Kemenperin Berikan Bantuan Komputer Berkecepatan Tinggi untuk SMK Multimedia di Sumbar

Oleh : Ridwan | Jumat, 30 September 2022 - 15:15 WIB

Jubir Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif (ketiga dari kanan) bersama jajaran Kementerian Perindustrian menyerahkan secara simbolis bantuan komputer kepada Ketua Yayasan SMK Teknologi Plus Sumbar
Jubir Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif (ketiga dari kanan) bersama jajaran Kementerian Perindustrian menyerahkan secara simbolis bantuan komputer kepada Ketua Yayasan SMK Teknologi Plus Sumbar

INDUSTRY.co.id - Padang - Kementerian Peridustrian (Kemenperin) turut berupaya mendorong percepatan transformasi digital di tanah air, di antaranya melalui dukungan dalam pendidikan vokasi. 

Salah satu implementasinya dengan memberikan bantuan komputer berkecepatan tinggi untuk pendidikan vokasi jurusan desain komunikasi visual serta jurusan multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknologi Plus Padang, Sumatera Barat.

"Kemenperin memilih Sumatera Barat, khususnya di SMK Teknologi Plus karena kami melihat Sumatera Barat memiliki potensi, banyak talenta muda yang menguasai digital multimedia terutama di dalam konten animasi dan video tiga dimensi," kata Staf Khusus Menteri Perindustrian, Febri Hendri Antoni di Padang, Jumat (30/9). 

Febri menuturkan, sesuai instruksi Presiden, percepatan transformasi digital dengan peningkatan infrastruktur serta diiringi persiapan SDM harus dilakukan.

"Hal ini sejalan dengan peta jalan Making Indonesia 4.0 yang diluncurkan oleh Bapak Presiden pada 2018 sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing perekonomian nasional melalui penerapan Industri 4.0,” ujarnya. 

Febri berharap upaya yang dilakukan Kemenperin tersebut dapat semakin menumbuhkan industri digital, baik animasi dan multimedia.

"Kami berharap upaya ini berkontribusi pada penumbuhan industri digital di Sumatera Barat," katanya.

Bantuan yang diberikan Kemenperin berupa 10 unit komputer produksi dalam negeri bermerek Zyrex dengan tagline “Bangga Indonesia”. Komputer dengan kecepatan tinggi rilisan terbaru mempunyai RAM 16 GB dengan layar sentuh. 

Ketua Yayasan Pendidikan Wira Surya Mandiri Ari Surya Agung menyampaikan terima kasih atas bantuan yang dapat melengkapi fasilitas untuk praktikum siswa serta dapat digunakan untuk pelatihan masyarakat, khususnya yang berminat terhadap DKV. 

"Bantuan ini juga menambah kualitas fasilitas di SMK Teknologi Plus. Bagi siswa khusus jurusan multimedia tentu terbuka peluang untuk pengembangan bakat dan mengasah kemampuan mereka," kata Ari. 

Ia menambahkan, bantuan dari Kemenperin turut mendukung fasilitas pengembangan animasi di sekolah tersebut, sesuai dengan besarnya bakat dan minat yang ditunjukkan siswa. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Sabtu, 03 Desember 2022 - 12:17 WIB

Upacara Hari Bakti PUPR ke-77, Menteri Basuki: Jaga Kepercayaan Publik dan Kredibilitas

Dalam rangka memperingati Hari Bakti PUPR ke-77, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan upacara Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-77 dengan tema, “77…

Minyak makan merah

Sabtu, 03 Desember 2022 - 12:00 WIB

MenKopUKM Pastikan Pabrik Minyak Makan Merah di Sumut Bakal Beroperasi Awal Tahun

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) memastikan kesiapan pabrik minyak makan merah di Deli Serdang, Sumatera Utara, yang direncanakan akan beroperasi pada awal 2023.

Founder Helwa Beautycare Nabila Attamimi

Sabtu, 03 Desember 2022 - 12:00 WIB

Helwa Beautycare Berikan Apresiasi Khusus Bagi Pelanggan Setianya

Saat ini skincare menjadi kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama yang peduli dengan kecantikan dan perawatan. Selain itu, skincare juga sudah menjadi gaya hidup yang menunjang…

Ilustrasi jantung

Sabtu, 03 Desember 2022 - 11:34 WIB

Elixir Medical Corporation Perkenalkan Teknologi Baru Perawatan Jantung di ISICAM 2022

Bioadaptor adalah teknologi terbaru dalam pengobatan penyakit jantung koroner yang dikembangkan dan diproduksi oleh Elixir Medical Corporation, sebuah perusahaan teknologi medis yang berbasis…

Menteri BUMN Erick Thohir bersilaturahim bersama tokoh dan sesepuh Jawa Barat

Sabtu, 03 Desember 2022 - 11:27 WIB

Silaturahmi dengan Tokoh Sunda, Erick Thohir: Ini Saya Pulang Kampung

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku selalu gembira saat berkunjung ke Jawa Barat (Jabar). Ia merasa seperti pulang kampung mengingat sang ibu berasal dari Kadipaten,…