Menparekraf Dorong Kota Kendari Tetapkan Subsektor Unggulan Masuk Jaringan Kabupaten/Kota Kreatif

Oleh : Candra Mata | Jumat, 26 Agustus 2022 - 13:27 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri acara workshop "KaTa Kreatif" di Xbro Cafe Kendari
Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri acara workshop "KaTa Kreatif" di Xbro Cafe Kendari

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, bersama pemerintah kota setempat segera menetapkan subsektor ekonomi kreatif unggulan untuk dapat fokus dikembangkan dan masuk dalam jaringan kabupaten/kota (KaTa) kreatif. 

Menparekraf Sandiaga menilai Kota Kendari memiliki ragam potensi sektor ekonomi kreatif khususnya pada subsektor kuliner dan kriya. Terdapat kekayaan ragam kuliner khas Kendari yaitu lapa-lapa, sinonggi, pisang epe, bagea sagu, dan lainnya.

Begitupun produk dari subsektor kriya yang memiliki potensi untuk dikembangkan antara lain kain tenun khas Kendari dan kerajinan perak. Kekhasan tersebut dapat menjadi keunikan yang memiliki nilai jual tersendiri. 

“Hari ini saya melihat antusiasme, optimisme ekonomi kreatif di Kota Kendari, melihat ekosistem ekonomi kreatif yang berbasis dua subsektor kuliner dan kriya. Ini yang akan kami pastikan pola kerja sama bersama pemerintah kota sehingga tahun depan Kendari bisa mengikuti proses uji petik,”kata Menparekraf Sandiaga Uno dari keterangannya yang diterima redaksi INDUSTRY.co.id, saat menghadiri acara workshop "KaTa Kreatif" di Xbro Cafe Kendari, pada Jumat (26/8/2022).  

Melalui uji petik tersebut, Kemenparekraf turut memberikan pendampingan terhadap pelaku ekraf melalui pelatihan serta memberikan dukungan terhadap pemasaran dan bantuan pembiayaan kepada pelaku ekraf.

Sandiaga menyebut pelaku ekraf di Kendari perlu mengembangkan inovasi dan kreativitas, serta dukungan promosi, pemasaran, dan networking berbasis teknologi yang dapat menjangkau lebih banyak orang, sehingga dapat mendorong perekonomian daerah dan membuka banyak lapangan kerja.

“Kendari ini memiliki potensi yang luar biasa, kita harus menciptakan peluang agar kita bisa menciptakan 1,1 lapangan kerja baru. Ekonomi kreatif ini menjadi lokomotif untuk mendorong bersama kemajuan Provinsi Sulawesi Tenggara,” kata Menparekraf. 

Sandiaga juga mengajak pelaku ekonomi kreatif Kendari untuk masuk ke e-katalog lokal. Penayangan produk UMKM di e-katalog diharapkan akan menyerap produk UKM, sehingga meningkatkan peluang usaha dan mewujudkan kebangkitan ekonomi.

“Saya meminta keberpihakan Pemda untuk memasukkan produk-produk pelaku usaha ekonomi kreatif Kendari ini untuk terdaftar di e-katalog lokal, lalu nantinya berlanjut ke e-katalog sektoral,” imbuh Sandiaga. 

Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif, Kemenparekraf/Baparekraf Hariyanto, mengatakan Kemenparekraf/Baparekraf siap mendukung pelaku ekraf Kendari dalam mengembangkan usahanya, dengan masuk jaringan kabupaten/kota kreatif. 

“Dengan masuk dalam ekosistem kabupaten/kota kreatif, pelaku usaha nantinya bisa mendaftarkan usahanya jika ada program bantuan pemerintah berupa saran atau barang,” kata Hariyanto. 

Sementara itu, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, menyampaikan terima kasih atas kehadiran Menparekraf ke Kota Kendari. 

“Kehadiran Pak Menparekraf ini bisa menjadi momentum untuk memaksimalkan potensi produk ekonomi kreatif Kendari,” kata Sulkarnain

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…

Paviliun Indonesia di Ajang SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:38 WIB

12 Industri yang Diboyong Kemenperin di Ajang SIAM 2024 Maroko Tempati Paviliun Internasional Terbaik

Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Sopar Halomoan Sirait menyampaikan apresiasi kepada KBRI Rabat atas…

SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:30 WIB

Kemenperin Boyong 12 Industri Alsintan ke Pameran SIAM di Maroko

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memfasilitasi sebanyak 12 industri alat dan mesin pertanian (alsintan) dalam negeri untuk ikut berpartisipasi pada ajang bergengsi Salon International…