WOW...6 Tips Ini Akan Membuat Anda Berhasil Dalam Magang

Oleh : Chandra Mata | Selasa, 11 Juli 2017 - 10:14 WIB

Ilustrasi Pengusaha Sukses
Ilustrasi Pengusaha Sukses

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pekerjaan magang dapat menjadi menakutkan, sulit, dan benar-benar mengerikan. Baik ketika Anda mengisi kertas, membuat kopi, atau duduk dalam rapat-rapat dengan para Direksi dan manajemen, akan selalu ada ruang untuk peningkatan. Berikut adalah 6 cara untuk memanfaatkan kesempatan emas ini, berhasil dalam magang.

1. Perlakukan pekerjaan ini seperti pekerjaan sungguhan 
Jika Anda ingin dianggap serius, maka Anda harus menganggap pekerjaan magang ini dengan serius. Anda perlu ingat bahwa pekerjaan Anda akan mempunyai dampak untuk organisasi tersebut. Tunjukkan pada pimpinan Anda bahwa Anda antusias dan termotivasi bekerja untuk mereka.
Datanglah tepat waktu di pagi hari, datang untuk rapat sebelum dimulai, dan menyelesaikan pekerjaan sebelum batas akhirnya. Hal ini juga termasuk berpenampilan baik. Jika Anda berpenampilan seperti Anda akan pergi kuliah maka Anda menunjukkan bahwa Anda tidak menganggap pekerjaan ini dengan serius.
Amati bagaimana cara yang lainnya bertingkah laku, dan contohlah itu. Detil-detil ini mungkin terlihat sepele, tetapi hal ini akan membantu Anda untuk tampil menonjol daripada pekerja magang lainnya.
 
2. Lakukan Semua Tugas dengan Kualitas Bagus
Terima semua tugas tanpa keluhan, minta pekerjaan lainnya ketika tugas-tugas sebelumnya sudah selesai, dan buatlah kualitas kerja yang bagus. Dengarkan instruksi yang diberikan dengan baik dan minta klarifikasi. Manfaatkan waktu untuk melakukan suatu pekerjaan yang bagus. Tunjukkan bahwa Anda memperhatikan detil-detil dengan mengikuti instruksi dan mempedulikan kualitas.
Berikan segala yang Anda lakukan dalam pekerjaan ini dengan 101% kemampuan Anda dan tidak kurang dari itu. Baik jika tugas tersebut biasa saja atau berat, lakukan dengan kemauan tanpa henti dan tekad untuk lebih. Walaupun Anda hanyalah seorang pekerja magang, pekerjaan Anda akan tetap berdampak untuk perusahaan, jadi pastikan bahwa pekerjaan Anda bagus.
 
3. Carilah masukan
Jika Anda mendapatkan masukan dari supervisor Anda, maka indahkanlah masukan tersebut. Jika hal ini tidak datang dengan sendirinya, maka carilah! Tidak merugikan untuk bertanya pada bos Anda tentang kinerja Anda, apa yang Anda dapat lakukan untuk meningkat, dan sebagainya. Tujuan dari pekerjaan magang ini adalah untuk belajar dan mendapatkan sebanyak mungkin yang Anda bisa.
Meminta masukan tidak hanya membantu Anda meningkatkan pekerjaan Anda, akan tetapi Anda juga menunjukkan bahwa Anda ingin untuk maju di bidang Anda. Hal ini juga akan membantu Anda menemukan kelebihan dan kelemahan Anda, jadi Anda bisa mengatasinya sebelum Anda pergi.
 
4. Hindari Snapchat, Twitter, FB, Instagram, Whatsapp …
Jangan gunakan situs jejaring sosial atau bertukar pesan dengan teman selama jam kerja. Kecuali jika pekerjaan Anda melibatkan penggunaan sosial media, hindari sosial media dan fokus pada pekerjaan Anda. Anda berada di sana untuk belajar dan mendapatkan pengalaman berharga, jadi manfaatkan waktu yang Anda punya dan curahkan waktu Anda untuk melakukan hal-hal baru dan mengembangkan kemampuan-kemampuan Anda.
Jika pekerjaan Anda telah selesai, dan tidak ada lagi yang bisa Anda kerjakan, mintalah pekerjaan lainnya atau membaca literatur perusahaan dan/atau jurnal-jurnal profesional. Duduk di meja Anda dengan memeriksa pesan Twitter Anda sambil menunggu seseorang memberikan pekerjaan untuk Anda adalah salah satu cara terbaik untuk tidak dapat panggilan lagi.
Ingatlah, akun sosial media Anda tidak akan hilang akan tetapi kesempatan Anda untuk belajar dan tumbuh berkembang akan melayang ketika Anda sedang memposting status baru Anda.
 

