ZONE Bukukan Laba Bersih Melesat 803% YoY Pada Januari-September 2022

Oleh : Hariyanto | Minggu, 30 Oktober 2022 - 12:52 WIB

Ilustrasi pabrik produk tekstil
Ilustrasi pabrik produk tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Mega Perintis Tbk (ZONE), emiten yang bergerak di bidang ritel fashion, membukukan laba bersih Rp 62,47 miliar pada 9 bulan pertama di 2022, melesat 803% YoY dari Rp 6,91 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya. Kenaikan laba bersih tersebut diperoleh berkat penjualan yang naik 56% YoY menjadi Rp 497,62 miliar pada 9 bulan pertama 2022.

Peningkatan penjualan yang signifikan tersebut seiring kondisi bisnis yang mendukung, dimana terdapat kecenderungan peningkatan penjualan ritel fashion pada periode Januari-September 2022. Seluruh angka penjualan tersebut diperoleh Perseroan dari penjualan melalui showroom, department store, online, dan segmen lain.

Penjualan ritel melalui showroom menyumbang sebesar Rp 325,01 miliar atau naik 85% dari periode yang sama tahun sebelumnya yang saat itu sebesar Rp 175,25 miliar. Sedangkan penjualan melalui department store sebesar Rp 136,93 miliar, naik 10% dari periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 124,38 miliar. Adapun penjualan online ZONE sebesar Rp 34,47 miliar atau naik 119% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 15,73 miliar.

“Kinerja yang sangat baik ini kami peroleh selain karena tren peningkatan pembelian ritel fashion yang meningkat, juga berkat kerja keras seluruh karyawan. Kita harapkan tren peningkatan penjualan ritel fashion ini bisa terus berkelanjutan, sehingga berbagai inovasi yang kita kembangkan baik dari peningkatan kualitas produk maupun pemasaran produk-produk ZONE akan dapat bertemu dengan kebutuhan pasar,” kata Direktur Keuangan ZONE, Luki Rusli yang dikutip INDUSTRY.co.id, Minggu (30/10/2022).

Peningkatan penjualan Perseroan tersebut didukung oleh peningkatan tren penjualan ritel fashion sebagai mana terlihat dari hasil survei Bank Indonesia (BI). Berdasarkan survei penjualan eceran Bank Indonesia (BI), diperkirakan kinerja penjualan eceran pada kuartal III/2022 meningkat dari kuartal sebelumnya. Ini terlihat dari indeks penjualan riil (IPR) pada kuartal III/2022 yang diperkirakan tumbuh 5,5 % secara tahunan (YoY). 

Peningkatan penjualan eceran ini terutama didorong oleh subkelompok sandang yang naik 53,8% YoY. Kenaikan IPR ini jauh lebih tinggi dari pertumbuhan pada kuartal II-2022 yang sebesar 3,1% YoY. Melihat tren penjualan ritel fashion yang positif tersebut, Perseroan semakin optimis untuk terus melanjutkan ekspansi bisnis sesuai rencana.

“Hasil survei dari Bank Indonesia dapat menjadi gambaran bagi Kami bahwa tren penjualan produk fashion akan terus naik. Kami akan terus melakukan berbagai upaya seperti ekspansi bisnis dan peningkatan kualitas produk untuk dapat meraih peluang dari meningkatnya tren penjualan eceran fashion ini,” kata Luki Rusli. 

Ekspansi bisnis yang dilakukan Perseroan antara lain penambahan gerai penjualan produk-produk ZONE. Hingga akhir tahun ini, ZONE menargetkan membuka 40 gerai baru. Dari target tersebut, sampai dengan akhir September lalu, Perseroan telah membuka 29 gerai baru. Salah satu konsep baru dari gerai penjualan adalah Salezone. 

Konsep ini memadukan gerai lifestyle & sport wear discounted store dengan target pasar di luar pusat perbelanjaan umumnya. Gerai ini dikembangkan di sejumlah lokasi, seperti tempat transit/rest area jalan tol dan toko yang berdiri sendiri. Selain penjualan offline, Perseroan juga akan tetap fokus untuk meningkatkan penjualan secara online dan menjangkau pemasaran melalui omnichannel. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…