Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto Saksikan Latihan Penanggulangan Teror Satgultor TNI di Serangan Nusa Dua Denpasar

Oleh : Herry Barus | Jumat, 11 November 2022 - 05:30 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto
Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto

INDUSTRY.co.id - Denpasar- Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto dampingi Menko Marves dan Panglima TNI meninjau langsung Latihan Penanggulangan Terorisme Satgultor TNI Semester II TA 2022 di  University Unity In Diversity (UID) di Kawasan  Bali Turtle Island Development (BTID) Serangan. Nusa Dua, Denpasar, Kamis (10/11/2022).

Sebelumnya Latihan Satgultor TNI ini sudah berlangsung dari tanggal 08 sd 09 Nopember 2022 dalam bentuk Gladi Posko  pelaksanaan latihan yang berlangsung di Kawasan  Bali Turtle Island Development (BTID) Serangan. Nusa Dua, Denpasar.

Dalam catatan Dispen Kormar, latihan Penanggulangan Terorisme Satgultor TNI Semester II TA 2022 ini melibatkan beberapa satuan elite TNI yang tergabung dalam Satuan Gultor TNI dari Satuan 81 Kopassus TNI AD, Denjaka TNI AL dan Satbravo Kopasgat TNI AU. dipimpin langsung oleh Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) TNI, Mayjen TNI Joko Purwo Putranto.

Latgultor Satgultor TNI ini diawali dengan terjun free fall, infiltrasi laut mendarat di  titik pendaratan, Jam “J-5“ tim aksi khusus laut melaksanakan sabotase sasaran gardu listrik, dilanjutkan serbuan  ke ground floor zona b, tim aksi khusus  udara melaksanakan sabotase sasaran pos musuh, kemudian dilanjutkan serbuan ke basment zona a.

Jam “J” tim aksi khusus darat melaksanakan serbuan ke sasaran melalui pintu utama, naik tangga menuju lantai 3, jam “J+5” tim fastrofe melaksanakan infiltrasi dengan menggunakan hely bell untuk melemahkan musuh dan pengamanan sasaran, jam “J+12” dantim  aksi khusus udara melaporkan kepada Dansatgas terdapat kepulan asap dengan bau dan warna mencurigakan di basment zona a dan dicurigai sebagai bahaya Chamical Radio Biologi Nuclear (CRBN).

Jam “J+13” Dansatgas Gultor TNI memerintahkan unit CBRN untuk melaksanakan penanganan bahaya CBRN di basment zona a, jam “J+15” tim CBRN melaksanakan deteksi dan penanganan bahaya CBRN pada area terdampak gas, jam “J+25” unit  CBRN melaporkan kepada Dansatgas bahwa bahaya (CBRN) telah berhasil diatasi, atea dinyatakan clear, Dansatgas Gultor TNI melaporkan kepada Dankoopsus TNI selaku Dansatgas Passus bahwa operas telah berhasil dilaksanakan.

Selanjutnya tim aksi khusus laut melaksanakan eksfiltrasi menggunakan sea rider dan PWC dan tim aksi khusus darat dan udara melaksanakan evakuasi sandera dan melaksanakan eksfiltrasi dengan menggunakan ransus darat.

Dalam kesempatan tersebut Dankormar mengatakan mereka mengikuti latihan  di darat, laut, maupun udara menggunakan peralatan yang mendukung operasi.

Latihan ini  adalah latihan rutin yang digelar setiap tahun. Khusus untuk tahun ini, latihan yang digelar di Pulau Serangan merupakan latihan pada semester II. Latihan ini digelar dikaitkan dengan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20). Terangnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.