Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Lepas Keberangkatan Satgas Pamtas RI - PNG

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 25 Maret 2023 - 04:45 WIB

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Lepas Keberangkatan Satgas Pamtas RI - PNG
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Lepas Keberangkatan Satgas Pamtas RI - PNG

INDUSTRY.co.id - Medan-  Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., melepas keberangkatan dua Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia - Papua Nugini, bertempat di Pelabuhan Pelindo Belawan, Medan, Sumatera Utara, Kamis (23/3/2023).

Adapun satuan tugas yang diberangkatkan adalah Yonif 125/SMB Kodam I Bukit Barisan di bawah pimpinan Letkol Inf Ronald Manurung dan Yonif 115/ML Kodam Iskandar Muda di bawah pimpinan Letkol Inf Raden Herman Sasmita dengan masing-masing Satgas berkekuatan 450 personel. Demikian keteranganh dari Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Aidil

Panglima TNI dalam amanatnya mengatakan, tugas yang dilaksanakan adalah misi pengamanan perbatasan dimana fungsi teritorial melekat di dalamnya. "Sebagai patriot NKRI yang profesional modern dan tangguh saya yakin kalian sudah mempersiapkan diri dan berlatih sungguh-sungguh untuk melaksanakan tugas ini," ujarnya.

Panglima TNI juga berpesan kepada prajurit yang akan berangkat untuk mampu membangun komunikasi dan menjaga kedekatan dengan segenap masyarakat diantaranya tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat serta tokoh-tokoh daerah di Papua untuk mencari solusi terbaik dalam setiap permasalahan.

Di hadapan awak media, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan pemberangkatan Satgas ini untuk menggantikan Satgas yang lama. "Sengaja ini saya lepas, saya ingin melihat kesiapannya secara langsung karena saya sebagai penanggung jawab semua operasi TNI," jelasnya.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, kondisi rill di perbatasan secara keseluruhan sebenarnya kondusif. “Hanya ada sekelompok orang yang senantiasa mengganggu masyarakat, membakar sekolah, puskesmas, membakar fasilitas-fasiltas umum. Mudah-mudahan dengan datangnya pasukan ini dapat mengeliminir gangguan keamanan yang terjadi, masyarakat Papua secara khusus mengharapkan kondisi kondusif," tegasnya.

Hadir dalam upacara pelapasan tersebut Asops Panglima TNI, Asintel Panglima TNI, Asrenum Panglima TNI, Aslog Panglima TNI, Kapusada TNI, Pangdam I/BB, Kapolda Sumut, Danlantamal I Belawan, Dankosek I Medan, Walikota Medan serta unsur Forkompimda lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.