Chandra Asri Bukukan Pendapatan Bersih Sebesar USD2.385 Juta di Tahun 2022

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 01 April 2023 - 09:29 WIB

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) membukukan pendapatan bersih sebesar USD2.385 juta di tahun 2022, dibandingkan USD2.580 juta pada tahun 2021.

Direktur Sumber Daya Manusia & Urusan Korporat Chandra Asri Suryandi mengatakan, tahun 2022 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi industri petrokimia.

Suryandi menjelaskan, kondisi makro ekonomi global dan arus perdagangan dipengaruhi oleh gangguan supply and demand yang belum pernah diperkirakan sebelumnya, mengingat juga lockdown di China yang berkepanjangan, inflasi dengan suku bunga yang meningkat pesat, serta perang Rusia-Ukraina yang sedang berlangsung.

"Selain itu, harga minyak yang tinggi, dan permintaan produk yang rendah, menyebabkan marjin industri petrokimia tergerus," kata Suryandi yang dikutip INDUSTRY.co.id, Sabtu (1/4/2023).

Lebih lanjut, Suryandi menyebut, terlepas dari kondisi pasar yang sangat menantang, Perseroan berhasil mencapai titik impas secara tunai dengan Earnings Before Interest, Tax, Depreciation and Amortization (EBITDA) positif sebesar USD5,3 juta yang merupakan kinerja yang jauh lebih kuat daripada peers di industri yang sama.

Liquidity Pool Kuat, Neraca Keuangan Chandra Asri Tetap Kokoh

Untuk mengatasi volatilitas yang sedang berlangsung, Perseroan terus mempertahankan kebijakan keuangan dengan prinsip kehati-hatian, serta mempertahankan posisi neraca yang kuat, dengan liquidity pool sebesar USD2.673,9 juta.

Liquidity pool ini terdiri dari USD1.404 juta kas dan setara kas, USD876,4 juta surat berharga, dan sebesar USD393,5 juta fasilitas committed revolving credit yang masih tersedia untuk dapat digunakan.

Chandra Asri juga tetap fokus untuk melakukan pengembangan bisnis salah satunya dengan merampungkan proses akuisisi saham PT Krakatau Daya Listrik (PT KDL) sebesar 70 persen dan PT Krakatau Tirta Industri (PT KTI) sebesar 49 persen, yakni dua anak usaha PT Krakatau Sarana Infrastruktur (PT KSI) milik PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) dengan nilai total sebesar Rp3,24 triliun.

Langkah ekspansi ini, lanjut Suryandi, untuk semakin meningkatkan fundamental model bisnis Chandra Asri dan membuka banyak sinergi yang menarik yang memungkinkan diversifikasi dan perluasan basis pendapatan Perseroan menjadi aset utilitas infrastruktur, dan memperkuat kemampuan strategis Chandra Asri di pasar inti Perseroan.

Aksi korporasi ini juga dilakukan untuk memanfaatkan utilitas sebagai penunjang proses operasional, teknis dan keuangan sekaligus sebagai pengembangan kompleks Chandra Asri kedua berskala global (CAP2) ke depan.

"Sebagai mitra pertumbuhan, aksi Ini sepenuhnya sejalan dengan rencana ekspansi yang telah kami siapkan untuk CAP2 agar terus dapat berkembang guna melayani pelanggan kami di pasar domestik yang menarik," jelasnya.

Perseroan juga tengah bertransisi menuju industri hijau sebagai bagian dari upaya Perseroan dalam mengimplementasikan peta jalan gas rumah kaca (GRK) dan mendukung komitmen pemerintah terhadap keberlanjutan lingkungan.

"Perseroan telah mengembangkan masterplan untuk ESG dengan peta jalan GRK dan ekonomi sirkular yang diimplementasikan dalam setiap operasional Perusahaan. Komitmen ini diperkuat pada saat Chandra Asri meraih peringkat Top 1 (satu) Persentil teratas di antara peer industri dari Sustainalytics, lembaga pemeringkatan dan penelitian ESG global," tukas Suryandi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi berdayakan apoteker lewat platform PharmAcademy.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:42 WIB

Setahun Pharmacademy, Kuatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi hadirkan platform PharmAcademy yang telah menguatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia.

BNI Agen46

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:38 WIB

BNI Agen46 Bidik Seratus Ribu Pengunjung Java Jazz Festival

BNI Agen46, mitra PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang menyediakan berbagai layanan jasa keuangan, memeriahkan Jakarta International BNI Java Jazz Festival (BNI JJF) 2024 yang…

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…