Ketua MPR RI Optimistis Pariwisata Bali Segera Bangkit

Oleh : Herry Barus | Minggu, 18 September 2022 - 12:00 WIB

Ilustrasi Penari Bali (Foto Ist)
Ilustrasi Penari Bali (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Bali- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo optimistis perekonomian Bali yang terpuruk dalam akibat pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir bisa kembali pulih. Terus bertambahnya turis domestik dan asing yang datang ke Bali diyakini akan mempercepat recovery 'Bali Bangkit'.

"Berbagai bidang usaha di Bali juga mulai menggeliat. Tren positif pertumbuhan pariwisata saat ini, harus dioptimalkan sebaik-baiknya oleh para pelaku pariwisata di Bali sebagai momentum kebangkitan dan pemulihan perekonomian nasional pasca pandemi," ujar Bamsoet usai mengunjungi Restoran Sunshine 88 di kawasan Kedonganan, Jimbaran BaliBali, Sabtu (17/9/22).

Ketua DPR RI ke-20 sekaligus mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, berdasarkan data Dinas Pariwisata Bali, tercatat saat ini jumlah wisatawan asing yang datang ke Bali rata-rata mencapai 9.000 orang per hari. Sedangkan, jumlah maskapai yang melayani penerbangan ke Bali sekitar 23 maskapai.

"Pemerintah sendiri telah memberikan fasiltas visa on arrival kepada 72 negara yang ingin berkunjung ke Bali. Tidak ada salahnya apabila pemerintah menambah lagi jumlah negara yang bisa mendapatkan fasiltas visa on arrival  serta membebaskan beberapa negara dari biaya visa kunjungan wisata ke Bali," kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menambahkan, jumlah kunjungan wisatawan asing sebesar 9.000 per hari, jumlahnya masih jauh dibandingkan sebelum pandemi. Saat normal sebelum pandemi, wisatawan asing yang datang ke Bali bisa mencapai 20.000 hingga 25.000 per hari.

"Jumlah wisatawan domestik yang datang ke Bali juga terus meningkat. Saat ini tercatat wisatawan domestik mencapai 15.000 per hari. Puncak kunjungan wisatawan domestik tercatat pada saat libur lebaran yang mencapai 18.000 hingga 20.000 per hari. Kita harapkan jumlah wisatawan asing dan domestik ke Bali bisa terus meningkat seiring telah menurunnya pandemi Covid-19," pungkas Bamsoet. (*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife Nutrition Susan Bowerman

Senin, 26 September 2022 - 19:48 WIB

Berapa Banyak Protein yang Dibutuhkan Tubuh Anda dalam Sehari? Cobalah Hitung dengan Metode Ini

Jakarta– Kata "protein" berasal dari kata Yunani "protos," yang berarti "peringkat satu atau posisi yang paling utama" dan kata ini dipilih karena alasan yang bagus.

diskusi online yang digelar Forum Merdeka Barat bertajuk "UU Cipta Kerja Tumbuhkan Pengusaha Muda dan UMKM" pada Senin (26/9/22).

Senin, 26 September 2022 - 19:37 WIB

UU Ciptakerja Memberi Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan UMKM

Jakarta, FMB9 - Sekretaris Satgas Percepatan Sosialisasi UU Cipta Kerja, Arief Budimanta menyampaikan kehadiran Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) bertujuan memberikan kemudahan, perlindungan…

Mitsubishi New Xpander Cross

Senin, 26 September 2022 - 19:30 WIB

Dibekali Fitur Canggih, New Xpander Cross Lebih Unggul dari Mobil Sekelas

New Mitsubishi Xpander Cross resmi diluncurkan pada 11 Agustus 2022 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Mengusung tagline “Rise to Your Life’s Adventure”,…

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Senin, 26 September 2022 - 19:19 WIB

Sebelum Diberlakukan, Pemerintah Diminta Masifkan Uji Coba Konversi ke Kompor Listrik

Jakarta- Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah meminta pemerintah untuk melanjutkan ujicoba konversi elpiji ke listrik dan membuktikan bahwa dengan cara ini masyarakat bisa berhemat.

CEO Telin Budi Satria Dharma Purba (kedua dari kanan) berdiskusi dengan para Panelis, dari TI Sparkle Leonardo Cerciello (paling kanan), China Unicom Global Dr. Meng Shusen (tengah), Head of Asia GSMA Julian Gorman (kedua dari Kiri), dan SMD Delta Partners Sam Evans (paling kiri)

Senin, 26 September 2022 - 19:15 WIB

Perkuat Infrastruktur, Telkom Bidik Potensi Konektivitas Asia Pasifik

PT Tekom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menilai konektivitas Asia Pasifik memiliki potensi pertumbuhan yang sangat tinggi, seiring dengan transformasi digital yang dilakukan negara-negara…