Piala Dunia FIFA U20 2023: Setelah Gagal dan Rugi Rp 5 Triliun, Lalu Apa (yang Akan Kita Lakukan)?”

Oleh : Abi Hasantoso | Kamis, 30 Maret 2023 - 12:59 WIB

Abi Hasantoso
Abi Hasantoso

INDUSTRY.co.id -  Jakarta- Pembatalan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia FIFA U20 2023 sebetulnya sudah diputuskan oleh FIFA pada hari Minggu (26/3/2023) sore lalu seperti diberitakan oleh Yesayas Oktovianus dari RAY Soccer TV pada malam harinya (https://youtu.be/B8ckHmGkb-o).

“Saya dapat Info A1 ada surat FIFA yang menyatakan pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah. Suratnya benar-benar ada. Tapi saya tak bisa mendapatkan copy (screen shot/capture) surat FIFA itu,” papar Bung Yes, panggilan akrab Yesayas Oktovianus yang merupakan pensiunan wartawan olahraga - khususnya sepakbola - Harian KOMPAS pada Kamis (30/3/2023) pagi.

Bung Yes dan RAY Soccer TV sempat dituduh menyebarkan berita hoax karena banyak wartawan dan para penggemar sepakbola tak percaya dengan berita pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah. Terlebih lagi penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U20 2023 tinggal dua bulan lagi. Publik cuma tahu acara drawing-nya saja yang ditunda dengan adanya keberatan dari Gubernur Bali I Wayan Koster karena kehadiran Tim Nasional Israel U20. Bung Yes dan RAY Soccer TV dituduh cuma cari sensasi buat menarik perhatian menambah viewers di YouTube.

“Tak mungkin lah saya mengorbankan reputasi saya sebagai (mantan) wartawan dari kantor tempat saya bekerja selama ini,” kata Bung Yes.

Kepergian Ketua Umum PSSI Erick Thohir - yang juga Menteri BUMN - ke Doha, Qatar, pada Rabu (29/3) kemarin sebetulnya juga untuk meminimalisir sanksi berat yang akan dijatuhkan kepada Indonesia (dalam hal ini PSSI yang jadi anggota FIFA).

Seperti diunggah oleh industrydotcodotid (FIFA Kalau Sudah Marah Mengerikan https://m.industry.co.id/read/120215/fifa-kalau-sudah-marah-mengerikan), isu yang beredar di kalangan wartawan olahraga pada hari Senin (27/3) menyebutkan, “Lobi yang dilakukan bukan lagi soal jadi atau tidak jadi Piala Dunia FIFA U20 2023 diselenggarakan di Indonesia, tapi berusaha agar Indonesia tidak sampai kena sanksi FIFA yang lebih berat!”

Dan benar saja usai pertemuan Erick Thohir (yang membawa surat resmi dari Presiden Jokowi) dengan Presiden FIFA Gianni Infantino hasilnya tak berubah: FIFA tetap membatalkan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia FIFA U20 2023 dan tetap memberikan sanksi yang akan diumumkan kemudian.

Lobi “Mission Impossibile” Erick Thohir ke FIFA di Doha akhirnya gagal kemarin. FIFA akan mengumumkan segera negara pengganti Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U20 2023 yang tetap berlangsung pada 29 Mei - 11 Juni 2023.

“FIFA organisasi dunia yang punya wibawa. Apalagi yang saya dengar Indonesia mau melobi dengan cara tukar guling dengan Peru yang jadi Tuan Rumah Piala Dunia U17 2023 pada bulan November depan. FIFA bukan organisasi yang bisa kita atur semau kita,” papar Koordinator SOS Akmal Marhali yang sangat marah kepada pihak-pihak, terutama para politikus, yang mencampur-adukkan (olahraga) sepakbola dengan masalah politik.

Mimpi para pemain Tim Nasional Indonesia U20 langsung ambyar. Para penggemar sepakbola di Indonesia sangat bersedih. Indonesia kehilangan kesempatan tampil di Kejuaraan Dunia Resmi FIFA yang mungkin tidak akan bisa terulang lagi sampai kiamat kalau bukan jadi tuan rumah.

Kerugian secara materi, menurut Akmal Marhali, “Ditaksir lebih Rp 5.000.000.000.000!”

Tapi kerugian immaterial jauh lebih besar daripada angka uang rupiah yang sangat fantastis itu: Indonesia kehilangan muka di pergaulan dunia internasional terutama di mata FIFA!

Setelah kegagalan ini lalu apa yang akan kita lakukan di masa depan untuk memperbaiki dan membangun sepakbola Indonesia?

Selama Ketua Umum PSSI berasal dari orang-orang politik dan tidak bisa bekerja profesional secara penuh waktu (full time) percaya lah sepakbola Indonesia cuma akan jadi olahraga cari keringat buat judi dan permainan politik menjelang pemilihan presiden.

Penulis,  Abi Hasantoso: Anggota Gerakan Reformasi Sepak Bola Nasional Indonesia  2010-2011

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat bertemu jajaran direksi Hozon Energy Automobile Co., Ltd. (Hozon),

Senin, 17 Juni 2024 - 07:40 WIB

Menperin Agus Temui Bos Neta Sampaikan Hal Ini

Pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi kepada perusahaan otomotif asal China, Hozon Energy Automobile Co., Ltd. (Hozon), yang telah merealisasikan investasinya melalui bendera PT Neta Auto…

Talk Show Nobar Film Tegar (kanan kiri), Edy Karyanto SVP Human Capital Development PT Pertamina (Persero), Binziad Kadafi - Ketua Bidang SDM Komisi Yudisial RI, Marthella Sirait - Ketua Konekin, Erlangga Gaffar - Deputy Director PT Kideco Jaya Agung

Senin, 17 Juni 2024 - 06:31 WIB

Kideco Mantapkan Komitmen Perjuangkan Hak Penyandang Disabilitas

Wakil Direktur Legal & Corporate Affairs Kideco, Erlangga Gaffar menambahkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menaikkan level inklusivitas di lingkungan perusahaan. Hal itu tidak hanya dilakukan…

Press conference Indonesian Television Awards 2024 di Summarecon Mall Serpong, 14 Juni 2024.

Minggu, 16 Juni 2024 - 17:48 WIB

Kembali Digelar RCTI, Ini Daftar Lengkap Nominasi Indonesian Television Awards (ITA) 2024

Malam Puncak ITA 2024 akan disiarkan langsung di RCTI dan GTV pada 10 Juli 2024 mulai pukul 21.00. Keesokan harinya, 11 Juli 2024 akan digelar Concert Celebration ITA 2024 mulai pukul 21.30.

Le Minerale serahkan hewan kurban

Minggu, 16 Juni 2024 - 17:11 WIB

Peringati Hari Raya Idul Adha, Le Minerale Serahkan Sapi Limosin ke Mesjid Istiqlal

PT Tirta Fresindo Jaya, produsen air minum dalam kemasan bermerek Le Minerale, menyalurkan hewan kurban untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1445 H ke panitia di Masjid Istiqlal, Jakarta,…

Cintaquran dan snackvideo

Minggu, 16 Juni 2024 - 15:40 WIB

SnackVideo dan Cinta Quran Berkolaborasi Meriahkan Idul Adha dengan Kompetisi Konten Kreatif

Dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Adha, SnackVideo, platform media sosial berbasis video pendek, berkolaborasi dengan salah satu lembaga Independent terkenal Cinta Quran Foundation membantu…