Lega! Produk-Produk Combiphar Ini Akhirnya Dinyatakan Badan POM Aman Dikonsumsi Sesuai Aturan Pakai

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 26 November 2022 - 00:36 WIB

Badan POM resmi nyatakan produk-produk Combiphar aman digunakan sesuai aturan pakai.
Badan POM resmi nyatakan produk-produk Combiphar aman digunakan sesuai aturan pakai.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Selama lebih dari satu bulan, obat sirop dengan cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) telah membuat masyarakat khawatir menggunakannya. Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (Badan POM)  pada tanggal 17 November 2022, akhirnya mengumumkan daftar obat sirop yang aman untuk digunakan sesuai aturan pakai.

Salah satunya OBH COMBI Batuk Berdahak dan OBH COMBI Batuk Flu anak dan dewasa. Produk obat sirop milik Combiphar tersebut dinyatakan aman setelah dilakukan verifikasi terbaru Badan POM terkait hasil pengujian bahan baku obat yang dilakukan Combiphar secara mandiri.

Selama lebih dari 50 tahun, Combiphar telah melayani masyarakat Indonesia dengan beragam produk kesehatannya. Sebagai salah satu perusahaan consumer healthcare terdepan di Indonesia, Combiphar selalu berkomitmen untuk menjaga kepatuhan terhadap aturan yang berlaku dan juga arahan dari otoritas yang berwenang, termasuk di dalamnya Kementerian Kesehatan dan Badan POM.

Lim Soeyantho, Deputy President Director Combiphar mengatakan, pengumuman Badan POM tanggal 17 November lalu, membuat pihaknya bersemangat dapat kembali mendukung kesehatan masyarakat melalui rangkaian produk OBH COMBI Batuk Berdahak dan OBH COMBI Batuk Flu anak dan dewasa.

"Sejak tahun 1972, Combiphar melalui OBH COMBI terus memastikan semua bahan baku yang digunakan merupakan bahan baku yang memenuhi persyaratan mutu yang ditetapkan untuk standar farmasi dan diproduksi sesuai dengan pedoman cara pembuatan obat yang baik (CPOB) dengan memenuhi standar kualitas (quality), keamanan (safety), dan manfaat (efficacy)  serta terjangkau bagi masyarakat,” beber Lim Soeyantho.  

Melalui penjelasan Badan POM RI melalui surat nomor HM.01.1.2.11.22.179 pada tanggal 17 November 2022 tentang Informasi Kesembilan Perkembangan Hasil Pengawasan dan Penindakan Terkait Sirup Obat yang Mengandung Cemaran Etilen Glikol/Dietilen Glikol, produk-produk obat sirup produksi Combiphar di bawah ini dinyatakan aman untuk digunakan, sepanjang sesuai aturan pakai:
1.    OBH Combi Anak Batuk Plus Flu (Rasa Apel), Botol Plastik 60 mLOBH Combi Anak Batuk Plus Flu (Rasa Jeruk), Botol Plastik 60 mL
2.    OBH Combi Anak Batuk Plus Flu (Rasa Madu), Botol Plastik 60 mL
3.    OBH Combi Anak Batuk Plus Flu (Rasa Strawberry), Botol Plastik 60 mL
4.    OBH Combi Batuk + Flu Rasa Menthol, Botol Plastik 60 mL
5.    OBH Combi Batuk + Flu Rasa Menthol, Botol Plastik 100 mL
6.    OBH Combi Batuk + Flu Rasa Jahe, Botol Plastik 60 mL
7.    OBH Combi Batuk + Flu Rasa Jahe, Botol Plastik 100 mL
8.    OBH Combi Batuk + Flu Rasa Madu, Botol Plastik 60 mL
9.    OBH Combi Batuk + Flu Rasa Madu, Botol Plastik 100 mL
 
Dan berikut daftar obat sirup yang tidak menggunakan Propilen Glikol, Polietilen Glikol, Sorbitol, dan/atau Gliserin/Gliserol, sehingga aman digunakan sepanjang sesuai aturan pakai:
 1.    OBH COMBI Batuk Berdahak Rasa Jahe - botol 100 mL
2.    OBH COMBI Batuk Berdahak Rasa Menthol - sachet 7,5 mL
3.    OBH COMBI Batuk Berdahak Rasa Menthol - dus 20 sachet 7,5 mL
4.    COMBI Batuk Berdahak Rasa Menthol - botol 100 mL.
 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka Residence

Rabu, 24 April 2024 - 08:12 WIB

Jababeka Residence Sukses Bikin Sektor Properti di Timur Jakarta Berkembang Pesat

Pengembangan properti yang dilakukan oleh Jababeka Residence di kota hijau Cikarang telah menjadi barometer industri properti di Timur Jakarta. Selain memiliki fasilitas infrastruktur terlengkap…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Rabu, 24 April 2024 - 06:38 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Rabu, 24 April 2024 - 06:29 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Guna menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan kemampuan menembak Pistol, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi…

Progress Group groundbreaking jalan penghubung di Ciputat

Rabu, 24 April 2024 - 06:15 WIB

Permudah Mobilitas Warga Paradise Resort City, Progress Group Groundbreaking Jalan Penghubung di Ciputat

Progress Group melakukan groundbreaking pembangunan jalan penghubung antara Jl. Aria Putra dan Jl. H Taip di Ciputat, sebagai bagian penting dari pengembangan akses boulevard dari township Paradise…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).