Pekan ini, IHSG Diprediksi Bakal Lanjutkan Penurunan Jangka Pendek

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 10 Juli 2017 - 09:48 WIB

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) diperkirakan akan melanjutkan penurunan jangka pendek pada di sepanjang perdagangan pekan ini. Prediksi itu muncul setelah IHSG di penutupan perdagangan para akhir pekan lalu mengalami penurunan.

“IHSG pada pekan ini diprediksi bergerak pada posisi support di kisaran 5.784-5.800 dan posisi resistensi di antara 5.827-5.839. Pada pekan lalu, posisi support indeks di antara 5.727-5.768 dan resisten 5.840-5.862,” ujar Reza Priyambada, PT Binaartha Sekuritas, di Jakarta, Senin (10/07/2017).

Reza menyebutkan, indikator shooting star candle terlihat bersentuhan dengan upper bollinger band area, sedangkan indikator MACD (Moving Average Convergen/Divergen Oscillator) mencoba bertahan melanjutkan kenaikan. Sementara itu, indikator kekuatan relatif indeks (RSI/Relative Strength Index) dan indikator stochastic memperlihatkan kenaikan IHSG tertahan dan cenderung kembali turun.

“Kendati IHSG sudah mencapai titik tertinggi barunya, tetapi maraknya aksi jual membuat laju IHSG tidak dapat mempertahankan kenaikannya,” tukas Reza.

Karena itu, demikian Reza, IHSG berpeluang mengalami penurunan pada pekan ini. Apalagi secara fundamental, para pelaku pasar saat ini merasakan minimnya sentimen positif akibat depresiasi rupiah dan penurunan tingkat bunga obligasi.

Kendati demikian, menurut Reza, kondisi tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengakumulasi saham-saham tertentu sambil tetap mencermati berbagai sentimen yang ada serta mewaspadai adanya potensi penurunan IHSG lebih lanjut.

Adapun saham-saham yang layak diakumulasi pada pekan ini adalah PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), PT Indonesia Pondasi Raya Tb (IDPR), PT Bank Harda Internasional Tbk (BBHI), PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) dan PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA). (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Senin, 29 April 2024 - 16:20 WIB

Hannover Messe 2024, Kemenperin Hasilkan 15 Perjanjian Kerjasama B2B Senilai Lebih Dari Rp5 Triliun

Gelaran Hannover Messe 2024 telah usai digelar pada Jumat (26/4/2024) kemarin. Keikutsertaan Indonesia dengan mengusung tema Infinite Journey pada pada pameran teknologi industri terbesar…

Kelas Pintar Bersama

Senin, 29 April 2024 - 16:02 WIB

Dorong UMKM Maksimalkan Pemasaran Digital, Kredit Pintar Gelar Workshop Kelas Pintar Bersama di Semarang

Di era pemasaran digital seperti sekarang ini, konten memiliki peran penting sebagai salah satu strategi untuk menggaet target market agar tertarik dengan jasa atau produk yang ditawarkan. Terlebih…

Puncak Hari Air Dunia ke-32, Menteri Basuki : Tingkatkan Kemampuan Mengelola Air

Senin, 29 April 2024 - 15:36 WIB

Puncak Hari Air Dunia ke-32, Menteri Basuki : Tingkatkan Kemampuan Mengelola Air

Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia (HAD) Tahun 2024, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) menyelenggarakan Puncak HAD…

Touring Gass Tipiiss

Senin, 29 April 2024 - 15:04 WIB

Touring Gass Tipiiss Promosikan Pariwisata Padang

Keindahan alam Sumatera Barat rupanya menarik bagi sekelompok orang yang menyukai traveling keliling Indonesia sambil mengendarai motor.

Wellington College Independent School Jakarta (WCIJ) mengumumkan pembukaan resminya pada bulan September 2024.

Senin, 29 April 2024 - 14:48 WIB

Sekolah Terkemuka Inggris, Wellington College, Siap Membuka Cabang Pertamanya di Indonesia

Wellington College Independent School Jakarta (WCIJ) yang merupakan pengembangan Wellington College di Inggris, mengumumkan pembukaan resminya di Jakarta pada bulan September 2024.