KoinWorks dan Google Cloud Indonesia Permudah UMKM Miliki Perangkat Kerja Digital dengan Google Workspace

Oleh : Kormen Barus | Senin, 20 Maret 2023 - 12:14 WIB

KoinWorks dan Google Cloud Indonesia Permudah UMKM Miliki Perangkat Kerja Digital dengan Google Workspace
KoinWorks dan Google Cloud Indonesia Permudah UMKM Miliki Perangkat Kerja Digital dengan Google Workspace

INDUSTRY.co.id, Jakarta- KoinWorks, neobank untuk UMKM pertama di Indonesia, mengumumkan kerja sama dengan Google Cloud Indonesia untuk menyediakan layanan Google Workspace di aplikasi KoinWorks. Dengan adanya kolaborasi ini, pelaku UMKM dapat melakukan pembayaran untuk layanan Google Workspace yang mereka pilih melalui KoinBill, fitur pembayaran tagihan secara online yang terdapat pada KoinWorks NEO.

Layanan yang akan hadir pada akhir Maret ini menjadi terobosan dalam penyediaan akses terhadap digital tools untuk produktivitas UMKM, seperti akses ke email profesional, dokumen kolaborasi, rapat melalui video, hingga penyimpanan data berbasis cloud, yang lebih mudah dan terjangkau, tanpa menggunakan kartu kredit. Fasilitas tersebut juga dapat memberikan ruang kolaborasi bagi UMKM, sehingga memudahkan operasional bisnis sehari-hari.

Kebutuhan UMKM akan perangkat kerja digital tidak terlepas dari perkembangan teknologi saat ini. Kementerian Koperasi dan UKM menyebutkan sebanyak lebih dari 20 juta UMKM sudah go digital di tahun 2022. Tentunya penetrasi UMKM ke ekosistem digital perlu didukung dengan perangkat kerja digital yang dapat meningkatkan kinerja UMKM secara signifikan.

Hingga saat ini UMKM masih memiliki keterbatasan dalam memperoleh fasilitas tersebut, salah satunya karena penetrasi kartu kredit yang masih rendah, sehingga KoinWorks dan Google Cloud Indonesia hadir untuk menjawab tantangan ini.

Aditya Chintawar, Chief Product Officer KoinWorks, menjelaskan bahwa, “Kami selalu berupaya untuk mengembangkan produk dan layanan yang dapat membantu UMKM dalam menjalankan bisnisnya sehari-hari. KoinWorks sendiri menyambut dan menghargai kolaborasi dengan entitas lain yang mempunyai misi yang sama dengan kami. Kedepannya, kami akan terus menyediakan inovasi di aplikasi KoinWorks, seperti Google Workspace, yang memungkinkan UMKM untuk memisahkan akun bisnis dan personal mereka, sehingga aktivitas bisnis dapat lebih profesional, fokus, dan terperinci.” ujarnya.

Berdasarkan data Google Cloud Indonesia, Google Workspace memiliki 3 miliar pengguna aktif di seluruh dunia, membuktikan perangkat tersebut memberikan kegunaan yang bernilai untuk semua jenis bisnis, mulai dari perusahaan yang terdaftar Forbes Next Billion Dollar Companies, hingga bisnis mikro di negara berkembang.

“Memiliki misi yang sama dalam mendukung UMKM Indonesia melalui teknologi, Google Cloud Indonesia terus berinovasi untuk mengatasi tantangan UMKM saat ini. Kerja sama antara KoinWorks dan Google dapat semakin mendekatkan akses produk untuk melayani kebutuhan UMKM melalui aplikasi KoinWorks.” ujar Yuval Dvir, Global Head, Online Scaled Partnerships, Google Workspace.

Lebih lanjut, Ardi Setyadi, Digital Native Sales Google Cloud Indonesia, menjelaskan fitur lain dari Google Workspace yang dapat membantu UMKM. “Para pelaku usaha dapat menghubungkan domain profesional, dengan Google Workspace, untuk meningkatkan kredibilitas usaha mereka. Selain itu, fitur pencarian yang terintegrasi mempermudah pengguna mencari dan mendapatkan informasi dengan cepat termasuk dari perangkat mobile, misalnya mencari invoice untuk pelanggan yang tersimpan di email.” jelasnya.

Untuk mengakses layanan Google Workspace melalui KoinWorks, pelaku UMKM cukup mendaftarkan akun bisnis dan akun NEO di aplikasi KoinWorks. Setelah pendaftaran berhasil,  pengguna dapat menuju halaman KoinBill dan memilih Google Workspace untuk dilanjutkan ke proses transaksi. Dengan basis pengguna KoinWorks NEO yang saat ini mencapai lebih dari 100 ribu UMKM, KoinWorks optimis dapat mendorong inklusivitas dalam ekosistem digital sehingga dapat memberdayakan lebih banyak UMKM melalui penyediaan layanan Google Workspace di fitur KoinBill ini.

 KoinWorks merupakan neobank untuk UMKM pertama di Indonesia dengan 2,5 juta pengguna, yang menyediakan solusi pengembangan bisnis untuk UMKM yang baru memulai perjalanan bisnisnya. Dengan Satu Klik untuk Wujudkan Impian, KoinWorks adalah partner finansial yang dapat membantu masyarakat mewujudkan impian bisnis dan mencapai kesuksesan finansial.

Didirikan pada tahun 2016, KoinWorks yang pada awalnya adalah sebagai perusahaan pendanaan digital, dan melanjutkan misinya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan membantu semua lapisan masyarakat Indonesia mencapai tujuan keuangan mereka. Perusahaan ini berkantor pusat di Jakarta dengan holding di Singapura dan memiliki kantor untuk teknologi di Yogyakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Workshop dan Raker Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 19:23 WIB

Indonesia Diproyeksi Menjadi Negara Produsen Wakaf di Dunia

Dengan potensinya yang besar, Indonesia diproyeksi menjadi salah satu negara produsen wakaf terbesar di dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah bahkan telah memasukan keuangan syariah…

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:54 WIB

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) bersama dengan Fimela, Otoasia.com, dan KIS FM, menghadirkan edukasi tentang pencapaian hidup optimal melalui hobi dan kesejahteraan finansial.…

Big Bad Wolf Books gelar Pekan Grosir di ITC Kuningan Jakarta.

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:50 WIB

Big Bad Wolf Books Gelar Pekan Grosir Perdana di Jakarta

Big Bad Wolf Books (BBW) hadirkan Pekan Grosir BBW di ITC Kuningan Jakarta. Hadirkan koleksi buku-buku berkualitas dari berbagai genre dengan harga grosir yang mencengangkan.

Peserta Raker dan Workshop Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:09 WIB

Wakaf Uang Perlu Akselerasi Agar Potensinya yang Sebesar Ro 180 Triliun Terserap

Wakaf uang merupakan salah satu jenis wakaf yang memiliki potensi sangat besar di Indonesia. Potensinya mencapai RP 180 triliun per tahun. Meski begitu sejak dicanangkan sejak 2010, potensi…

Petugas memberikan vaksinasi ke Sapi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 14:46 WIB

Kementan Kendalikan PMK di Pasuruan, Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Rutin

Menindaklanjuti adanya pemberitaan terkait kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Pasuruan, Jawa Timur, Kementerian Pertanian melalui Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen…