Penyedia Solusi Air Global, Gradiant Peroleh Kontrak Baru di India Sebesar $20 Juta

Oleh : Hariyanto | Selasa, 06 Desember 2022 - 10:56 WIB

Gradiant
Gradiant

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Gradiant, sebuah penyedia pengolahan air dan limbah global, mengumumkan penghargaan sebesar $20 juta dalam bentuk kontrak-kontrak baru pada bulan September dan Oktober 2022. Penghargaan tersebut diberikan kepada para klien di bidang pembuatan energi terbarukan sel fotovoltaik (atau sel surya) dan peralatan pelindung industri. Ketiga proyek akan diserahkan dalam bentuk kontrak rancang bangun.

Salah satu perusahaan surya terbesar di India telah bermitra dengan Gradiant di lokasi pabrik di Bagian Barat untuk pembuangan amonia dan fluorida serta pengolahan air limbah. Fasilitas yang baru akan memulihkan, menetralkan, dan mengolah aliran bilasan limbah dari produksi sel fotovoltaik ke tingkat yang memenuhi target keberlanjutan klien dan batas lepasan lokal.

Gradiant juga telah bermitra dengan salah satu pemimpin dalam bisnis energi terbarukan terkait rancang bangun dua fasilitas untuk pengolahan limbah dan air ultra murni guna mendukung lokasi pabrik sel fotovoltaik yang baru yang juga terletak di Bagian Barat. Proyek ini akan mencakup teknologi membran RO InfinityTM Gradiant yang telah dipatenkan untuk mengolah aliran limbah industri. Fasilitas Zero Liquid Discharge (ZLD) akan mengurangi limbah hingga hanya berupa limbah padat dan garam.

"Kami mengalami pertumbuhan yang pesat di pasar India dalam beberapa vertikal strategis," kata Prakash Govindan, COO Gradiant yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (6/12/2022).

Prakash menyebut, India sudah menjadi negara dengan perkembangan ekonomi tercepat di dunia dan berada di posisi yang baik untuk memperoleh keuntungan karena beberapa perusahaan global meninjau jejak sumber dan manufaktur mereka guna mengurangi risiko dan mendiversifikasi rantai pasok mereka. 

"Kami pun menyaksikan peralihan energi yang bersih di India, mengingat negara tersebut membangun infrastruktur energi terbarukan dan pasokannya ke seluruh dunia. Pasar lokal ini selalu menjadi hal yang penting bagi India, dan Gradiant siap mendukung klien-klien kami dengan solusi air yang canggih, sebab solusi kami mengubah atau melipatgandakan operasi pabrik lokal." imbuhnya.

Selain proyek-proyek energi terbarukan tersebut, Gradiant juga bekerja dengan sebuah produsen terkemuka di bidang peralatan pelindung industri untuk fasilitas baru mereka di India Selatan. Gradiant akan menyediakan sistem minimalisasi limbah ZLD dan pengolahan limbah. Pabrik tersebut akan menggunakan Carrier Gas ExtractionTM (CGE) Gradiant untuk ZLD dan SmartOpsTM untuk mengoptimalkan kinerja aset bertenaga kecerdasan buatan, serta sebuah reaktor biologis membran (MBR) untuk pengolahan limbah canggih.

Gradiant masuk ke pasar India pada tahun 2018 dan terlibat dengan perusahaan-perusahaan internasional dan domestik besar untuk memecahkan berbagai tantangan limbah dan air mereka yang canggih dalam hal daur ulang air, limbah cair nol dan minimum, serta air ultra murni. Para klien dilayani oleh tenaga ahli dalam negeri dari kantor pusat Gradiant di Chennai sambil berkolaborasi dan memanfaatkan proses global dan sumber daya rekayasa. Saat ini, tim India terdiri dari 80 teknisi ahli dan staf, dengan rencana untuk meningkatkan jumlahnya di seluruh dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…