Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Lepas Keberangkatan Satgas Pamtas RI - PNG

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 25 Maret 2023 - 04:45 WIB

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Lepas Keberangkatan Satgas Pamtas RI - PNG
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Lepas Keberangkatan Satgas Pamtas RI - PNG

INDUSTRY.co.id - Medan-  Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., melepas keberangkatan dua Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia - Papua Nugini, bertempat di Pelabuhan Pelindo Belawan, Medan, Sumatera Utara, Kamis (23/3/2023).

Adapun satuan tugas yang diberangkatkan adalah Yonif 125/SMB Kodam I Bukit Barisan di bawah pimpinan Letkol Inf Ronald Manurung dan Yonif 115/ML Kodam Iskandar Muda di bawah pimpinan Letkol Inf Raden Herman Sasmita dengan masing-masing Satgas berkekuatan 450 personel. Demikian keteranganh dari Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Aidil

Panglima TNI dalam amanatnya mengatakan, tugas yang dilaksanakan adalah misi pengamanan perbatasan dimana fungsi teritorial melekat di dalamnya. "Sebagai patriot NKRI yang profesional modern dan tangguh saya yakin kalian sudah mempersiapkan diri dan berlatih sungguh-sungguh untuk melaksanakan tugas ini," ujarnya.

Panglima TNI juga berpesan kepada prajurit yang akan berangkat untuk mampu membangun komunikasi dan menjaga kedekatan dengan segenap masyarakat diantaranya tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat serta tokoh-tokoh daerah di Papua untuk mencari solusi terbaik dalam setiap permasalahan.

Di hadapan awak media, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan pemberangkatan Satgas ini untuk menggantikan Satgas yang lama. "Sengaja ini saya lepas, saya ingin melihat kesiapannya secara langsung karena saya sebagai penanggung jawab semua operasi TNI," jelasnya.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, kondisi rill di perbatasan secara keseluruhan sebenarnya kondusif. “Hanya ada sekelompok orang yang senantiasa mengganggu masyarakat, membakar sekolah, puskesmas, membakar fasilitas-fasiltas umum. Mudah-mudahan dengan datangnya pasukan ini dapat mengeliminir gangguan keamanan yang terjadi, masyarakat Papua secara khusus mengharapkan kondisi kondusif," tegasnya.

Hadir dalam upacara pelapasan tersebut Asops Panglima TNI, Asintel Panglima TNI, Asrenum Panglima TNI, Aslog Panglima TNI, Kapusada TNI, Pangdam I/BB, Kapolda Sumut, Danlantamal I Belawan, Dankosek I Medan, Walikota Medan serta unsur Forkompimda lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto kiri-kanan (Markus Rozano Antar Prasetyo - Bung Kepra selaku Ketua Koordinator Pergelaran; Dirjen Bimas Budha Supriyadi; Ketua Umum Panitia Acara Siddhartha The Musical, Sutina Irsan)

Sabtu, 25 Mei 2024 - 02:40 WIB

Keren! Hadir Kembali Setelah 17 Tahun, Siddhartha The Musical Sukses Hipnotis Warga Jakarta

Jakarta- Kerinduan warga Jakarta, khususnya umat Budha akan Siddhartha The Musical akhirnya terobati. Penampilan para seniman panggung Siddharta The Musical sukses menghipnotis warga yang memadati…

[Ki-Ka] M. Ade Kurniawan - CEO of ACSI, Jaja Ahmad Subarja - President Director of ACSI Corp, Yusup

Jumat, 24 Mei 2024 - 21:22 WIB

Kukuhkan Kepemimpinan Teknologi Lingkungan, Cetta Akuisisi EAS.ai

Akuisisi EAS.ai akan memperkuat posisi Cetta sebagai pemimpin dalam industri teknologi lingkungan di Indonesia dengan mengembangkan kemampuan teknologi AI-nya serta membuka peluang pasar baru.

Kegiatan CSR PT Krakatau Sarana Properti

Jumat, 24 Mei 2024 - 16:48 WIB

PT. Krakatau Sarana Properti Gelar Kegiatan CSR Bidang Pendidikan dan Lingkungan di Provinsi Banten

PT. Krakatau Sarana Properti (KSP) baru saja menggelar aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang rutin dilaksanakan di wilayah Cilegon maupun juga disekitar daerah Provinsi Banten.…

Apartemen

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:42 WIB

Sentimen Positif Dorong Permintaan Apartemen di Jakarta Selama Paruh Kedua Tahun 2024

Colliers memperkirakan permintaan apartemen di Jakarta akan mengalami peningkatan sepanjang sisa semester tahun ini, terutama pada paruh kedua dengan penetapan pemerintahan baru dan kondisi…

PT Charoen Pokphand Indonesia

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:18 WIB

Citi Indonesia Rampungkan Kesepakatan Fasilitas Kredit Sindikasi Bergulir untuk Charoen Pokphand

Citibank Indonesia (Citi Indonesia), bertindak sebagai Bank Koordinator Tunggal, telah sukses menyelesaikan kesepakatan fasilitas kredit sindikasi bergulir (syndicated revolving credit facilities)…