Presiden Jokowi Dinobatkan Sebagai Rato Sumba Barat Daya NTT

Oleh : Herry Barus | Kamis, 13 Juli 2017 - 08:11 WIB

Presiden Jokowi Dinobatkan sebagai Rato Sumba Barat Daya (Foto Setpres)
Presiden Jokowi Dinobatkan sebagai Rato Sumba Barat Daya (Foto Setpres)

INDUSTRY.co.id - Waetabula- Presiden Joko Widodo dinobatkan sebagai Rato Sumba Barat Daya oleh Pemerintah setempat saat mengunjungi Pulau Sumba untuk menghadiri Parade 1001 Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat pada Rabu (12/7/2017)

Bupati Sumba Barat Daya, Markus D Tallo mengatakan gelar Rato yang diberikan kepada Presiden Joko Widodo merupakan gelar kehormatan bagi Jokowi karena sudah bersedia datang ke Pulau Sumba.

"Beliau dianggap sesepuh bagi kami karena telah datang ke Sumba. Masyarakat juga tentu sangat bahagia menyaksikan langsung kedatangan Bapak Presiden," katanya kepada awak media.

Ia mengatakan selain gelar tersebut, Pemerintah dan masyarakat Sumba khususnya Sumba Barat Daya juga menghadiahi Jokowi berupa sebuah parang ulu gading serta seekor kuda Sandelwood.

"Dengan hadiah itu maka lengkap sudah Pak Presiden dianggap sebagai seorang Raito dan ini juga merupakan sebuah kehormatan bagi kami masyarakat Sumba Barat Daya," tambahnya.

Bupati juga menjelaskan bahwa Kuda merupakan lambang Ksatria bagi pria Sumba dan juga menjadi belis atau mahar bagi perempuan Sumba.

Parang Sumba atau yang dikenal dengan sebutan Katopu merupakan tanda kemenangan dalam perang bagi pria sumba. Oleh karena itu dengan hadiah kuda dan parang tersebut mendukung sebagai seorang ksatria yang saat Inu tengah memimpin Indonesia untuk menjadi yang lebih baik.

Dalam kesempatan tersebut Presiden juga sempat menunggangi kuda yang diberikan oleh masyarakat tersebut.

Presiden RI Joko Widodo yang hadir dan mengenakan ikat kepala dan berselempang kain tenun menyaksikan festival tenun dan kuda sandelwood terlihat seperti seorang Ksatria.

Dalam kesempatan tersebut juga Presiden menyapa ribuan masyarakat Sumba yang memang datang dari kecamatan yang jauh untuk melihat orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fintech (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 11:17 WIB

Koku Raih Pendanaan Pra-Seri A Sebesar US$2 Juta Dari Co-Founder Tencent

Pendanaan Pra-Seri A ini dipimpin oleh Jason Zeng, Co-founder Tencent Holdings dan pendiri perusahaan angel investment asal China, Decent Capital.

Perkebunan kelapa

Sabtu, 20 April 2019 - 11:05 WIB

Kemenperin Pastikan Bisnis Industri Olahan Kelapa di Indonesia Masih Sangat Prospektif

Bisnis industri pengolahan kelapa di Indonesia masih prospektif dan terus berkembang di beberapa wilayah seperti Riau, Sulawesi Utara, Gorontalo, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, dan…

Oppo F11 Pro (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 10:59 WIB

Masa Pre-order Selesai, Smartphone Oppo F11 Sudah Tersedia di Pasar Indonesia

Perangkat Oppo F11 menjadi favorit karena kemampuan kamera belakangnya untuk mengambil foto portrait memukau dalam gelap, memori besar, pengisian daya cepat, serta harganya yang cukup terjangkau,…

Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian YLKI

Sabtu, 20 April 2019 - 10:32 WIB

Peringati Harkonas, YLKI Minta Pemerintah Serius Lindungi Konsumen

Setiap 20 April, diperingati sebagai Hari Konsumen Nasional, atau Harkonas yang tak bisa dilepaskan dari UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). Pasalnya Harkonas mengacu pada…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Sabtu, 20 April 2019 - 10:05 WIB

Kemenperin Pacu Hilirisasi Komoditas Kelapa Terpadu dari Jambi Sampai Gorontalo

Kementerian Perindustrian semakian giat memacu hilirisasi komoditas kelapa agar menjadi produk industri dalam negeri yang bernilai tambah tinggi.