Ikatan Perangkai Bunga Indonesia Akan Hias 14 Gereja dengan Janur dan Daun Palem

Oleh : Herry Barus | Minggu, 26 Maret 2023 - 04:55 WIB

Ikatan Perangkai Bunga Indonesia Akan Hias 14 Gereja dengan Janur dan Daun Palem
Ikatan Perangkai Bunga Indonesia Akan Hias 14 Gereja dengan Janur dan Daun Palem

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Perangkai Bunga Indonesia akan melakukan kegiatan bakti masyarakat pada akhir bulan Maret mendatang dengan melakukan dekorasi di sejumlah Gereja Katolik di Jakarta.

"Hal ini sebagai bentuk toleransi beragama pada upacara keagamaan Katolik yaitu Minggu Palma dengan membuat struktur di altar dan ambo pada saat Minggu Palma," kata Ketua Umum DPP IPBI, Lucia Raras Purwaningrum, Sabtu  (25/3/2923).

Ditambahkannya, kegiatan bakti masyarakat yang dilakukan DPP IPBI ini merupakan sebagai wujud terhadap toleransi beragama dan upacara keagaaman di Indonesia.

"Dalam kegiatan ini, IPBI menggunakan unsur kebudayaan Indonesia, yaitu anyaman janur dan daun palem yang dirangkai sedemikian rupa dengan bunga-bunga sehingga menambah keindahan dan kekusyukan dalam Perayaan Ekaristi Minggu Palma," kata Raras Purwaningrum.

Dan para perangkai, katanya, melibatkan para disainer flora dan pengrajin janur dari Jakarta, Bali, Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Minggu Palma, adalah permulaan Pekan Suci, di mana salah satu ciri khas Minggu Palma adalah daun palma atau daun palem. Di gereja-gereja dekorasi seputar altar pun dibuat serba daun palma, meskipun ada unsur janurnya.

Menurut rencana tanggal 30 - 31 Maret para pekerja mulai menganyam janur dan palem hingga nantinya dapat di pasang di 14 gereja yang ada di Jakarta, pada awal April 2023 mendatang.

Adapun gereja di Jakarta yang akan dihias meliputi, Gereja Katedral, Auditorium Wisma Samadi, Gereja Santo Thomas Rasul, Gereja Santo Yakobus, Gereja Santo Stefanus, Gereja Maria Bunda Karmel, Gereja Maria Immaculata, Gereja Santo Gabriel, Gereja Santo Lukas, Gereja Regina Caeli, GKI Citra 1.

Sedangkan gereja di Tangerang akan ada 2 gereja yang dihias Ikatan Perangkai Bunga Indonesia, yaitu Gereja Santo Barnabas dan Gereja Santa Maria Regina. (*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.

Bank Mandiri saat menyerahkan santunan ke Yatim dan Dhuafa

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:34 WIB

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Bank Mandiri kembali berbagi kebersamaan di bulan suci Ramadan dengan masyarakat sekitar. Kali ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa,…

Gedung BNI

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:28 WIB

BNI Terbitkan Global Bond Senilai USD500 Juta

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berencana melakukan penerbitan surat utang senior dalam denominasi Dolar Amerika Serikat senilai USD500 juta atau sekitar Rp7,94 triliun (kurs…