Patut Ditiru! Pemerintah Kota Semarang Terus Gencarkan Penerapan Parkir Elektronik

Oleh : Barus | Selasa, 20 September 2022 - 19:11 WIB

Walikota Semarang DR Hendrar Prihadi didampingi Kepala Dinas Perhubungan Drs. Endro Pudyo Martantono, M,Si secara resmi menyerahkan Mesin EDC secara simbolis kepada 4 Juru Parkir dalam rangka pelaksanaan Parkir Elektronik di Kota Semarang, pada Senin 9 September 2022.
Walikota Semarang DR Hendrar Prihadi didampingi Kepala Dinas Perhubungan Drs. Endro Pudyo Martantono, M,Si secara resmi menyerahkan Mesin EDC secara simbolis kepada 4 Juru Parkir dalam rangka pelaksanaan Parkir Elektronik di Kota Semarang, pada Senin 9 September 2022.

INDUSTRY.co.id, Semarang  - Pemerintah semakin giat melakukan inisiasi penerapan digitalisasi pada layanan masyarakat, salah  satunya   adalah   pembayaran  Parkir  elektronik   (electronic   parking),  dengan   demikian  metode elektronik, pembayaran parkir menjadi lebih praktis, nyaman dan aman.

Pada peringatan Hari Perhubungan Nasional 2022 Kota Semarang yang diadakan di Kantor Dinas Perhubungan Kota Semarang  Jalan Tambak Aji Raya No. 5, Pada tanggal 19 September 2022, Walikota Semarang DR Hendrar Prihadi didampingi Kepala Dinas Perhubungan Drs. Endro Pudyo Martantono, M,Si secara  resmi menyerahkan Mesin EDC secara  simbolis kepada  4 Juru Parkir dalam  rangka pelaksanaan Parkir Elektronik di Kota Semarang.  Parkir Elektronik ini pada  tahap  awal akan diterapkan parkir (On- street/pingggir jalan) di 4 ruas jalan yang nantinya akan diterapkan di 200 titik di kota Semarang.

Dengan menggunakan electronic parking ini, pengendara tidak perlu repot  menyiapkan  uang kecil untuk pembayaran atau menerima kembalian sehingga meminimalisir resiko penyebaran Covid-19 melalui kontak antara  manusia.  Dengan demikian, pembayaran menggunakan sistem e-parking membantu pengendara melakukan pembayaran secara praktis, aman dan juga cepat.

Selain itu, kehadiran  e-parking juga mendukung  program  pemerintah dan Bank Indonesia dalam menggunakan sistem pembayaran nasional yaitu QRIS dan uang elektronik. Apalagi, alat yang digunakan ini  adalah  mesin  EDC  (Electronic  Data  Capture).  Alat  buatan   Indonesia  ini  memiliki  40,6%  Tingkat Komponen dalam Negeri (TKDN) sehingga mendukung produksi dalam negeri dalam rangka meningkatkan ekonomi nasional.

Kota Semarang adalah kota yang pertama memiliki komitmen  besar dalam penerapan Penggunaan  uang elektronik  sebagai  penunjang   parkir  elektronik  di  berbagai  wilayahnya.  Melalui  Dinas  Perhubungan (Dishub) Pemkot  Semarang,  terus  memudahkan pengemudi  dalam melakukan  transaksi  parkir sehingga tidak perlu menggunakan uang tunai.

Parkir elektronik yang diterapkan di berbagai ruas jalan di Kota Semarang ini bertujuan agar pengendara mulai terbiasa  dengan  parkir elektronik.  Apalagi, metode pembayaran parkir elektronik  ini juga dinilai sangat  mudah,  yakni dengan  menggunakan aplikasi dompet online yang ada  di smartphone atau  uang elektronik yang umumnya tersedia  di setiap kendaraan.

Kemudahan lainnya, pembayaran parkir elektronik juga bisa menggunakan berbagai macam cara seperti e- wallet, QRIS dan m-banking.  Harapannya,  penerapan sistem  parkir elektronik  berbasis  uang elektronik tersebut dapat  mengatasi  berbagai  masalah  perparkiran. Sistem parkir elektronik ini nantinya digunakan dalam penerapan sistem yang sama di kantong-kantong parkir kawasan lain di Kota Semarang.

Drs. Endro Pudyo Martantono, M,Si. Kepala Dinas Perhubungan kota  Semarang  menyampaikan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang adalah yang pertama kali menginisiasi program Parkir elektronik ini melalui Peraturan Walikota. Menurutnya, ini tentu  akan  menjadi  referensi  untuk  kota-kota  lainnya di Indonesia. Apalagi pada  tahap  awal ini, tambahnya, Dishub Kota Semarang  menggunakan tarif flat baik untuk roda dua, roda empat  hingga roda enam  ke atas. Diharapkan dengan  penerapan parkir elektronik pendapatan daerah  dari parkir semakin meningkat.

