Resmi Diluncurkan, Kemenperin Jadi Bagian Penyusunan Buku Panduan Pendampingan Kreasi Fesyen Modest

Oleh : Hariyanto | Kamis, 24 November 2022 - 09:42 WIB

Kemenparekraf Luncurkan Buku Panduan Pendampingan Kreasi Fesyen Modest Bagi Pelaku Ekraf
Kemenparekraf Luncurkan Buku Panduan Pendampingan Kreasi Fesyen Modest Bagi Pelaku Ekraf

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar Focus Group Discussion Pembahasan Peta Jalan Modest Fashion pada tanggal 21 hingga 23 November 2022, dan juga turut andil dalam penyusunan Buku Panduan untuk Modest Fashion yang diterbitkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf). 

Buku tersebut disusun berdasarkan Focus Group Discussion (FGD) yang telah dilaksanakan sebelumnya dengan melibatkan beberapa kementerian/lembaga untuk menghasilkan buku yang dimungkinkan menjadi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) di masa mendatang.

Dalam rekaman sambutan pada kegiatan peluncuran buku tersebut pada Senin (21/11/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan bahwa salah satu kunci penting dalam kemajuan sektor fesyen modest adalah pendampingan kreator fesyen modest. 

“Selain itu perlu strategi pendampingan yang tepat dan sesuai dengan ekosistem fesyen modest Indonesia untuk menjaga kualitas kreasi produk, sehingga terarah dan mampu menaikan nilai rantai ekonomi kreatif fesyen modest Indonesia,” kata Sandiaga.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam menjelaskan, buku ini disusun untuk memandu para pendamping dan penyelenggara pendampingan mengelola program yang berfokus pada kreasi fesyen modest.

“Pendampingan fesyen modest diharapkan dapat dilakukan dengan lebih terarah sehingga dapat menciptakan kreasi unggul yang mampu meningkatkan rantai nilai kreatif dan ekonomi, serta mengaktifkan ekosistem terkait melalui strategi yang tepat. Panduan ini juga dilengkapi buku saku yang praktis,” katanya.

Kepala Pusat Pemberdayaan Industri Halal (PPIH) Kemenperin Junadi Marki menyampaikan, Kemenperin mengharapkan buku tersebut dapat menjadi acuan/rujukan bagi para penyelenggara, regulator dan pendamping subsektor fesyen serta desainer dalam negeri, yang bisa membawa Indonesia menjadi kiblat busana muslim dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno

Sabtu, 26 November 2022 - 16:10 WIB

Tak Hanya Cocok jadi Wisata Wellness Tourism, Menteri Sandi: KEK Morotai Miliki Peluang Bisnis Digitalisasi yang Besar

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menilai pulau Morotai, Maluku Utara sangat cocok dikembangkan menjadi destinasi wisata wellness tourism.

Menparekraf Sandiaga Uno bersama Direktur Utama PT Jababeka Morotai, Basuri Tjahaja Purnama saat meninjau KEK Morotai

Sabtu, 26 November 2022 - 16:00 WIB

Resmikan Falila Square, Menparekraf Sandiaga Uno Takjub Keindahan Pariwisata KEK Morotai

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno secara langsung menghadiri Peletakan Batu Pertama atau Groundbreaking Falila Square di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai.

Kawasan Benteng Van den Bosch

Sabtu, 26 November 2022 - 15:48 WIB

Siap Diresmikan, Kementerian PUPR Tuntaskan Rehabilitasi Benteng Pendem Kabupaten Ngawi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pekerjaan rehabilitasi bangunan di Kawasan Pusaka Benteng Van den Bosch atau biasa disebut Benteng Pendem di Kabupaten…

SVP Corporate Communication and Investor Relation Telkom Ahmad Reza (kanan depan) menerima penghargaan pada malam puncak penganugerahan AMH 2022.

Sabtu, 26 November 2022 - 15:42 WIB

Telkom Terima Dua Penghargaan Bergengsi Pada Ajang Anugerah Media Humas 2022

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil meraih dua penghargaan pada bidang komunikasi di ajang Anugerah Media Humas 2022.

Ilustrasi olahraga

Sabtu, 26 November 2022 - 15:22 WIB

Cegah Nyeri Sendi Sebelum Bertambah Parah dengan Nutrisi Khusus Sendi

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga ikut berkurang. Dalam dunia medis, kondisi ini juga dikenal dengan istilah osteoarthritis. Kondisi ini biasanya akan menyebabkan nyeri…