Permudah Pengguna Paylater, Danakini Jalin Kerja Sama dengan Yokke

Oleh : Hariyanto | Minggu, 09 April 2023 - 14:08 WIB

Danakini
Danakini

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Danakini, layanan finansial berbasis teknologi informasi bagian dari Kawan Lama Group menjalin kerjasama dengan Yokke, perusahaan teknologi penyedia solusi pembayaran digital, untuk memungkinkan pembayaran transaksi dengan paylater kiniBayar dari Danakini lewat mesin EDC (Electronic Data Capture). 

Implementasi fitur baru ini diawali pada bulan April 2023 secara bertahap di toko ACE dan INFORMA Jabodetabek, toko ritel anggota dari Kawan Lama Group. Kerja sama ini bertujuan untuk memangkas waktu transaksi dan verifikasi pembayaran fitur paylater kiniBayar menjadi sekitar 2 menit, namun tetap memastikan keamanannya.

“Melihat pertumbuhan pengguna Danakini yang terus meningkat, kami merasa perlu untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi pelayanan kami. Karena itu kami menggandeng Yokke sebagai perusahaan teknologi yang bisa mempercepat proses verifikasi, terutama untuk menjawab kebutuhan milenial sebagai mayoritas pengguna kiniBayar, yang inginnya serba cepat dan ringkas.” kata Gregory Sugyono Widjaja, CEO PT Dana Kini Indonesia (Danakini) yang dikutip INDUSTRY.co.id, Minggu (9/4/2023).

kiniBayar merupakan fitur pembayaran BNPL (Buy Now Pay Later) yang diluncurkan oleh Danakini pada Agustus 2021 silam. Fitur ini mengakomodir kebutuhan pengguna untuk pembelian barang ritel dengan pilihan tenor 3, 6, 9, hingga 12 bulan; bunga kompetitif; dan tanpa dipungut biaya admin. Sejak diluncurkan, pengguna kiniBayar terus tumbuh secara signifikan, bahkan pada kuartal empat 2022, pertumbuhan penggunaannya mencapai lebih dari 90% dibanding kuartal tiga.

"Kerja sama ini berangkat dari kesamaan misi Yokke dan Danakini yang ingin menghadirkan kemudahan bertransaksi bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Yokke hadir sebagai technology enabler yang memastikan setiap proses transaksi menjadi proses yang aman, nyaman dan lancar; sementara Danakini hadir memberikan kemudahan akses pembiayaan bagi semua. Penambahan opsi penerimaan pembayaran kiniBayar di mesin EDC Yokke tentunya berangkat dari semangat yang sama; menambah lagi kemudahan dan ragam pilihan bertransaksi bagi konsumen di seluruh Indonesia.” ujar Direktur Utama PT Mitra Transaksi Indonesia (Yokke) Niniek Rahardja.

Untuk melakukan pembayaran, para pengguna Danakini yang telah memiliki limit kiniBayar dan berbelanja di merchant yang sudah bekerjasama dengan Danakini cukup menyebutkan nomor telepon saja kepada kasir. Kasir kemudian akan menginput nomor telepon beserta nominal pembelanjaan di mesin EDC Yokke. 

Kemudian pengguna diminta melakukan konfirmasi melalui aplikasi seluler Danakini, memilih tenor pembayaran, dan (bila ada) memasukkan kode promo. Proses kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan persetujuan penggunaan secara digital dan verifikasi melalui kode OTP (One-Time Password) yang akan dikirim ke nomor pengguna.

Untuk semakin memberikan kemudahan dalam berbelanja kebutuhan Idulfitri, Danakini juga menghadirkan program kiniBayar spesial Ramadan mulai tanggal 5 hingga 26 April 2023. Para pengguna bisa menikmati bunga ringan hingga 0.99% per bulan, untuk tenor 3, 6, 9, dan 12 bulan.

“Kami mulai mengimplementasikan kemudahan pembayaran dan verifikasi kiniBayar melalui EDC Yokke ini di ACE dan INFORMA, dua ritel besar dari Kawan Lama Group, di Jabodetabek mulai bulan April. Nantinya, layanan ini secara bertahap akan hadir di ritel-ritel Kawan Lama Group lainnya. Harapannya, melalui implementasi ini juga program kiniBayar spesial Ramadan, para pengguna dapat semakin dimudahkan untuk berbelanja kebutuhan Hari Raya,” tutup Gregory.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…