Tepat Usia 51 Tahun, Food Station Produksi Perdana Minyakita

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 29 April 2023 - 03:41 WIB

Tepat Usia 51 Tahun, Food Station Produksi Perdana Minyakita
Tepat Usia 51 Tahun, Food Station Produksi Perdana Minyakita

INDUSTRY.co.id, Jakarta – Tepat di usianya yang genap 51 Tahun, PT Food Station Tjipinang Jaya (Food Station) selaku BUMD Pangan DKI Jakarta berkolaborasi dengan mitra strategis PT Citra Borneo Utama, Tbk, PT Borneo Mitra Bersama Sejati, dan PT Binamas Karya Fausta memproduksi Minyakita sebanyak 3,3 juta liter.

Direktur Utama Food Station, Pamrihadi Wiraryo mengatakan dengan produksi sejumlah 3,3 juta liter bisa memenuhi kurang lebih 15% kebutuhan warga Jakarta atau kurang lebih 10% kebutuhan warga Jabodetabek.

Untuk tahap awal, Food Station telah melakukan pembelian minyak goreng sebanyak 3.000 ton dari PT Citra Borneo Utama, Tbk untuk dikemas ke dalam kemasan sederhana dengan merek Minyakita, baik dalam kemasan botol maupun pouch ukuran 1 liter.

“Saat ini konsumsi minyak goreng warga Jakarta rata-rata kurang lebih 11 juta liter setiap bulannya. Sementara untuk wilayah Jabodetabek kurang lebih 24 juta liter setiap bulan. Dengan demikian, produksi kami bersama mitra sebanyak 3,3 juta liter per bulan setidaknya dapat mencukupi kurang lebih 15% kebutuhan minyak goreng Minyakita untuk warga Jakarta” kata Pamrihadi dalam keterangan resminya pada 28 April 2023.

Pamrihadi berharap dengan produksi tersebut, Food Station bersama mitra akan membuat harga-harga terkendali karena pasokannya tersedia, khususnya untuk warga DKI Jakarta.

“Sebagaimana kita ketahui saat ini isu utama minyak goreng kemasan sederhana adalah ketersediaan pasokan yang kadangkala masih on-off. Suplainya yang terbatas dan tidak lancar. Nah kita hadir disini untuk memperlancar proses suplainya dengan kapasitas total produksi 8.000 liter per jam. Kemudian harga-harga di wilayah lain kadangkala masih diatas Harga Eceran Tertinggi (HET). Nantinya Minyakita tersebut akan disalurkan oleh Distributor, di kisaran harga antara 13.000-13.500, meskipun HET nya Rp 14.000. Artinya Distributor yang merupakan mitra Food Station masih menjual Minyakita dengan harga yang jauh di bawah HET. Sehingga harapannya Minyakita yang sampai di masyarakat harganya tidak lebih dari HET” ujar Pamrihadi.

Pamrihadi menambahkan yang menjadi target pasar dari produksi Minyakita adalah distributor tingkat dua hingga distributor turunan.

“Kami memiliki mitra yang mampu menyalurkan produksi Minyakita tersebut, seperti mitra Rumah Beras. Selama ini mereka menjual produk-produk beras medium, minyak goreng, gula, terigu, daging sapi, dan komoditi lainnya. Melalui mitra tersebut targetnya bisa pasar turunan maupun rumah tangga” ungkapnya. 

Untuk sementara ini fokus pendistribusian Minyakita masih difokuskan ke pasar non modern dulu.

Milestone Baru

Kerjasama Food Station dengan dua mitra strategis memproduksi Minyakita bersama dengan Perayaan HUT yang ke 51 adalah milestone baru.  Sebelumnya kami mengembangkan produk-produk baru, salah satunya Beras Fortifikasi FS NutriRice, kerjasama budi daya padi, dan yang terakhir Rumah Beras.

“Ini merupakan salah satu milestone bagi Food Station. Kami punya tradisi membuat milestone. Seperti diketahui sejak beberapa tahun yang lalu, pendahulu kami telah banyak menciptakan milestone dan kita melanjutkan milestone ini. Hari ini milestone tersebut kita lakukan bersamaan dengan Milad Food Station yang ke- 51, kita melakukan produksi perdana Minyakita” paparnya.

Menurut Pamrihadi, Food Station memerlukan mitra yang lincah (agile) yang selalu bisa distimulus atau dirangsang adrenalinnya.

“Selama bermitra dengan Food Station jangan berpikir untuk bisa tidur nyenyak karena 24 jam akan kami ganggu. Kenapa, karena DNA kita adalah energi yang selalu menggebu-gebu. Jadi DNA nya Food Station siapapun pemimpinnya, pasti akan maju. Memang roadmap kita untuk beberapa tahun kedepan meraih pendapatan 5 Triliun per tahun” cetus Pamrihadi.

Lebih lanjut Pamrihadi menjelaskan Food Station akan selalu membuat milestone baru demi kebanggaan dan kesejahteraan penduduk DKI Jakarta dan karayawan.

“Kami ingin bergerak dalam senyap, tetapi tanpa mengurangi semangat memberikan yang terbaik bagi DKI Jakarta. Mudah-mudahan apa yang kami lakukan hari ini bermanfaat untuk warga DKI Jakarta dan seiring denga HUT ke-51 ini Food Station akan terbang lebih tinggi lagi” tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Selasa, 16 April 2024 - 10:12 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan arus…