Pegadaian Beri Pelatihan Kepada Pengrajin Sulam Suji Koto Gadang

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 Maret 2023 - 10:08 WIB

Pegadaian Beri Pelatihan Kepada Pengrajin Sulam Suji Koto Gadang
Pegadaian Beri Pelatihan Kepada Pengrajin Sulam Suji Koto Gadang

INDUSTRY.co.id - Bukit Tinggi - PT Pegadaian menggelar pelatihan dan pendampingan dalam hal pemasaran digital bagi pengrajin sulam suji Desa Subarang Tigo Jorong, Koto Gadang Bukittinggi pada hari Minggu (12/3/2023). 

Kegiatan ini dilakukan untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya yang berprofesi sebagai petani dan para ibu rumah tangga yang juga aktif dalam seni menyulam.

Desa Subarang Tigo Jorong merupakan Desa Binaan Pegadaian dan telah menerima bantuan internet sebagai sarana edukasi karena lokasinya sulit untuk mengakses sinyal internet. Bantuan ini diberikan dengan tujuan utama agar sekolah dan masyarakat desa khususnya pesulam suji dapat mengembangkan kapabilitas serta memperkenalkan sulam suji di kancah nasional dan internasional.

Terobosan yang dilakukan Pegadaian dan para pesulam suji di bulan Januari 2023 telah berhasil membawa hasil karya sulam suji pada kegiatan fashion show tingkat internasional New York, Amerika. 

"Dengan pemanfaatan teknologi digital, para pesulam suji dapat meningkatkan daya saing dan peluang pasar karena keunikan sulam suji yang ditunjukan oleh motif sulam dan pengerjaannya 100% handmade. Selain itu dengan internet yang telah tersedia, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk terus belajar dan mengembangkan usahanya," jelas Rully Yusuf selaku Senior Vice President PT Pegadaian.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN 015 Koto Gadang Desi Hermita yang sekaligus PIC dari program pelatihan ini menyampaikan rasa terima kasih kepada Pegadaian atas perhatian yang diberikan.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Pegadaian yang telah memberikan perhatian kepada warga kami. Pelatihan ini sangat dibutuhkan oleh pengrajin sulam suji untuk terus dapat bersaing dengan pengrajin di luar sana," ujar Desi.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, perwakilan para pesulam suji akan didatangkan pada pameran di Sarinah Jakarta untuk memasarkan produknya langsung. Selain itu para pengrajin dapat melakukan pemasaran digital menggunakan handphone mereka. 

“Pesulam suji harus mendaftarkan produk-produknya di website Padi UMKM terlebih dahulu. Dengan pelatihan ini diharapkan terus mendorong para pesulam untuk melek terhadap teknologi,” jelas Mery Andriati Surya, Kepala Departemen Komunikasi dan Literasi PT Pegadaian.

Kegiatan pelatihan yang diikuti oleh 22 orang pengrajin sulam suji mendapatkan ilmu dan pengalaman baru melalui praktik pembuatan akun di E-Commerce, di antaranya membuat konten pemasaran dan tips-tips untuk menarik minat para pembeli.  

Melalui 4 pilar focus program TJSL yang salah satunya Pilar Ekonomi, PT Pegadaian berkomitmen untuk mendampingi para UMKM untuk lebih berkembang, mandiri dan menjadi UMKM naik kelas di tahun 2023.

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

(kiri-kanan). Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna (dua dari kiri), Direktur Sales PT Telekomunikasi Selular Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur PT Pertamedika Bali Hospital Mochamad Sonny Irawan, Direktur PT Adi Sarana Armada Tbk dan PT Adi Sarana Transportasi Jerry Fandy Tunjungan (paling kanan)

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:36 WIB

Perkuat Ekosistem Halal, BSI Gandeng Mitra Strategis

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus menunjukkan komitmennya dalam memajukan ekosistem halal di Indonesia.

Dari ki-ka: Vice Grand Sheikh of University Al Azhar Cairo Mesir HE. Prof. Dr. Mohammed Abdel Rahman Al-Duweiny, Direktur Utama BSI Hery Gunardi, Komisaris Utama BSI Muliaman D. Hadad, dan Direktur Eksekutif BSI Maslahat Sukoriyanto Saputro saat setelah Seminar International "Collaborative Framework for Holistic Islamic Ecosystem" pada gelaran BSI International Expo di JCC Senayan Jakarta

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:17 WIB

BSI dan Al-Azhar Mesir Satukan Visi untuk Ekosistem Islam yang Berkelanjutan di BSI International Expo

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pengembangan ekosistem Islam di sektor pendidikan melalui kolaborasi strategis dengan Al-Azhar Cairo Mesir.

Membaca nyaring untuk bangun kegemaran anak sejak dini.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:44 WIB

Bangun Kegemaran Membaca Anak Sejak Dini Dengan Membaca Nyaring

Orang tua sebagai model pertama bagi anak-anak dapat mendorong mereka untuk membaca dengan cara yang menyenangkan dan membangun minat terhadap literasi sejak dini lewat membaca nyaring.

BRI masuk 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang dinilai berdasarkan revenue, profit dan aset.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:23 WIB

Kembali Torehkan Prestasi Elite, BRI Jadi Institusi Keuangan No.1 di Indonesia dan Peringkat 4 di Asia Tenggara Dalam Daftar Fortune Southeast Asia 500

Media ekonomi terkemuka dunia, Fortune pada hari Selasa (18/06) mengumumkan daftar Fortune Southeast Asia 500 untuk pertama kalinya. Daftar ini berisikan 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara…

Panandatanganan MoU Sarana Jaya dengan KONI

Jumat, 21 Juni 2024 - 19:15 WIB

Sarana Jaya - KONI Teken MoU Dukung Para Atlet Menuju PON XXI/2024 Aceh - Sumut

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang perekrutan atlet berprestasi peraih…