Honeywell Dipilih Sebagai Integrator Utama dalam Proyek Petrokimia di Cilegon

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 15 November 2022 - 07:52 WIB

Honeywell dipilih sebagai integrator utama pada pabrik petrokimia LOTTE Chemical yang tengah dibangun di Cilegon. (Foto: Getty Images)
Honeywell dipilih sebagai integrator utama pada pabrik petrokimia LOTTE Chemical yang tengah dibangun di Cilegon. (Foto: Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Honeywell mengumumkan bahwa perusahaan dari Amerika Serikat ini telah dipilih sebagai integrator utama dalam proyek petrokimia hilir di Cilegon, Banten. Fasilitas petrokimia tersebut tengah dibangun oleh LOTTE Chemical, perusahaan kimia raksasa asal Korea yang memproduksi olefins dan polyolefins di Asia Tenggara.

Honeywell dipilih oleh LOTTE sebagai kontraktor utama untuk sistem integrator otomatisasi. LOTTE adalah pelanggan yang menggunakan beragam sistem dan solusi dari Honeywell termasuk DCS (Distribution Control System), ESD (Emergency Shutdown System) FGS (Fire & Gas System), RIE (Remote Instrument Enclosure, OTS (Operator Training Simulator), RTDB (Real Time Data Base) dan PID (Proportional Integral Derivative) Loop Tuning.

"Kami bangga bisa membantu LOTTE dengan beragam teknologi dan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka," ujar Tarek Nahl, Global Vice President, Strategic Projects, Honeywell. "Honeywell memiliki pengalaman yang luas dalam membantu para pelanggan di seluruh dunia agar produk petrokimia yang dihasilkan bisa terus digunakan hingga ke masa depan."

Teknologi Honeywell seperti Remote FAT (Factory Acceptance Test) dan VEP (Virtual Engineering Platform) memungkinan tim Indonesia dan Korea bisa tetap bekerjasama dengan baik dalam menangani proyek raksasa perdana LOTTE ini, dan mereka sanggup mengatasi tantangan kerja jarak jauh serta isolasi yang disebabkan pandemi covid.

Tarek menambahkan bahwa Honeywell terpilih karena memiliki jangkauan ekspor yang kuat sehingga sanggup menghadirkan produk-produk berkualitas tinggi sesuai kebutuhan dengan rantai pasok yang kuat, memberikan harga yang kompetitif, dan didukung dengan layanan pelanggan yang baik.

JG Yun, Project Director LINE Project mengomentari kerjasama LOTTE dengan Honeywell "Kami bangga bisa mencapai tahapan pembangunan yang signifikan berkat dukungan Honeywell sebagai integrator utama proyek ini. Kami berharap agar bisa segera memulai produksi dari fasilitas di Cilegon agar menambah pasokan kebutuhan pasar Asia Tenggara."

Dibantu dengan sistem integrator Honeywell, LOTTE Chemical membangun fasilitas di Cilegon agar meningkatkan kapasitas produksi petrokimia mereka dan menjadikan perusahaan sebagai pemimpin pasar di Asia Tenggara. Kerjasama Honeywell dan LOTTE Chemical ini juga mengukuhkan upaya kedua perusahaan agar menciptakan industri petrokimia yang berkelanjutan dan tetap relevan pada masa yang akan datang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ibu Negara Iriana Jokowi dan Ibu Wury Dukung Produk UMKM Lokal

Selasa, 31 Januari 2023 - 17:48 WIB

Tinjau Pasar Beringharjo, Ibu Negara Iriana Jokowi dan Ibu Wury Dukung Produk UMKM Lokal

Mengawali kunjungan kerja di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Ibu Iriana Joko Widodo, Ibu Wury Ma'ruf Amin, serta para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM)…

Pupuk Bersubsidi Ilustrasi (ist)

Selasa, 31 Januari 2023 - 17:15 WIB

Pupuk Indonesia Siapkan Pupuk Subsidi Capai 16.770 Ton untuk Banten

PT Pupuk Indonesia (Persero) menyiapkan stok pupuk bersubsisidi sebesar 16.770 ton untuk Provinsi Banten per tanggal 25 Januari 2022. Angka tersebut cukup memenuhi kebutuhan petani dalam beberapa…

SKIN+

Selasa, 31 Januari 2023 - 16:36 WIB

Perawatan Kulit Tetap Sehat dan Glowing

Tahun baru selalu diiringi dengan resolusi baru, mencapai kulit yang sehat dan glowing adalah salah satunya. Tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit sehat dan bercahaya.…

Menko Airlangga Hartarto bersama Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat peresmian Pabrik Lead Rubber Bearing (LRB), Bearing, Expansion Joint dan Fasilitas Uji Seismik Isolator PT Magdatama Multi Industri (MMI) di Karawang, Jawa Barat

Selasa, 31 Januari 2023 - 16:30 WIB

Kemenperin Pacu Substitusi Impor Industri Pengolahan Karet

Pemerintah bertekad untuk terus mewujudkan kemandirian industri dalam negeri dengan upaya aktif meningkatkan investasi dan mendorong program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN).…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Menko Polhukam Mahfud MD

Selasa, 31 Januari 2023 - 15:43 WIB

Ketua MPR RI dan Menko Polhukam Sepakat Realisasi Pendidikan dan Kesehatan Gratis bagi Masyarakat Papua

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo bersama Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad dan Ketua MPR RI For Papua (Forum Komunikasi Anggota MPR RI/DPR RI dan DPD RI…