Aquaproof Pro Ampuh Lindungi Talang Air dan Dak Beton dari Kebocoran

Oleh : Ridwan | Jumat, 02 Desember 2022 - 14:40 WIB

Aquaproof Pro
Aquaproof Pro

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam sebuah rumah, orang lebih cenderung tertarik untuk memperhatikan fasad dan interior dari rumah. Bagian seperti talang air biasanya luput dari perhatian, padahal jika bagian ini rusak dan bocor, masalah akan mulai timbul. 

Talang air yang biasanya berada di tepian atap maupun di pertemuan antar bidang atap berfungsi untuk mengalirkan air hujan dari atap ke tempat yang direncanakan seperti selokan, tangki penampungan air hujan, sumur resapan dan lain-lainnya. 

Jadi dengan adanya talang air, maka air hujan yang turun dengan bebas di atap akan terkumpul menuju tempat yang seharusnya dan tidak menganggu kelembapan rumah sehingga rumah menjadi aman dari bocor dan rembes.

Dalam pemanfaatan talang air, ada banyak jenis talang air yang dapat digunakan menurut bahannya yaitu talang air PVC, logam dan beton. Kelebihan talang air beton yaitu memiliki daya tampung yang lebih besar dibanding talang air sejenisnya, kokoh dan tahan lama. 

Kelebihan ini yang membuat talang beton menjadi pilihan banyak developer atau kontraktor ketika mereka mendirikan suatu bangunan. 

Namun ada masalah yang dapat muncul bila tidak memperhatikan lebih lanjut talang air beton, seperti: talang air yang tersumbat mengakibatkan tampungan air keluar dari area talang, elevasi dari talang atau atap dak beton yang tidak pas sehingga air tidak mengalir menuju lubang pembuangan, permukaan talang air retak akibat muai susut dari cuaca ekstrem, permukaan talang air beton mulai terkikis akibat komponen adukan beton yang tidak pas, hingga permukaan talang air beton memiliki pori-pori sehingga mudah menyerap air hujan.

Semua permasalahan di atas dapat mengakibatkan bocor dan rembes, melalui celah sekecil apapun air dapat masuk, meresap dan merusak bidang sekitarnya sehingga penting dilakukan pemeliharaan talang air beton. 

Selain memperhatikan secara berkala bagian talang air agar tetap bersih dari sampah atau dedaunan yang menyumbat, penggunaan cat pelapis anti bocor juga penting. 

Pelapis anti bocor yang efektif melindungi bidang yang terendam air seperti talang air beton yaitu pelapis anti bocor Aquaproof Pro dengan inovasi terbaru akrilat poliuretan performa tinggi, menjadikan pelapis anti bocor ini terunggul di kelasnya. 

Aquaproof Pro yang mempunyai sifat waterponding resistance atau ketahanan rendaman air sangat baik, sehingga cocok sekali diaplikasikan di atap dan talang beton. Selain kedap air dan menutup permukaan beton dengan sempurna, Aquaproof Pro juga tahan UV, elastis sehingga anti retak dan minim noda. 

"Sebagai komitmen kami terhadap lingkungan, Aquaproof Pro juga telah mendapatkan sertifikasi Green Label dari Singapore Environment Council," ungkap Chandra Kurniawan, Marketing Manager PT. Adhi Cakra Utama Mulia di Jakarta (2/12).

Penggunaan Aquaproof Pro untuk melapisi talang air maupun atap beton juga mudah, bisa langsung diaplikasikan di atas permukaan beton yang bersih sebanyak dua lapis, dapat menggunakan kuas maupun rol, tanpa dicampur air. 

Bila menemukan retakan pada permukaan beton, maka dilakukan perbaikan terlebih dahulu dengan menambal retakan tersebut. 

Untuk mengatasi retak rambut, Aquaproof Pro dapat dengan mudah dikuas atau dirol ke celah retakan tersebut. Untuk retakan yang lebih luas Aquaproof Pro dapat dicampur dengan pasir halus (maksimal 30 mesh) dengan perbandingan volume 1:1. 

Khusus area yang mempunyai retakan lebar, sering adanya pergerakan dan regangan seperti sudutan talang air beton maka dapat diperkuat dengan serat Aquaproof Polyester Mesh pada lapisan pertama Aquaproof Pro yang masih basah. Lalu lanjutkan pelapisan kedua cat Aquaproof Pro.

Aquaproof Pro tersedia dalam dua ukuran kemasan yaitu 4 kg dan 20 kg dengan pilihan warna putih dan abu Pro. Setiap 1 kg Aquaproof dapat melapisi bidang seluas 1 m2 (2 lapis). 

Produk ini sudah tersedia di berbagai toko bangunan maupun di modern outlet khusus bahan bangunan. Tidak hanya toko offline, Aquaproof juga semakin mendekatkan diri dengan konsumen dengan memiliki official store di marketplace seperti Tokopedia, Shopee dan Lazada sehingga konsumen bisa lebih mudah berbelanja dan tentunya juga dilengkapi layanan konsultasi gratis terkait masalah bangunan maupun produk. Aquaproof Pro, sudah pasti pro!

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…