Chandra Asri Sukses Masuk Dalam 1 Persentil Teratas Sub-Industri Kimia Komoditas Global

Oleh : Ridwan | Senin, 24 Oktober 2022 - 18:00 WIB

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) dengan bangga mengumumkan bahwa di Oktober 2022, perusahaan menerima skor Peringkat Risiko Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola (ESG) secara keseluruhan sebesar 17,7 dari Sustainalytics.

Peringkat ini menggolongkan perusahaan memiliki “Risiko Rendah” terhadap dampak finansial yang material dari faktor ESG, yang mana sekaligus menjadikan Chandra Asri masuk dalam 1 persentil teratas di sub-Industri Kimia Komoditas Global yang dinilai oleh Sustainalytics.

Sustainalytics yang sebuah perusahaan Morningstar, adalah firma independen dan terkemuka dalam bidang riset, pemeringkatan, dan data ESG yang mendukung investor di seluruh dunia dalam pengembangan dan penerapan strategi investasi yang bertanggung jawab. 

Peringkat Risiko ESG Sustainalytics mengukur eksposur perusahaan terhadap risiko ESG material pada industri spesifik dan seberapa baik perusahaan mengelola risiko tersebut. 

Cara pengukuran risiko ESG multidimensi ini menggabungkan konsep manajemen dan eksposur untuk menghasilkan penilaian risiko ESG, yaitu, skor risiko ESG total yang tidak terkelola atau Peringkat Risiko ESG, yang dapat dibandingkan di semua industri.

Presiden Direktur Chandra Asri, Erwin Ciputra mengatakan, Chandra Asri senang telah mencapai Peringkat Risiko ESG persentil terendah di antara peer kami. 

"Kami meninjau setiap risiko dan peluang ESG yang penting bagi bisnis dan pemangku kepentingan, menyesuaikan operasi dan pengambilan keputusan kami dengan mempertimbangkan semua pemangku kepentingan," kata Erwin di Jakarta, Senin (24/10).

Dijelaskan Erwin, mendapatkan peringkat teratas ini adalah bukti kerja keras tim kami, yang telah fokus dan berdedikasi untuk menjalin ESG ke dalam strategi kami sehari-hari, jangka menengah, dan jangka panjang. 

"Ini jelas menunjukkan bahwa Chandra Asri berada di jalur yang benar dalam perjalanan perbaikan berkelanjutan kami untuk keunggulan operasional kelas dunia," terangnya.

Peringkat Sustainalytics merupakan salah satu pencapaian dalam memajukan ambisi Chandra Asri untuk meningkatkan dan mengoperasionalkan komitmen ESG perusahaan. 

Prestasi terbaru lainnya termasuk; Menerbitkan Laporan Keberlanjutan pertama Chandra Asri sebelum dipersyaratkan oleh OJK; Menetapkan Kerangka ESG dan Keberlanjutan Chandra Asri; Melakukan pembiayaan sustainability-linked trade pertama di Indonesia; Melaksanakan green loan untuk mendukung investasi pengurangan karbon; Melakukan audit ISO dan memperoleh sertifikasi dengan standar internasional dan domestik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…