Tommy Singgih, CEO PT Tata Sarana Makmur (TSM) selaku system integrator dari metode pembayaran parkir  elektronik  ini, menyampaikan pihaknya  berkomitmen untuk  terus  memajukan  produksi  dalam negeri, khususnya berkaitan dengan solusi-solusi digital.

“Induk kami PT Tata Sarana Mandiri (TSM) telah berkiprah memproduksi  alat-alat tekhnologi tinggi untuk pasar dan kebutuhan baik dalam negeri maupun  luar negeri. Di Indonesia, kita memiliki dua lokasi pabrik. PT Tata Sarana Makmur berkomitmen menghadirkan teknologi terkini dalam mendukung pemerintah pusat dan daerah dalam rangka menghadirkan solusi terbaik untuk masyarakat Indonesia, “ujarnya kepada media di Semarang, Jumat (16/9/2022).

“Dalam pelaksanaanya, juru parkir yang terdaftar akan mencatat nomor  polisi kendaraan melalui mesin EDC V1,  dimana  pada  saat  keluar  nomor  polisi itu akan  dimunculkan  kembali  pada  mesin  EDC untuk dilakukan pembayaran secara elektronik menggunakan QRIS atau yang elektronik,”ujarnya.

Penggunaan  sistem elektronik parking sangat penting, pengguna parkir tak perlu lagi harus mengeluarkan uang  tunai  untuk  membayar   biaya  parkir.  Hal ini tentu   sangat  membantu para  pengendara dalam menghemat waktu  ataupun menyediakan  uang  tunai  sehingga,  lanjutnya  sistem  parkir elektronik  bisa memangkas  waktu karena  menggunakan uang elektronik.  Selebihnya, sistem  parkir elektronik  juga bisa memberikan kepastian tentang biaya parkir. Hal ini karena tidak lagi bisa diubah sesukanya oleh penyedia jasa. Sebab secara sistem sudah diatur dengan baik.

Yang tidak kalah pentingnya, adalah terkait keberadaan pungutan liar. Dengan sistem ini masalah pungutan liar bisa diatasi. Pengguna parkir akan mendapat bukti pembayaran setelah  melakukan tapping e-money pada mesin parkir elektronik.

Jadi penerapan parkir elektronik berbasis e-money  dapat  mengatasi  kebocoran  pendapatan daerah  yang berasal  dari parkir. Tentu saja, kata  Tommy, penerapan parkir elektronik  juga membantu transparansi dalam   menghitung   pendapatan  daerah   dari   parkir.   “Jadi  parkir   elektronik   dengan   sistem   yang terkomputerisasi  membantu  pemerintah  mengontrol  bidang   perparkiran,”   ujarnya.   Sistem   parkir elektronik  ini sudah  banyak  diterapkan di beberapa negara  hanya,  saja konsepnya  berbeda dimana  di Indonesia akan tetap  dilayani oleh Juru parkir.

Tata Sarana Makmur; sebuah perusahaan penyedia  solusi teknologi tinggi, dimana inovasi merupakan dasar dari segala kegiatan yang kami lakukan.   Kami menyediakan  keahlian yang dapat  diandalkan dalam pengembangan  baik  perangkat   lunak  (Software)  maupun   perangkat   keras  (Hardware)   dalam   rangka mendukung  industri Financial, Payment   dan IOT di Indonesia. Sejak pendiriannyadi  tahun  2016, TSM telah membantu memberikan solusi dengan   merek lokal dan global dengan menyediakan  berbagai  solusi dalam Fintek, IoT, yang berbasis  teknologi mobile 4G dan 5G. Tata Sarana Makmur adalah anak perusahaan Tata Sarana Mandiri. Tata Sarana Mandiri yang didirikan di Indonesia pada tahun 2012 menyediakan keahlian yang dapat  diandalkan  dan  berkelas  dunia  dalam  pengembangan perangkat   keras  (Hardware)  dalam  rangka mendukung  industri Telepon Pintar di Indonesia. Tata Sarana Mandiri sebagai rumah  desain yang mandiri (Independent Design House), telah  berhasil  menjadi  penerima Lisensi Resmi Qualcomm  yang pertama di Indonesia dan Asia Pasifik untuk 4G pada tahun 2014, dan 5G pada tahun 2019. Sejak pendiriannya, TSM telah membantu berbagai  merek  lokal dan  global dengan  menyediakan  berbagai  solusi dalam  Fintek, IoT, dan Teknologi Kesehatan yang berbasis Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…