Ini 6 Penginapan Ramah Lingkungan di Asia, Salah Satunya di Bali Lho!

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 05 Juli 2017 - 08:00 WIB

Gayana Eco Resort - Kota Kinabalu, Malaysia
Gayana Eco Resort - Kota Kinabalu, Malaysia

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pariwisata memang sedang digandrungi oleh masyarakat, maka dari itu, menurut Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-bangsa menetapkan tahun 2017 ini sebagai 'Tahun Pariwisata Berkelanjutan Intenational untuk Pembangunan."

Sejalan dengan perkembangan pariwisata, para pelaku industri perhotelan atau penginapan di Indonesia dan Asia harus mempunyai peran penting agar para wisatawan nyaman. Seperti melakukan berbagai inisatif, misalnya mendaur ulang limbah tetapi menyajikan makanan organik untuk mendukung program pariwisata yang ramah lingkungan.

Contohnya adalah mengintegrasikan aspek ‘hijau’ kedalam desain dan arsitektur, bahkan menyediakan para ahli biologi kelautan untuk mendampingi para wisatawan pada perjalanan edukasional di tengah-tengah liburan mereka.

“Sebagai bentuk upaya melindungi lingkungan, base camps berkonsep hijau memberikan dampak positif dalam hal ini," ujar Gede Gunawan, Country Director di Agoda Internasional Indonesia, melalui siaran persnya yang diterima Industry.co.id, Senin (4/7/2017).

Ia mengatakan, dari survei yang telah dilakukan, Agoda menemukan bahwa 58 persen tamu hotel lebih menyukai penginapan yang ramah lingkungan, sedangkan hampir 40 persen wisatawan rela mengeluarkan uang tambahan sebesar 10 dolar Amerika per malam untuk bermalam di penginapan yang ramah lingkungan.

Nah! Berikut ini, enam penginapan ramah lingkungan yang telah Agoda rangkum, yuk intip!

1. Hotel Icon – Hong Kong

Hotel yang terletak di perkotaan ini didedikasikan bagi pendidikan ekowisata dan kelestarian lingkungan, terbukti dari kerjasama yang terjalin dengan Jurusan Pariwisata Universitas Politeknik Hongkong dan ini memiliki lebih dari delapan ribu tanaman yang ditanam menjulang tinggi secara vertikal mengelilingi hotel.

Sistem pendingin dan pemanas yang menggunakan energi yang efisien, pencahayaan dan ventilasi natural yang alami, sistem pendaftaran hotel yang tidak membutuhkan kertas, serta program-program daur ulang sampah dan donasi makanan. Menariknya, hotel ini juga menawarkan antar jemput bandara dengan Pelayanan Limousine oleh mobil berbahan bakar listrik Tesla.

2. ParkRoyal on Pickering – Singapura

Dengan arsitektur bergelombang yang unik dan memadukan antara unsur beton abu-abu dengan kebun bertingkat yang menyerupai sawah di Bali. Hotel ini sangat ramah lingkungan secara luar dalam karena dilengkapi dengan program pengumpulan air hujan, panel surya, dan lampu LED yang terpasang di seluruh properti.

Para tamu juga dapat menemukan dinding hidup, koridor terbuka, dan air terjun di taman sepanjang 300 meter yang mengelilingi bangunan. Atas usaha untuk menciptakan bangunan ramah lingkungan, hotel ini memperoleh penghargaan The Green Mark Platinum Award, yakni penghargaan tertinggi akan kesadaran ekologi pada praktek bangunan.

3. Soori Bali – Bali, Indonesia

Terletak di sepanjang pesisir Uluwatu, para traveller akan mendapati Soori Bali sebagai penginapan mewah nan sempurna yang jauh dari hiruk pikuk Denpasar. Hotel ini dibangun dengan menggunakan material daur ulang dan dirancang untuk membaur dengan alam dan bukit di sekitarnya dengan tetap mempertahankan unsur natural dari flora dan fauna.

Sebagai pioner dalam ekowisata, properti ini merupakan penginapan pertama di Indonesia yang mendapatkan level tertinggi sertifikasi, the Green Globe for Environmentally Sustainable Design. Wow!

