Kolaborasi dengan MUKI, Rana House NTT Siap Gairahkan Industri Anyaman di NTT

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 22 Oktober 2022 - 15:56 WIB

Wartawan Senior Farida Denura (Pakai Topi)
Wartawan Senior Farida Denura (Pakai Topi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- – Rana House NTT, sebuah lembaga yang digagas tiga srikandi asal Flores, NTT yakni Farida Denura, Ilse Gobang, dan Silvia Sea berkolaborasi dengan DPP Majelis Umat Kristiani Indonesia (MUKI) bergerak bersama menggairahkan industri kerajinan anyaman di NTT.

Kolaborasi ini diawali dengan bersama-sama menggelar webinar bersama sebagai wadah untuk sosialisasi program dan kerja sama antara Ranah House NTT dengan MUKI yang rencananya digelar secara daring pada Rabu 26 Oktober 2022, pukul 17.00 WIB – selesai.

Webinar bertajuk “Quo Vadis Anyaman NTT, Upaya Melestarikan dan Memberdayakan Pengrajin” menghadirkan beberapa naras umber baik berskala nasional maupun daerah seperti  yakni:

1.            Kepala Dinas Koperasi dan UKM kabupaten Nagekeo, Ibu Djawaria  Kristildis Maria S

Topik: ”Peran Dinas Koperasi dan UKM Dalam Mendukung UMKM Pengrajin Anyaman di Kabupaten Nagekeo.

2.            Kadis Pariwisata Kabupaten Sikka, Bapak Petrus Poling Wairmahing,ST, MT

Topik: Kerajinan anyaman dan destinasi wisata anyaman

3.            Ibu Helena Muljanto dari Marketing Direktur PT Panen Cipta Kreasi Perkasa

Topik:”Branding dan Kolaborasi untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM Pengrajin Anyaman.

4.            Ketua Rana House NTT- Farida Denura, S.Sos, MM

Topik: Rana House dan perannya dalam memfaslitasi dan mendampingi pengrajin anyam NTT.

5.  Tiga Kelompok Pengrajin Anyaman NTT (Kabupaten Nagekeo dan Sikka)

Topik: Paparan tentang Kelompok Pengrajin Anyaman & Apa Harapannya?

Hadir membuka dan memberikan sambutan pada kegiatan ini adalah Ketua Umum DPP MUKI, Djasarmen Purba, SH, dan Wakil Ketua Umum DPP MUKI, dr Sortaman Saragih, MARS

Menurut Ketua Departemen Bidang Pemberdayaan dan Wirausaha DPP MUKI, Pdt. Paulus Benny, MTh kolaborasi dengan Rana House NTT ini diawali dengan menggelar webinar bersama menghadirkan peserta dari seluruh jajaran Pengurus DPP MUKI mulai dari Ketua Umum hingga DPD dan DPW se-Indonesia.

“Ide ini menarik, dan Departemen kami ingin menjadikan kolaborasi ini menjadi sebuah role model bagi DPD atau DPW lainnya di seluruh Indonesia. Rana House NTT juga bernaung di bawah Yayasan Mishkan Indonesia,”ungkapnya kepada media.

 

Ketertarikannya pada wilayah NTT tak lain karena NTT merupakan wilayah dengan mayoritas umat beragama Kristiani sehingga memudahkan dalam berkolaborasi memberdayakan UMKM di wilayah tersebut seperti halnya pengrajin anyaman.

“Ini adalah langkah awal, ke depan bersama MUKI Ranah House juga dapat mendampingi pelaku industri UMKM lainnya,”ujarnya Pdt. Benny

Ranah House NTT, Jadi Rumah Besar bagi Penganyam

Pada Senin 5 September 2022, Rana House NTT digagas oleh tiga srikandi asal Flores yakni: Farida Denura, Ilse Gobang, dan Silvia Sea bertempat di Grand Depok City Cluster Alamanda C7 No. 18.

Dijelaskan Ketua Ranah House NTT, Farida Denura bahwa dipilihnya kata Rana yang dalam Bahasa Sikka Flores berarti anyam atau menganyam karena lembaga ini mengawal, melestarikan budaya warisan nenek moyang leluhur yang saat ini tergantikan dengan peralatan rumah tangga modern. Padahal hasil kerajinan anyaman di NTT sangat sarat dengan nilai kultural, sosiologis maupun nilai-nilai lain yang dianut masyarakat setempat,”kata Farida.

“Rana House NTT ingin melestarikan dan mengembangkan budaya NTT yang beragam dan bernilai sejarah serta menjadikan produk ramah lingkungan. Lembaga ini akan menjadi rumah besar bagi penganyam NTT dalam melestarikan dan mengembangkan budaya menganyam yang diwariskan oleh nenek moyang dan leluhur NTT,”jelas Farida.

Dalam menjalankan kegiatannya Rana House mengembang visi dan misi sebagai berikut:

Visi : Bangkit dan lestarikan

Sedangkan Misi:

1.            Sebagai agen of change untuk pengrajin anyam NTT

2.            Menfasilitasi pengrajin anyam NTT dalma meningkatkan ekononi

3.            Mengedukasi pengrajin NTT untuk melestarikan sekaligus menjalankan bisnis secara modern

4.            Menjadi pusat studi anyaman di NTT

5.            Mengantar pengrajin anyam untuk ramah digital dan go internasional

6.            Menjadikan pengrajin anyaman NTT menjadi tuan rumahnya di negeri sendiri.

“Ini big job dan butuh totalitas tim mendampingi perajin anyaman yang tersebar di wilayah kepulauan ini. Menyadari itu maka Langkah awal kami adalah berkolaborasi, berjejaring guna mendukung mimpi kami memberdayakan pengrajin anyaman,”ungkapnya.

Team Rana House NTT terdiri dari Ketua: Farida Dnura, Sekretaris: Silvia Sea, Bendahara merangkap Ketua Program, Ilse Gobang. (*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…