5. Bertemanlah .. dan tetaplah terhubung  
Karena Anda akan memperlakukan pekerjaan ini seperti sebuah pekerjaan tetap, Anda akan ingin untuk meluangkan waktu mengenal kolega dan bos Anda. Buatlah inisiatif untuk memperkenalkan diri Anda sendiri dan tunjukkan sebuah sikap positif dan ramah kepada siapapun yang Anda jumpai, dari mulai tukang bersih-bersih hingga pada para CEO. Cobalah berinteraksi dengan masing-masing orang dan rasakan apa yang mereka lakukan.
Melanjutkan hubungan yang Anda telah bangun setelah masa magang berakhir. Anda bisa tetap terhubung dengan teman-teman baru Anda dalam media sosial atau email.
Jika Anda ditawari sebuah pekerjaan, Anda akan punya modal lebih baik untuk berkembang sejak dari awal. Jika Anda belum punya, kontak Anda dapat membantu Anda untuk masuk ke perusahaan lainnya, membuat Anda tetap mendapatkan informasi akan perkembangan-perkembangan industry, memberikan Anda sebuah referensi yang cemerlang …….. dan daftarnya masih akan tetap bertambah.
 
6. Katakan Terima Kasih!
Di akhir masa magang Anda, jangan lupa untuk berterimakasih pada semua orang yang Anda ajak bekerja dan orang-orang yang membantu Anda melewati masa magang ini. Kita semua sesekali menyukai ekspresi penghargaan, jadi jangan malu untuk memperlihatkannya. Biarkan mereka tahu seberapa besar Anda menghragai kesempatan bekerja ini dan belajar dari mereka – hal ini memberikan perasaan yang baik pada semua orang dan sopan santun tidaklah membutuhkan biaya.
 
Pekerjaan magang Anda adalah langkah terakhir Anda antara menjadi seorang pelajar dan seorang pekerja professional. Pekerjaan magang adalah kerja keras. Dan hanya melakukan apa yang diharapkan tidaklah cukup untuk membuat Anda dikenal. Anda perlu untuk berusaha lebih dan manfaatkan waktu Anda dalam organisasi ini. Gunakan 6 tips ini untuk membantu anda memanfaatkan kesempatan yang luar biasa ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Finnet, Bona L. Parapat.

Selasa, 23 April 2019 - 21:09 WIB

Selaraskan Program Kementerian BUMN, Finnet Luncurkan Logo dan Tagline Baru

Finnet, salah satu entitas bisnis Telkom Group, meluncurkan logo baru Finnet dan Finpay di Hotel Alana, Yogjakarta, Selasa (23/04/2019). Kegiatan yang digelar bersamaan dengan gathering bersama…

Konferensi pers Grand Opening John Robert Powers Menara Astra Sudirman

Selasa, 23 April 2019 - 21:00 WIB

Pindah ke Menara Astra, John Robert Powers Indonesia Tawarkan Dua Program Baru

Sekolah kepribadian John Robert Powers (JRP) Indonesia hari ini resmi memindahkan kantor pusatnya dari Lippo Kuningan ke Menara Astra, Sudirman, Jakarta. Pemindahan kantor itu bertujuan untuk…

Ilustrasi kantong plastik

Selasa, 23 April 2019 - 20:45 WIB

Perda Larangan Kantong Plastik Ganggu Perekonomian Nasional

Pemerintah pusat melalui Kementrian Perindustrian (Kemenperin) meminta seluruh pemerintah daerah tidak menerbitkan peraturan daerah (perda) yang melarang peredaran kantong dan kemasan plastik.…

Kedua dari kiri: Alexander marwata - Wakil Ketua KPK, Muhammad Sigit - Deputi Bid Pencegahan dan paling kanan: S. Alexander Sianturi dari Treasure ACFE

Selasa, 23 April 2019 - 20:31 WIB

Jakpro Leaders Talk: BUMD DKI Jakarta Perkuat GCG Tegakkan Integritas

Jakarta– PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menginisiasi kebersamaan lintas BUMD se-DKI Jakarta untuk memperkuat Good Corporate Governance (GCG) sebagai upaya preventif berkelanjutan agar terhindar…

Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Muffidah Jusuf Kalla didampingi Yanti Isfandiary Airlangga serta Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih saat meninjau stan pameran kerajinan

Selasa, 23 April 2019 - 20:30 WIB

IKM Jadi Tonggak Penggerak Ekonomi Kerakyatan

Industri kecil dan menengah (IKM) merupakan salah satu sektor penggerak ekonomi nasional berbasis kerakyatan. Hal ini lantaran para pelaku IKM membuka lapangan kerja bagi masyarakat di sekitarnya…