4. El Nido Pangulasian – Palawan, Filipina

Berlokasi di salah satu pantai terindah di Filipina, hotel yang mewah ini mengelola instalasi pengolahan limbahnya sendiri, memastikan bahwa tidak ada satupun limbah yang mengontaminasi laut dan memisahkan limbahnya (plastik, limbah organik, kertas) sebelum melakukan daur ulang.

Sebagai tambahan, hotel ini juga mengolah air hujan untuk digunakan pada kamar-kamar tamu dan tempat tinggal staff. Hotel ini hanya menawarkan makanan laut yang aman dan berkelanjutan, begitu juga dengan aktivitas air yang tidak membahayakan laut seperti kayaking dan snorkelling karena peralatan bermotor dapat berpotensi merusak lingkungan laut.

5. Gayana Eco Resort – Gaya Island, Malaysia

Terletak di pantai lepas Kota Kinabalu ini tersebar di sepanjang laut. Uniknya, penginapan ini merupakan villa di atas air berlantai kaca yang memungkinkan para wisatawan untuk melihat kehidupan laut dibawahnya.

Penginapan ini juga memiliki bak mandi air panas terbuka yang terletak hanya beberapa langkah dari laut serta menawarkan pemandangan spektakuler Gunung Kinabalu. hotel ini memiliki pusat penelitian ekologi laut yang menaungi para ahli biologi kelautan professional yang berfokus pada rehabilitasi dan perawatan terumbu karang serta kerang raksasa yang hampir punah.

6. Song Saa Private Island – Koh Rong, Kamboja

Terletak pada sebuah pulau privat yang memiliki privasi dan eksklusivitas yang maksimal, penginapan mewah ini dirancang dan dibangun untuk melestarikan terumbu karang dan kehidupan laut disekitarnya.

Dengan mendaur ulang semua air yang digunakan pada pulau tersebut dan juga memperkenalkan vegetasi asli disekitar penginapan. Lebih jauh lagi, vila-vila dan furniture yang didalamnya dibangun dengan menggunakan kayu pelampung dan juga kayu daur ulang dari kapal-kapal tua nelayan Kamboja, menambahkan sentuhan orisinil Khmer pada dekorasi kontemporernya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ali Jamil, Kepala Badan Karantina Kementan tinjau Duren yang akan diekspor

Senin, 23 September 2019 - 22:06 WIB

Inovasi Satu Klik Dukung Pertumbuhan Ekspor Pertanian Sumut

Belawan -- Ekspor sejumlah komoditas hortikultura asal Sumatera Utara (Sumut) terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data pada sistem IQFAST (Indonesia Quarantine Full Automation System) di…

Salah satu tanaman hortikultura

Senin, 23 September 2019 - 22:01 WIB

Buka Lahan Tanpa Dibakar, Petani Riau Kembangkan Hortikultura

Pekanbaru - Tengku Rafli, Petani kebun di Kelurahan Agro Wisata, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru sukses mengubah lahan 10 hektar milik negara menjadi lahan produktif untuk tanaman hortikultura.…

Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana (kanan) dan Juara 2 Point Blank Woman Championship 2019 Moscow Indri Sherlyana Tunggal (kiri)

Senin, 23 September 2019 - 21:53 WIB

Telkom Luncurkan IndiHome Paket Premium Kecepatan Hingga 300 Mbps

Surabaya – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berupaya memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi seluruh segmen pelanggannya. Kali ini, Telkom mempersembahkan IndiHome…

President PT Samsung Electronics Indonesia JaeHoon Kwon dan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Didik Suhardi seusai penandatanganan Samsung Indonesia Cerdas (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 23 September 2019 - 21:15 WIB

Samsung Indonesia Cerdas Dongkrak Kompetensi Pendidikan di Indonesia

Samsung Electronics Indonesia dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia menandatangani kesepakatan "Samsung Indonesia Cerdas" dan memperkuat kemitraan pemerintah dan swasta di bidang…

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Senin, 23 September 2019 - 21:00 WIB

Pancaroba Politik, Rizal Ramli: Perubahan di Indonesia Bisa Maju Atau Justru Mundur

Tokoh nasional Rizal Ramli mengatakan, Indonesia tengah memasuki pancaroba. Namun, yang dimaksud bukan terkait dengan perubahan cuaca, melainkan perubahan politik.