Mentan SYL Bersyukur Kabupaten Klaten Panen Padi IP400

Oleh : Wiyanto | Senin, 10 April 2023 - 19:24 WIB

Mentan syl saat di Klaten panen padi
Mentan syl saat di Klaten panen padi

INDUSTRY.co.id-Klaten - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menggelar panen raya padi di Desa Kalikebo, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan rangkaian kerja pemerintah dalam memastikan ketersediaan pangan khusus beras di bulan puasa dan lebaran mendatang dalam kondisi aman.

Dalam kegiatan ini, SYL mengaku bersyukur karena petani di sana mampu meningkatkan produktivitas. Apalagi, Kabupaten Klaten berhasil menerapkan empat kali panen dalam semusim alias IP400 pada lahan 1000 hektare. Menurutnya, pola tanam semacam itu perlu diperluas agar Indonesia benar-benar berdaulat pangan, mandiri dan modern.

"Hari ini kita juga langsung menandatangani komitmen bersama untuk percepatan tanam 1000 hektare pada lahan IP400. Saya kira IP400 jarang didapatkan di wilayah lain dan ini dimotori langsung oleh pemerintah daerah bersama petani yang terus semangat, kompak dan kelihatannya cukup memperlihatkan sesuatu pada bangsa dan negara," ujarnya.

SYL mengatakan, pertanaman di wilayah Jawa memang harus lebih besar apabila dibandingkan dengan wilayah lain. Karena itu, kata dia, IP400 adalah solusi yang bisa mewujudkan petani sejahtera. Dia ingin, model IP400 meluas secara masif di seluruh Indonesia.

"IP400 sangat baik terutama untuk perekonomian dan kekompakan petani. Oleh karena itu, Ibu bupati akan memberi penjelasan seperti apa 1000 hektar itu akan kita coba jadikan model yang direplikasi atau diduplikasi oleh Kabupaten lain. Terutama tentu saja pertanaman di Jawa lebih khusus karena kita tidak boleh buang satu siklus pertanaman untuk tidak digarap dan tidak diintervensi," katanya.

SYL menambahkan, Kabupaten Klaten adalah kabupaten subur yang memiliki hamparan sawah cukup luas dan merupakan sentra padi terbesar yang ada di Jawa Tengah. Kata dia, kesuburan itu perlu dijaga bersama untuk masa depan bangsa dan negara.

"Jadi saya kira ini luar biasa. Sangat hebat sekali. Menurut saya sih kita kembangkan dan insya allah kami tetap berharap nanti suatu saat bapak presiden akan melihat," katanya.

Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan terimakasih atas perhatian dan dukungan Mentan SYL terhadap produktivitas dan kesejahteraan petani di wilayahnya. Dia mengaku siap menjaga komitmen bersama untuk meningkatkan skala produksi pertanian yang jauh lebih kuat.

"Kami sangat berkomitmen dengan apa yang didorong Kementan khususnya pada capaian IP400. Perlu kami laporkan bahwa terhitung bulan Januari sampai dengan Maret 2023 kita mengalami surplus hingga 31.000 ton. Sekali lagi terimakasih atas dukungan Bapak Menteri dan jajaran," katanya.

Sebagaimana diketahui, luas baku sawah di Kabupaten Klaten mencapai 31.705 ha. Dari angka seluas itu, prognosa panen BPS pada Jan-Maret 2023 mencapai 19.051 ha atau 29,94 persen. Adapun produksi gabah di sana mencapai 103.878 ton GKG dan produksi beras mencapai 59.817 ton.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Biro Kerja Sama Daerah Setda DKI Jakarta, Marulina Dewi

Minggu, 16 Juni 2024 - 08:25 WIB

Dibalik Kemeriahan HUT Kota Jakarta, Inilah Daftar Dewan Juri DKJ Awards 2024

Jakarta- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk pertama kalinya menyelenggarakan ajang penghargaan Derap Kerja Sama Jakarta (DKJ) 2024 sebagai wujud apresiasi terhadap berbagai perusahaan yang…

Tampilan BRImo terbaru

Minggu, 16 Juni 2024 - 06:03 WIB

Rilis Daftar The Global 2000, Forbes Kembali Nobatkan BRI Sebagai Perusahaan Terbesar di Indonesia

Forbes Internasional, media keuangan dan ekonomi terkemuka di dunia, menerbitkan daftar perusahaan terbesar dunia, Forbes Global 2000 tahun 2024 pada Kamis (13/06) di New York. The Global 2000…

Suasana kegiatan di Kantor BRI

Minggu, 16 Juni 2024 - 05:48 WIB

BRI Pastikan Keandalan Layanan Perbankan Pada Saat Libur Iduladha 1445 Hijriah Tahun 2024

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk akan tetap memberikan layanan Kantor BRI secara terbatas pada periode libur Iduladha 1445 Hijriah Tahun 2024. Adapun layanan terbatas tersedia pada Selasa…

Direktur Utama PT Cipta Perdana Lancar Tbk. Hamim (Kiri) didampingi Direktur Tjoeng Rino Saputra menjelaskan perjalanan bisnis perusahaan yang dimulai dari industri rumahan hanya dengan empat karyawan kini berkembang menjadi perusahaan maju pesat, di Kantor CPL, Banten, Sabtu (15/06/2024).

Sabtu, 15 Juni 2024 - 22:31 WIB

Perjalanan Sukses PT Cipta Perdana Lancar Tbk (PART), dari Industri Rumahan Kini Tumbuh Pesat dan Siap Melantai di Bursa

Tangerang- PT Cipta Perdana Lancar Tbk. (PART) perusahaan yang bergerak di industri manufaktur dengan fokus pada stamping dan assembling parts menguraikan rencana dalam waktu dekat untuk melantai…

Grand opening Sambal Bakar di Gading Serpong

Sabtu, 15 Juni 2024 - 20:26 WIB

Flagship Store Sambal Bakar Indonesia Gading Serpong Jadi Outlet Ke-23

Restoran Sambal Bakar Indonesia terus mengembangkan sayapnya. Restoran yang dimiliki pengusaha muda dan Kreator Konten Benjamin Master Adhisurya (Iben Ma) dan Richard Theodore tersebut baru…