Jababeka Bersama Tenant Kawasan Industri Jababeka, YPUP Berikan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Oleh : Ridwan | Minggu, 27 November 2022 - 06:45 WIB

Jababeka peduli Cianjur
Jababeka peduli Cianjur

INDUSTRY.co.id - Cianjur – Gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Cianjur- Jawa Barat Senin (21/9) lalu menyebabkan banyak korban jatuh. Beberapa kali gempa susulan pun terjadi sehingga membuat puluhan rumah rusak dan listrik padam. 

Akibatnya, banyak warga Kabupaten Cianjur terpaksa harus tinggal di tenda-tenda pengungsian dalam waktu lama. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat per 25 November 2022 pengungsi gempa Cianjur mencapai 73.525 orang.

Melihat kondisi tersebut, PT Jababeka Tbk (Jababeka) bersama para tenant di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang dan Yayasan Pendidikan Universitas Presiden (YPUP) tergerak untuk membantu. 

Mereka melakukan aksi penggalangan dana demi bisa meringankan beban korban bencana gempa bumi di Cianjur. 

Aksi penggalangan dana tersebut dilakukan sejak 22 November 2022, dan terkumpul Rp160.000.000,- dan natura berupa beras 250 kg dari PT Mitra Pengembang Kawasan (MPK), kasur dan divan 86 unit dari YPUP dan armada logistik sebanyak 3 truk dari PT. Dinamika Makmur Sentosa.

Adapun pemberian bantuan simbolis diterima langsung oleh kepala desa Cibulakan dan tokoh masyarakat di Posko Pengungsian Desa Cibulakan, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. 

Bantuan  tahap pertama yang diberikan, yaitu 46 kasur dan divan, 250 Kg Beras, 500 karton mie instan, 300 karton air mineral, 1.000 karton roti, 100 karton biskuit, dan 100 roll terpal.

"Kami turut berduka cita atas bencana gempa di Cianjur yang menyebabkan banyak korban jatuh. Juga melihat kondisi saat ini yang belum aman karena beberapa waktu lalu masih ada gempa susulan, dan banyaknya warga yang tinggal di tenda-tenda pengungsian, sebab belum berani kembali pulang ke rumah masing-masing," kata Tjahjadi Rahardja selaku Wakil Direktur Utama PT Jababeka Tbk di Kawasan Industri Jababeka, Kota Jababeka Cikarang, Jumat (25/11/2022).  

"Maka, dari donasi yang terkumpul, kami membeli barang-barang dan bahan makanan-minuman sesuai kebutuhan yang mendesak. Kami harap bantuan tersebut bisa membantu pemerintah daerah menangani dampak gempa, dan meringankan beban saudara kita di Cianjur yang terdampak gempa," tambahnya.

Tak lupa, Tjahjadi menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada tenant Kawasan Industri Jababeka yang antusias berbagi untuk menolong warga Cianjur yang terdampak gempa Cianjur. 

Mereka adalah PT Sekisui Plastics Indonesia, PT Lestari Jaya Perkasa Agung, Prodia OHI, PT. FONDAnusa Aditama, PT System Indonesia, PT Komatsu, PT Cisindo, PT Lazuardi Perkasa, Infiniti Group, PT Printec Perkasa, PT Grafitec, PT Chiyoda Kogyo, PT Indo Sultan Jaya, PT Precision Tools, PT Dinar Makmur Cikarang, FM Global Logistic dan armada dari PT. Dinamika Makmur Sentosa.

“Terimakasih atas support dan partisipasinya. Semua bantuan yang diberikan, saya yakin bisa bermanfaat bagi saudara-saudara kita di Cianjur yang terdampak gempa,” tutup Tjahjadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pupuk Bersubsidi Ilustrasi (ist)

Selasa, 31 Januari 2023 - 17:15 WIB

Pupuk Indonesia Siapkan Pupuk Subsidi Capai 16.770 Ton untuk Banten

PT Pupuk Indonesia (Persero) menyiapkan stok pupuk bersubsisidi sebesar 16.770 ton untuk Provinsi Banten per tanggal 25 Januari 2022. Angka tersebut cukup memenuhi kebutuhan petani dalam beberapa…

SKIN+

Selasa, 31 Januari 2023 - 16:36 WIB

Perawatan Kulit Tetap Sehat dan Glowing

Tahun baru selalu diiringi dengan resolusi baru, mencapai kulit yang sehat dan glowing adalah salah satunya. Tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit sehat dan bercahaya.…

Menko Airlangga Hartarto bersama Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat peresmian Pabrik Lead Rubber Bearing (LRB), Bearing, Expansion Joint dan Fasilitas Uji Seismik Isolator PT Magdatama Multi Industri (MMI) di Karawang, Jawa Barat

Selasa, 31 Januari 2023 - 16:30 WIB

Kemenperin Pacu Substitusi Impor Industri Pengolahan Karet

Pemerintah bertekad untuk terus mewujudkan kemandirian industri dalam negeri dengan upaya aktif meningkatkan investasi dan mendorong program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN).…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Menko Polhukam Mahfud MD

Selasa, 31 Januari 2023 - 15:43 WIB

Ketua MPR RI dan Menko Polhukam Sepakat Realisasi Pendidikan dan Kesehatan Gratis bagi Masyarakat Papua

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo bersama Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad dan Ketua MPR RI For Papua (Forum Komunikasi Anggota MPR RI/DPR RI dan DPD RI…

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Selasa, 31 Januari 2023 - 15:33 WIB

Picu Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Pemerintah Dorong Aktivitas Ekonomi Masyarakat dan Sektor Pariwisata

Kondisi perekonomian global tengah menunjukkan sejumlah perbaikan ditandai dengan terkendalinya laju inflasi, kenaikan harga energi yang tidak setinggi perkiraan semula, hingga adanya perubahan…