Kemenko Perekonomian: Pertanian Selalu Jadi Resiliensi Dalam Masa Kritis

Oleh : Wiyanto | Rabu, 25 Januari 2023 - 16:05 WIB

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)
Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Deputi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian, Musdhalifah Machmud mengungkapkan pentingnya peranan sektor pertanian sebagai salah satu sektor strategis yang menopang kondisi perekonomian Indonesia disaat krisis dunia.

Dia mengaku bersyukur karena pertanian tetap bertahan sebagai bantalan ekonomi nasional.

"Sektor pertanian selalu menjadi resiliensi dalam masa-masa kritis. Tahun 2020 covid, kita lihat bahwa sektor pertanian mampu bertahan sebagai bantalan ekonomi. Kita bersyukur karena pertumbuhan ekonomi kita menunjukan angka yang cukup impresif 5,72 persen dengan proyeksinya mencapai 5,2 persen. Sedangkan pada tahun 2023 angkanya mencapai 5,3 persen," ujar Musdhalifah dalam rakernaa pertanian 2023, Rabu, 25 Januari 2023.

Menurut Musdhalifah, capaian ini tak lepas dari kinerja Kementerian Pertanian yang mengedepankan kolanorasi dengan petani dan pemerintah daerah dalam merealisasikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian dalam menumbuhkan usaha tani di seluruh Indonesia.

"Kita tahu bahwa sektor pertanian saat ini sudah menjadi penerima KUR tertinggi sekitar 100 triliun untuk tahun 2023. Harapannya ini betul-betul mampu memicu ketersediaan pangan di seluruh Indonesia dan utamanya meningkatkan kesejahteraan petani kita," katanya.

"Dengan KUR, petani-petani kita bisa berproduksi dengan memanfaatkan input-input produksi yang optimal, yang terbaik, bibit yang unggul, penggunaan pupuk yang sesuai dengan keperluan, kemudian pengelolaan pasca panen yang terbaik, sehingga nilai tambah apapun hasil yang didapatkan oleh petani kita di seluruh Indonesia bisa lebih optimal," tambahnya.

Disisi lain, kata Musdhalifah, pemerintah juga berhasil mengembangkan kawasan ekonomi khusus untuk meningkatkan konektivitas antar pemangku kepentingan logistik dengan mengembangkan sistem integrasi melalui platform ekosistem logistik nasional. Di antaranta melakukan integrasi arus lalu lintas barang dengan dokumen kedatangan kapal sampai dengan e-consumer yang tergigitalisasi untuk berkolaborasi dengan logistik marketplace.

"Harapan kita dengan upaya-upaya ini produk-produk pertanian bisa diproduksi dengan maksimal dan bisa dipasarkan dengan harga yang wajar. Penyediaan pangan yang berkelanjutan dalam jumlah yang cukup, harga yang terjangkau dan kualitas yang baik akan menjaga stabilitas ekonomi kita dalam menjaga inflasi yang menjadi momok utama terhadap berbagai isu-isu perkembangan pangan kita," katanya.

Sebelumnya Wakil Presiden RI, KH. Maruf Amin mengapresiasi capaian dan kinerja jajaran Kementan yang mampu menjaga kondisi pangan Indonesia disaat krisis dunia melanda. "Saya memberikan apresiasi buat teman-teman pertanian dan untuk jajaran Kementan yang selama ini telah menjaga dan mempertahankan pertanian Indonesia," ujarnya.

Selain itu, Wapres mengapresiasi kolaborasi dan semangat kerja petani dalam meningkatkan produksi padi sehingga pada tiga tahun terakhir, yakni 2019 hingga 2021 Indonesia sukses mewujudkan swasembada beras dengan tidak mengimpornya dari luar negeri.

"Terima kasih karena pertanian dan pangan Indonesia dipandang tangguh dan berhasil mencapai Swasembada beras selama 2019-2021 dan kita mendapatkan penghargaan dari international. Saya kira ini tidak hanya cukup dipertahankan tapi perlu terus ditingkatkan demi kemandirian pangan yang berkelanjutan dan kesejahteraan nyata bagi masyarakat dan tentunya para petani," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…