Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto Saksikan Latihan Penanggulangan Teror Satgultor TNI di Serangan Nusa Dua Denpasar

Oleh : Herry Barus | Jumat, 11 November 2022 - 05:30 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto
Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto

INDUSTRY.co.id - Denpasar- Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto dampingi Menko Marves dan Panglima TNI meninjau langsung Latihan Penanggulangan Terorisme Satgultor TNI Semester II TA 2022 di  University Unity In Diversity (UID) di Kawasan  Bali Turtle Island Development (BTID) Serangan. Nusa Dua, Denpasar, Kamis (10/11/2022).

Sebelumnya Latihan Satgultor TNI ini sudah berlangsung dari tanggal 08 sd 09 Nopember 2022 dalam bentuk Gladi Posko  pelaksanaan latihan yang berlangsung di Kawasan  Bali Turtle Island Development (BTID) Serangan. Nusa Dua, Denpasar.

Dalam catatan Dispen Kormar, latihan Penanggulangan Terorisme Satgultor TNI Semester II TA 2022 ini melibatkan beberapa satuan elite TNI yang tergabung dalam Satuan Gultor TNI dari Satuan 81 Kopassus TNI AD, Denjaka TNI AL dan Satbravo Kopasgat TNI AU. dipimpin langsung oleh Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) TNI, Mayjen TNI Joko Purwo Putranto.

Latgultor Satgultor TNI ini diawali dengan terjun free fall, infiltrasi laut mendarat di  titik pendaratan, Jam “J-5“ tim aksi khusus laut melaksanakan sabotase sasaran gardu listrik, dilanjutkan serbuan  ke ground floor zona b, tim aksi khusus  udara melaksanakan sabotase sasaran pos musuh, kemudian dilanjutkan serbuan ke basment zona a.

Jam “J” tim aksi khusus darat melaksanakan serbuan ke sasaran melalui pintu utama, naik tangga menuju lantai 3, jam “J+5” tim fastrofe melaksanakan infiltrasi dengan menggunakan hely bell untuk melemahkan musuh dan pengamanan sasaran, jam “J+12” dantim  aksi khusus udara melaporkan kepada Dansatgas terdapat kepulan asap dengan bau dan warna mencurigakan di basment zona a dan dicurigai sebagai bahaya Chamical Radio Biologi Nuclear (CRBN).

Jam “J+13” Dansatgas Gultor TNI memerintahkan unit CBRN untuk melaksanakan penanganan bahaya CBRN di basment zona a, jam “J+15” tim CBRN melaksanakan deteksi dan penanganan bahaya CBRN pada area terdampak gas, jam “J+25” unit  CBRN melaporkan kepada Dansatgas bahwa bahaya (CBRN) telah berhasil diatasi, atea dinyatakan clear, Dansatgas Gultor TNI melaporkan kepada Dankoopsus TNI selaku Dansatgas Passus bahwa operas telah berhasil dilaksanakan.

Selanjutnya tim aksi khusus laut melaksanakan eksfiltrasi menggunakan sea rider dan PWC dan tim aksi khusus darat dan udara melaksanakan evakuasi sandera dan melaksanakan eksfiltrasi dengan menggunakan ransus darat.

Dalam kesempatan tersebut Dankormar mengatakan mereka mengikuti latihan  di darat, laut, maupun udara menggunakan peralatan yang mendukung operasi.

Latihan ini  adalah latihan rutin yang digelar setiap tahun. Khusus untuk tahun ini, latihan yang digelar di Pulau Serangan merupakan latihan pada semester II. Latihan ini digelar dikaitkan dengan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20). Terangnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…