Coway Indonesia Bersama KOTRA Jakarta, Edukasi 2000 Anak Bijak Dalam Menggunakan Plastik

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 21 Januari 2023 - 23:48 WIB

Coway Indonesia dan KOTRA edukasi 2000 siswa SD untuk bijak menggunakan plastik.
Coway Indonesia dan KOTRA edukasi 2000 siswa SD untuk bijak menggunakan plastik.

INDUSTRY.co.id -  Jakarta- PT Coway International Indonesia (Coway Indonesia) buktikan komitmennya dalam menanggulangi sampah plastik di Indonesia.

Coway Indonesia menjalin kerjasama dengan Korea Trade - Investment Promotion Agency (KOTRA Jakarta)  dalam hal peningkatan kualitas kebersihan dan kesejahteraan di lingkungan sekolah.

Upaya ini merupakan bagian dari inisiatif Korea Peduli atau K-Peduli dalam salah satu programnya yaitu “P.E.T Bottle Recycle Program” untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan dengan mengedukasi pentingnya pengelolaan sampah sejak dini agar terhindar dari bahaya mikroplastik.

K-Peduli diluncurkan oleh KOTRA Jakarta bersama Gugah Nurani Indonesia, dalam bentuk platform yang bertujuan untuk mendorong partisipasi aktif perusahaan kecil dan menengah Korea di Indonesia dalam kegiatan CSR.

Hal ini sejalan dengan visi Coway Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik serta fokus untuk menciptakan masa depan yang memiliki air bersih, udara segar, dan lingkungan yang murni.

Coway sendiri merupakan perusahaan asal Korea Selatan yang sudah berdiri sejak 1989. Bergerak di bidang peralatan rumah tangga seperti Air Purifier (penjernih udara) dan Water Purifier (pemurni air), Coway berdedikasi untuk meneliti dan mengembangkan solusi lingkungan terutama dalam kesehatan dan kesejahteraan.

Melalui upaya ini, Coway Indonesia membagikan 2.000 tas ramah lingkungan kepada enam sekolah di daerah Jakarta yaitu SDN Palmerah 19, SDN Palmerah 07, SDN Kemanggisan 01, SDN Palmerah 15,SDN Palmerah 17, dan SDN Jati Pulo 06 yang akan digunakan oleh siswa-siswi untuk mengumpulkan botol plastik.

Setelah dikumpulkan, botol plastik tersebut akan melalui proses daur ulang dan hasil penjualannya dapat dimanfaatkan oleh koperasi sekolah yang dapat digunakan oleh siswa - siswi sekolah tersebut.

Tak hanya memberikan fasilitas pendukung bagi sekolah, Coway Indonesia juga membekali siswa-siswi dengan materi dan pelatihan sehingga mereka dapat memahami cara pengelolaan botol plastik dan menerapkannya di lingkungan sekolah maupun rumah. Upaya edukasi ini juga mengajarkan agar siswa-siswi bijak dalam menggunakan plastik.

"Kami berharap, serangkaian inisiatif dan kegiatan yang telah dilakukan Coway Indonesia melalui kerja sama dengan KOTRA Jakarta dapat meningkatkan motivasi siswa-siswi agar semakin peduli terhadap lingkungan,” kata Hong Inwha selaku Presiden Direktur Coway Indonesia.

Bok Dug Gyou selaku Direktur Indonesia - Korea Business Cooperation Center (IKBCC), KOTRA Jakarta menambahkan, setiap tahunnya, Indonesia menghasilkan 7.8 juta ton sampah. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.9 juta ton sampah tidak dikelola dengan baik sehingga berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) atau bocor ke laut.

"Hal ini menyebabkan pencemaran ekosistem darat dan laut yang juga akan mengakibatkan bahaya mikroplastik bagi seluruh makhluk hidup. Kami berharap program ini dapat menjadi terobosan bagi generasi muda untuk mengurangi penggunaan plastik ke depannya,” kata Bok Dug Gyou.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin