Asiiik! Pemerintah Bakal 'Bagi-bagi' Kompor Listrik Gratis

Oleh : Ridwan | Selasa, 20 September 2022 - 10:25 WIB

Ilustrasi kompor listrik
Ilustrasi kompor listrik

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, Pemerintah akan segera membagikan kompor listrik secara gratis kepada masyarakat. 

"Iya dibantu. Upaya ini dilakukan untuk mengurangi penggunaan elpiji 3 kilogram (kg) bersubsidi," katanya di Jakarta (19/9).

Hal senada juga diungkapkan Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana.

Dijelaskan Dadan, pembagian kompor gratis tersebut akan diberikan saat proses uji coba dan impementasi.

"Iya gratislah! Kan namanya masih uji coba, nanti pas implementasinya pasti gratis. Dulu juga kan gratis waktu bagi elpiji dengan kompornya, kira-kira kita juga akan mirip seperti dia," terangnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan uji coba penggunaan kompor listrik akan dilakukan di sejumlah daerah.

"Sedang dilakukan piloting (uji coba) di beberapa daerah antara lain Bali dan Solo. Nanti kita review setelah piloting jalan," ucap Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan.

Lebih lanjut, Menko Airlangga mengatakan, kebijakan peralihan penggunaan kompor listrik itu masih menunggu keputusan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdasarkan uji coba yang dilakukan.

Itu sudah dilaporkan (ke Presiden Jokowi) dan menunggu piloting," tutup Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Beras Srinuk, Produk Pertanian Lokal yang Dipopulerkan Ganjar/ foto: jatengprov.go.id

Rabu, 05 Oktober 2022 - 16:01 WIB

Keren! Ini Beras Srinuk, Produk Pertanian Lokal yang Dipopulerkan Ganjar

Klaten – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo benar-benar peduli dengan produk lokal. Beras Srinuk yang merupakan produk pertanian unggulan Kabupaten Klaten pun, pernah dipedulikan Ganjar dengan…

Kepala BPSDMI Kementerian Perindustrian, Arus Gunawan membuka secara simbolis pada acara Pelatihan 3 in 1 SDM Industri Perkapalan

Rabu, 05 Oktober 2022 - 16:00 WIB

Gelar Pelatihan 3 in 1, Kemenperin Siap Ciptakan SDM Kompeten Industri Perkapalan

Kementerian Perindustrian berkomitmen untuk terus meningkatkan penyediaan SDM terampil dan kompeten guna mendukung peningkatan produktivitas dan daya saing industri perkapalan nasional.

Tahilalats, Karakter Web Komik Indonesia Umumkan Kolaborasi dengan Crayon Shinchan

Rabu, 05 Oktober 2022 - 15:49 WIB

Tahilalats, Karakter Web Komik Indonesia Umumkan Kolaborasi dengan Crayon Shinchan

Jakarta – Karakter web komik lokal Tahilalats secara resmi mengumumkan kolaborasinya dengan tokoh kartun ikonik asal Jepang, Crayon Shinchan. Kolaborasi ini sekaligus menandakan tiga dekade…

Presiden Jokowi pada peresmian revitalisasi fasilitas Pangkalan TNI AU/Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Rabu (05/10/2022). (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

Rabu, 05 Oktober 2022 - 15:25 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Revitalisasi Fasilitas Bandara Halim Perdanakusuma

Sebelum lepas landas menuju Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur untuk melakukan kunjungan kerja, Presiden Joko Widodo meresmikan revitalisasi fasilitas Pangkalan TNI AU/Bandara Halim Perdanakusuma,…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 05 Oktober 2022 - 15:23 WIB

Ini Jurus Menperin Agus Pacu Daya Saing Industri Galangan Kapal

sebagai upaya pengembangan industri perkapalan dalam negeri yang berdaya saing global, Kemenperin menilai perlunya langkah untuk mengurangi bahan baku dan komponen impor, dukungan pembiayaan…