Kemenko Perekonomian: Pertanian Selalu Jadi Resiliensi Dalam Masa Kritis

Oleh : Wiyanto | Rabu, 25 Januari 2023 - 16:05 WIB

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)
Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Deputi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian, Musdhalifah Machmud mengungkapkan pentingnya peranan sektor pertanian sebagai salah satu sektor strategis yang menopang kondisi perekonomian Indonesia disaat krisis dunia.

Dia mengaku bersyukur karena pertanian tetap bertahan sebagai bantalan ekonomi nasional.

"Sektor pertanian selalu menjadi resiliensi dalam masa-masa kritis. Tahun 2020 covid, kita lihat bahwa sektor pertanian mampu bertahan sebagai bantalan ekonomi. Kita bersyukur karena pertumbuhan ekonomi kita menunjukan angka yang cukup impresif 5,72 persen dengan proyeksinya mencapai 5,2 persen. Sedangkan pada tahun 2023 angkanya mencapai 5,3 persen," ujar Musdhalifah dalam rakernaa pertanian 2023, Rabu, 25 Januari 2023.

Menurut Musdhalifah, capaian ini tak lepas dari kinerja Kementerian Pertanian yang mengedepankan kolanorasi dengan petani dan pemerintah daerah dalam merealisasikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian dalam menumbuhkan usaha tani di seluruh Indonesia.

"Kita tahu bahwa sektor pertanian saat ini sudah menjadi penerima KUR tertinggi sekitar 100 triliun untuk tahun 2023. Harapannya ini betul-betul mampu memicu ketersediaan pangan di seluruh Indonesia dan utamanya meningkatkan kesejahteraan petani kita," katanya.

"Dengan KUR, petani-petani kita bisa berproduksi dengan memanfaatkan input-input produksi yang optimal, yang terbaik, bibit yang unggul, penggunaan pupuk yang sesuai dengan keperluan, kemudian pengelolaan pasca panen yang terbaik, sehingga nilai tambah apapun hasil yang didapatkan oleh petani kita di seluruh Indonesia bisa lebih optimal," tambahnya.

Disisi lain, kata Musdhalifah, pemerintah juga berhasil mengembangkan kawasan ekonomi khusus untuk meningkatkan konektivitas antar pemangku kepentingan logistik dengan mengembangkan sistem integrasi melalui platform ekosistem logistik nasional. Di antaranta melakukan integrasi arus lalu lintas barang dengan dokumen kedatangan kapal sampai dengan e-consumer yang tergigitalisasi untuk berkolaborasi dengan logistik marketplace.

"Harapan kita dengan upaya-upaya ini produk-produk pertanian bisa diproduksi dengan maksimal dan bisa dipasarkan dengan harga yang wajar. Penyediaan pangan yang berkelanjutan dalam jumlah yang cukup, harga yang terjangkau dan kualitas yang baik akan menjaga stabilitas ekonomi kita dalam menjaga inflasi yang menjadi momok utama terhadap berbagai isu-isu perkembangan pangan kita," katanya.

Sebelumnya Wakil Presiden RI, KH. Maruf Amin mengapresiasi capaian dan kinerja jajaran Kementan yang mampu menjaga kondisi pangan Indonesia disaat krisis dunia melanda. "Saya memberikan apresiasi buat teman-teman pertanian dan untuk jajaran Kementan yang selama ini telah menjaga dan mempertahankan pertanian Indonesia," ujarnya.

Selain itu, Wapres mengapresiasi kolaborasi dan semangat kerja petani dalam meningkatkan produksi padi sehingga pada tiga tahun terakhir, yakni 2019 hingga 2021 Indonesia sukses mewujudkan swasembada beras dengan tidak mengimpornya dari luar negeri.

"Terima kasih karena pertanian dan pangan Indonesia dipandang tangguh dan berhasil mencapai Swasembada beras selama 2019-2021 dan kita mendapatkan penghargaan dari international. Saya kira ini tidak hanya cukup dipertahankan tapi perlu terus ditingkatkan demi kemandirian pangan yang berkelanjutan dan kesejahteraan nyata bagi masyarakat dan tentunya para petani," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Workshop dan Raker Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 19:23 WIB

Indonesia Diproyeksi Menjadi Negara Produsen Wakaf di Dunia

Dengan potensinya yang besar, Indonesia diproyeksi menjadi salah satu negara produsen wakaf terbesar di dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah bahkan telah memasukan keuangan syariah…

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:54 WIB

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) bersama dengan Fimela, Otoasia.com, dan KIS FM, menghadirkan edukasi tentang pencapaian hidup optimal melalui hobi dan kesejahteraan finansial.…

Big Bad Wolf Books gelar Pekan Grosir di ITC Kuningan Jakarta.

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:50 WIB

Big Bad Wolf Books Gelar Pekan Grosir Perdana di Jakarta

Big Bad Wolf Books (BBW) hadirkan Pekan Grosir BBW di ITC Kuningan Jakarta. Hadirkan koleksi buku-buku berkualitas dari berbagai genre dengan harga grosir yang mencengangkan.

Peserta Raker dan Workshop Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:09 WIB

Wakaf Uang Perlu Akselerasi Agar Potensinya yang Sebesar Ro 180 Triliun Terserap

Wakaf uang merupakan salah satu jenis wakaf yang memiliki potensi sangat besar di Indonesia. Potensinya mencapai RP 180 triliun per tahun. Meski begitu sejak dicanangkan sejak 2010, potensi…

Petugas memberikan vaksinasi ke Sapi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 14:46 WIB

Kementan Kendalikan PMK di Pasuruan, Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Rutin

Menindaklanjuti adanya pemberitaan terkait kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Pasuruan, Jawa Timur, Kementerian Pertanian melalui Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen…