick Gunadi (kiri)
Founder & CEO Danamart sekaligus Sekretaris Jenderal Asosiasi Layanan Urun Dana Indonesia (ALUDI) Patrick Gunadi (kiri)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Untuk mendukung kemajuan UKM melalui penyediaan akses permodalan inklusif, Danamart yang merupakan salah satu penyelenggara layanan urun dana atau securities crowdfunding telah berhasil mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada awal tahun 2023. Dengan izin tersebut, UKM pun dapat dibantu untuk mendapatkan tambahan modal bisnis sampai dengan Rp 10 miliar.

Sejak mendapatkan izin resmi dari OJK, Danamart terbukti telah berhasil membantu UKM naik kelas dengan peningkatan modal. Melalui hal tersebut, Danamart memberikan dampak sosial untuk perekonomian Indonesia, mengingat usaha kecil dan menengah merupakan pilar kuat penggerak ekonomi negara. 

Menurut data Kementerian Koordinator Perekonomian RI tahun 2022, jumlah usaha kecil dan menengah di Indonesia mencapai 99% dari keseluruhan jumlah usaha, dengan kontribusi kepada PDB negara sebesar 60,5% di Indonesia dan penyerapan tenaga kerja sebesar 96,9%.

Bagi penyelenggara jasa keuangan, proses mendapatkan izin OJK bukanlah proses yang mudah. Sebagai regulator industri keuangan di Indonesia, OJK senantiasa berupaya menjaga stabilitas ekosistem keuangan di Indonesia dengan mempertimbangkan aspek yang terkait dengan prinsip - prinsip good corporate governance dan ketersediaan ahli teknologi informasi, serta analisis keuangan berkualitas mumpuni, pada perusahaan penyelenggara sebelum memberikan izin secara resmi.

Selain sebagai salah satu penyelenggara pertama yang memperoleh izin resmi dari OJK di awal tahun 2023, Danamart juga menjadi pionir pembiayaan berbasis ESG atau yang menerapkan prinsip keberlanjutan terhadap lingkungan dan masyarakat. Prinsip keberlanjutan ini juga menjadi salah satu tolak ukur penilaian manajemen risiko terhadap UKM sebelum dapat menerbitkan efek di Danamart.

Kesulitan mendapatkan modal menjadi tantangan utama bagi pelaku UKM naik kelas di Indonesia untuk mengembangkan usahanya. Hal ini diungkapkan oleh Founder & CEO Danamart sekaligus Sekretaris Jenderal Asosiasi Layanan Urun Dana Indonesia (ALUDI) Patrick Gunadi.

"Lembaga keuangan, ketika ingin menjual saham perusahaannya atau surat utang, mereka juga belum bisa memenuhi sejumlah persyaratan di pasar modal, terutama yang berkaitan dengan nominal IPO. Melalui securities crowdfunding, nominal penawaran bisa lebih terjangkau untuk UKM," ujar Patrick pada Media Gathering di Jakarta, Kamis (11/5/2023).

Proses penggalangan modal dan pembiayaan dilakukan secara online atau daring dengan keringanan syarat terkait jaminan, nilai aset, serta akses permodalan tercatat pada KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) yang adalah bagian dari ekosistem pasar modal. Danamart sebagai penyelenggara layanan Securities crowdfunding mampu mendorong pemerataan kemajuan usaha di Indonesia dengan kemudahan akses permodalan bagi UKM, termasuk yang beroperasi jauh dari pusat layanan keuangan.

Tercatat, sampai dengan saat ini, Danamart telah membantu UKM dalam permodalan usaha melalui fasilitas penawaran efek berbasis utang. Namun, hal itu tidak menutup kemungkinan bagi penerbit efek berbasis ekuitas atau saham untuk mendapatkan penambahan modal di platform Danamart.

Danamart telah melewati tahap pendanaan awal (seed funding), serta dukungan yang kuat dari sejumlah figur penting, yaitu Alexander Rusli, PhD sebagai pemegang saham sekaligus penasihat, dan venture capital Prasetia Dwidharma. Danamart akan terus konsisten mendukung UKM melalui layanan securities crowdfunding yang aman dan inklusif.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Workshop dan Raker Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 19:23 WIB

Indonesia Diproyeksi Menjadi Negara Produsen Wakaf di Dunia

Dengan potensinya yang besar, Indonesia diproyeksi menjadi salah satu negara produsen wakaf terbesar di dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah bahkan telah memasukan keuangan syariah…

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:54 WIB

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) bersama dengan Fimela, Otoasia.com, dan KIS FM, menghadirkan edukasi tentang pencapaian hidup optimal melalui hobi dan kesejahteraan finansial.…

Big Bad Wolf Books gelar Pekan Grosir di ITC Kuningan Jakarta.

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:50 WIB

Big Bad Wolf Books Gelar Pekan Grosir Perdana di Jakarta

Big Bad Wolf Books (BBW) hadirkan Pekan Grosir BBW di ITC Kuningan Jakarta. Hadirkan koleksi buku-buku berkualitas dari berbagai genre dengan harga grosir yang mencengangkan.

Peserta Raker dan Workshop Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:09 WIB

Wakaf Uang Perlu Akselerasi Agar Potensinya yang Sebesar Ro 180 Triliun Terserap

Wakaf uang merupakan salah satu jenis wakaf yang memiliki potensi sangat besar di Indonesia. Potensinya mencapai RP 180 triliun per tahun. Meski begitu sejak dicanangkan sejak 2010, potensi…

Petugas memberikan vaksinasi ke Sapi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 14:46 WIB

Kementan Kendalikan PMK di Pasuruan, Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Rutin

Menindaklanjuti adanya pemberitaan terkait kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Pasuruan, Jawa Timur, Kementerian Pertanian melalui Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen…