Menperin Agus Apresiasi Jababeka Gelar Jababeka Tenant Award

Oleh : Ridwan | Kamis, 25 Agustus 2022 - 19:05 WIB

Jababeka Tenant Award 2022
Jababeka Tenant Award 2022

INDUSTRY.co.id - Cikarang - PT Jababeka Tbk kembali menggelar kegiatan Jababeka Tenant Awards 2022 sebagai ajang penghargaan bagi para tenant di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang.

Ajang bergengsi yang digelar di Holiday Inn Jababeka pada Kamis (21/8/2022) ini merupakan bentuk apresiasi pengelola Kawasan Industri Jababeka untuk para tenant yang telah berkontribusi dan berkomitmen dalam menaati regulasi pengelola dan pemerintah. 

Pada tahun ini, ajang Jababeka Tenant Award mengusung tema "Digital Transformation Drives to Green Industry”.

Direktur PT Jababeka Tbk, Hyanto Wihadhi mengatakan, melalui Jababeka Tenant Awards 2022, PT Jababeka Tbk mengajak para tenant di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang bersama-sama meningkatkan teknologi digital untuk terus bergerak hingga mengadopsi teknologi Industry 4.0 yang mendukung terciptanya Green Industrial Estate

Dimana hal ini sejalan dengan Presidensi G20 yang berfokus kepada penguatan arsitektur Kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi.

"Ajang bergengsi yang diadakan lima tahun sekali ini seharusnya diadakan tahun 2021 lalu. Namun karena kasus positif Covid-19 masih belum menurun, maka acara ini kembali diadakan baru di tahun 2022," kata Hyanto dalam sambutannya. 

Managing Director Jababeka Infrastruktur Agung Wicaksono selaku pelaksana acara menyampaikan, yang berbeda di tahun ini adalah, Jababeka memberikan penghargaan kepada HR yang paling kolaboratif dengan pengelola Kawasan serta penghargaan untuk CEO yang menginspirasi perusahaan-perusahaan lainnya. 

"Diharapkan Jababeka Tenant Award menjadi jembatan bagi para tenant untuk meningkatkan pemanfaatan ekonomi digital 4.0 untuk terus berbenah menjadi industri 4.0 dan mendukung terciptanya green industrial estate," tutur Agung.

Sementara itu, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sambutannya yang dibacakan Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan & Akses Industri Internasional (KPAII) Eko S.A Cahyanto mengatakan, dari awal didirikan pada tahun 1989, saat ini Jababeka telah bertransformasi menjadi kota mandiri dengan didukung infrastruktur dan ekosistem yang lengkap terutama bagi Industri. 

"Jababeka sendiri berhasil merangkul lebih dari 1.800 perusahaan industri dari 30 negara untuk berinvestasi serta mampu menyediakan lapangan pekerjaan lebih dari 1.7 juta pekerja dalam negeri untuk meningkatkan roda perekonomian Indonesia," katanya.

Saat ini, Jababeka merupakan salah satu kawasan industri yang memiliki semangat dan antusias untuk melakukan transformasi menuju pengembangan Kawasan Industri yang berkelanjutan. 

Hal tersebut ditunjukkan melalui peluncuran Jababeka Ecommerce Digital Hub pada tahun 2021 dan Jababeka Economic Forum pada tahun ini. 

"Kami harapkan kedepannya Jababeka dapat terus memunculkan ide dan konsep baru dalam kaitannya dengan Kawasan Industri yang berwawasan lingkungan serta secara aktif mengajak tenan Industri untuk berpartisipasi aktif dalam perubahan tersebut," terang Menperin Agus.

Dalam kesempatan tersebut, Menperin Agus memberikan apresiasi bagi Jababeka atas terselenggaranya Jababeka Tenant Awards 2022 ini sebagai salah satu bentuk penghargaan bagi tenan Jababeka yang telah berkontribusi aktif, royal serta kooperatif. 

"Kami berharap penyelenggaraan acara ini dapat mempererat hubungan baik tenan Industri dengan pengelola Jababeka dalam upaya perwujudan kolaborasi dan sinergi yang baik antar tenan dan pengelola kawasan," tutupnya.

Adapun proses penilaian diawali dengan penilaian tenant yang masih aktif sejumlah 1.780 Tenants untuk di screening menjadi 50 besar kategori  Platinum dan Diamond, 30 besar kategori Platinum dan Diamond kemudian 10 besar kategori Platinum dan Diamond untuk masing-masing nominasi, hingga 3 besar. 

Kategori tenant terbagi menjadi 2 yaitu Platinum dan Diamond dimana Platinum merupakan jenis perusahaan multinasional dan jenis bangunan kavling serta Diamond merupakan perusahaan dengan jenis multiguna bangunan. 

Proses penjurian tidak hanya dilakukan oleh pihak internal namun juga melalui penjurian independent oleh Dr. Ir. Heru Kustanto, M.Si., Kepala Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan Kebijakan Jasa Industri Badan Standarisasi dan Kebijakan Jasa Industri Kementerian Perindustrian yang menilai nominasi The Best Industry 4.0 Tenant; Dr. Winardi M.Si., Dirjen Ketahanan Perwilayahan Akses Industri International Kementerian Perindustrian yang menilai Best of Estate Regulation Compliance Tenant Awards 2022 dikedua kategori; 

Ada pula Umirusyanawati, Sub Direktorat Pengembangan Mitra Lingkungan Direktorat Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang menilai nominasi Best of Green Tenant Awards 2022 untuk kedua kategori; serta yang terakhir oleh Sonny Sukada, Executive Director dan Company Community Partnership for Health Indonesia yang menilai nominasi Best of CSR Program Contributor Tenant Awards 2022 untuk kedua kategori yaitu Platinum dan Diamond.

Kategori Platinum nominasi Best of Green Tenant Awards 2022 dimenangkan oleh PT Komatsu Undercarriage Indonesia, diposisi kedua diduduki oleh PT Hitachi Astemo Bekasi Manufacturing, dan posisi ketiga ditempati oleh PT United Tractors Pandu Engineering. 

Untuk nominasi Best of Estate Regulation Compliance Tenant Awards 2022 dimenangkan oleh PT Ethica Industri Farmasi, diposisi kedua ditempati oleh PT Sari Takagi Elok Produk, dan posisi ketiga ditempati oleh PT Megmilk Snow Brand Indonesia. 

Nominasi Best of CSR Program Contributor Tenant Awards 2022 dimenangkan oleh PT Mane Indonesia, diposisi kedua PT Chemco Harapan Nusantara, sedangkan posisi ketiga ada PT ICI Paints Indonesia. Nominasi Best of The Best Tenant Awards 2022 kategori Platinum ditempati oleh PT Yasulor Indonesia.

Untuk Kategori Diamond sendiri dinominasi Best of Green Tenant Awards 2022 dimenangkan oleh PT Voestalpine Bohler Welding Asia Pasific, diposisi kedua diduduki oleh PT Craze Indonesia. 

Untuk nominasi Best of Estate Regulation Compliance Tenant Awards 2022 dimenangkan oleh PT Gondowangi Tradisional Kosmetika dan diposisi kedua ada PT Eun Sung Indonesia. 

Sedangkan nominasi Best of CSR Program Contributor Tenant Awards 2022 dimenangkan oleh PT IK Precision Indonesia dengan posisi kedua ditempati oleh PT Tesso Tetra Chemika. Untuk nominasi Best of The Best Tenant Awards 2022 kategori Diamond sendiri ditempati oleh PT Nippon Steel Sumikin.

Kategori Emerald dengan nominasi The Best Industry 4.0 Tenant dimenangkan oleh PT Mattel Indonesia. Sedangkan penghargaan Favorite HRD diberikan kepada Adi Winata dari PT Sari Takagi Elok Produk dan Ratri Andamari dari PT Mitrapak Eramandiri. Sedangkan penghargaan The Most Inspiring CEO diberikan kepada Tata Hendjendra Widhisatmaka dari PT Chemco Harapan Nusantara.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.