ISSC Optimis Industri Besi Baja Bakal Terus Bertumbuh Seiring Agresifnya Pembangunan IKN

Oleh : Hariyanto | Rabu, 11 Januari 2023 - 11:15 WIB

Indonesian Society of Steel Construction (ISCC)
Indonesian Society of Steel Construction (ISCC)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Indonesian Society of Steel Construction (ISSC) atau perkumpulan masyarakat konstruksi baja Indonesia mengaku optimis industri besi baja akan terus bertumbuh. Hal tersebut sejalan dengan agresifnya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Sekjen ISSC, Singgih Wisesa mengatakan ISSC terus melakukan dukungan terutama Kementerian PUPR dan Satuan Pelaksanaan Tugas Pembangunan Infrastruktur IKN dalam merealisasikan Ibu Kota Negara. Dimana awal tahun ini pemerintah akan memulai konstruksi untuk kawasan Istana Presiden, Kawasan Pendukung Kantor Istana Presiden, Kantor Sekretariat Negara dan Kantor Kementerian Koordinator.

“Dari beberapa anggota kami sudah supply kesana, termasuk untuk rumah huni pekerja sebanyak 1.600 unit dimana dalam waktu enam bulan sudah terinstal dengan konsep modular (bongkar pasang),”ujarnya dalam peresmian Kafe Kopi Baja, di Signature Park Grande, Jl MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (10/1/2023).

Ia mengatakan, pembangunan hunian pekerja konstruksi menggunakan teknologi modular ini nantinya dapat dialihfungsikan setelah pembangunan IKN selesai. Anggota ISSC juga banyak yang mensuplai untuk fasilitas-fasilitas umum diluar proyek IKN baik itu jembatan, penerangan jalan, kereta api, dan bandara.

Tak sampai disitu, menurutnya, program-program pembangunan dari Kementerian yang dibuat Presiden Jokowi ini membantu para anggota ISSC. Terutama dalam pembangunan kawasan industri antara lain kawasan industri Kendal, Kawasan Industri Terpadu Batang, Kawasan Industri Cilacap dan Kawasan Industri Subang. “Peta industri akan membaca pada peta permintaan, area Jawa saja sudah banyak anggota kami yang turut mensuplai dari progres pembangunan kawasan industri tersebut,”sebutnya.

Saat ini anggota ISSC juga sudah membangun rumah instan dalam 5 hari dan itu dari baja ringan yang dipakai oleh BNPB, yaitu rumah tahan gempa.

ISSC dikukuhkan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimulyono di tahun 2018 dengan goal 2022-20225 menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Dibentuknya ISSC untuk mendampingi Kementerian PUPR mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan. Makanya ISSC pengurusnya banyak mewakili ada unsur dari akademisi, pabrikator, industri baja, konsultan, dan pendampingan dari advokasi.

“Dengan adanya wadah ini kami menyampaikan informasi yang benar, terkait ketersediaan material, spesifikasi material sehingga perencana mengacunya kepada produk dalam negeri. sementara banyak perencana konstruksi kurang mengetahui produk baja Indonesia, apa saja yang dibikin sehingga mereka merencanakan harus impor, karena barangnya tidak ada di Indonesia,”pungkasnya.

Sebab itu, ISSC tahun ini akan melakukan sosialisasi dengan 30 kampus. Mulai dari Banten sampe Banyuwangi khusus di Jawa terlebih dahulu. “Harapannya sosialisasi ini akan berdampak , karena akademisi bila lulus akan ada yang jadi perencana, kontraktor, ASN, minimal mereka mendapatkan informasi awal dari kami. Mudah-mudah sisa waktu ini tercapai, dan start di bulan Februari,”ujarnya.

Ia menambahkan, di ISSC terdapat beberapa komite utama, ada Komite Teknis Standarisasi Desain, Komite Teknis Standarisasi Material, Komite Teknis Standarisasi Pelaksanaan, dan Komite Teknis Standarisasi Pemeliharaan. “Untuk keanggotaan sendiri, anggota kami merupakan pabrikator mencapai 100 pabrikator yang terwadahi dalam ISSC,”tandasnya.

Dan program jangka pendek di 2023, ISSC akan menyelenggarakan seminar material di bulan Mei. Dan biasanya seminar kami akan barengi dengan pameran mitra rantai pasok, perusahaan baja, perusahaan cat, perusahaan galvanis perusahaan baut dan perusahaan peralatan kerja konstruksi yang merupakan mitra ISSC.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…