Melawat ke Tokyo, Anies Malam Mingguan di Rumah Menlu Yoshimasa Hayashi

Oleh : Candra Mata | Senin, 15 Agustus 2022 - 14:27 WIB

Gubernur Anies Baswedan saat berkunjung ke kediaman Menlu Yoshimasa Hayashi (foto @aniesbaswedan)
Gubernur Anies Baswedan saat berkunjung ke kediaman Menlu Yoshimasa Hayashi (foto @aniesbaswedan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan melakukan kunjungan kerja ke Jepang pada akhir  pekan kemarin.Selain bertemu Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, Anies juga bertemu sahabat lamanya, Menlu Jepang, Yoshimasa Hayashi.

Momen pertemuan sekaligus memenuhi undangan bermalam minggu di kampung halaman Menlu Hayashi itu dibagikan Anies Baswedan melalui unggahan pada laman sosial medianya, @aniesbaswedan.

Anies Mengatakan, Menlu Jepang  Hayashi mengundang dirinya beserta istri untuk bermalam di kampung halamannya. Sebuah kota kecil bernama Ube, di prefecture Yamaguchi, sisi selatan Jepang. Sekitar 950 km dari Tokyo atau 90 menit dengan pesawat.

“Malam itu kami dijamu masakan khas Jepang, bersama istrinya Yuko Hayashi, Phd,” kata Anies seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari keterangannya di akun Instagram @aniesbaswedan, pada Senin (15/8/2022).

Dijelaskan Anies lebih lanjut, Yuko Hayashi adalah seorang profesor  di Universitas Yamaguchi pada bidang inovasi dan manajemen industri. Selain dirinya dan istri @fery farhati, ikut bergabung dalam acara dinner itu adalah Atsushi Sunami, pimpinan Sasakawa Peace Foundation. Pada malam itu Hayashi-san sengaja mengenakan Batik Indonesia.

Anies menceritakan, Rumah Menlu Hayashi di Ube berusia sekitar 100 tahun. Sebuah rumah warisan kakeknya, seorang industriawan besar di jamannya yang berhasil membangun kota Ube. Yang mana  rumah kuno tersebut  cukup besar dibandingkan umumnya ukuran rumah Jepang.

“Begitu tiba di rumahnya, Hayashi langsung ‘menjamu’ kita dengan pianonya. Memang ia berasal dari keluarga pecinta musik”, Kata Anies.

Menurutnya, pada malam itu selain makan malam dirinya berdiskusi panjang lebar tentang begitu banyak hal. Mulai dari urusan masakan, upacara minum teh di Jepang, filosofi batik dan kain tradisional Indonesia, sampai soal stabilitas dunia.

“Kami berterima kasih sekali atas undangannya untuk singgah ke kota masa kecilnya. Sebagai Menteri Luar Negeri tentu jadwalnya amat padat, tapi sebagai sahabat lama, ia luangkan waktu khusus untuk mengundang kami bermalam Minggu di kampung halamannya,” Ujar Anies.

“Sebuah malam Minggu yang mengesankan. Tak pernah terbayangkan bahwa perkenalan, lalu pertemanan, mengantarkan pada momen-momen persahabatan yang mengesankan seperti malam Minggu itu,” Pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rizky Billar foto by Ig Pribadi RB

Rabu, 05 Oktober 2022 - 14:31 WIB

Dampak Dugaan KDRT, Rizky Billar Diputus Kontrak Sebagai Host D Academy 5 Indosiar

Analisa Sutrisno Buyil sebagai wartawan hiburan seniro yang dimuat dibeberapa media, tentang karier Rizky Billar bakal tamat. Mulai jadi kenyataan, Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI dengan…

Pabrik TACO di Cikande

Rabu, 05 Oktober 2022 - 13:56 WIB

TACO Resmi Kantongi Sertifikat TKDN

TACO sebagai solusi produk interior mengumumkan pencapaiannya atas sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI), International Organization for Standardization (ISO), Top Brand, Singapore Green…

Head of Community PINTU Jonathan Hartono

Rabu, 05 Oktober 2022 - 13:55 WIB

Aplikasi PINTU Berikan Edukasi Crypto dan Blockchain Kepada Tiga Kampus Besar Indonesia di ICMF 2022

PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU, platform jual beli dan investasi aset crypto terus bergerilya memberikan edukasi tentang investasi aset crypto dan teknologi blockchain. PINTU mendapatkan…

FHTB 2022 Tingkatkan Jumlah Wisman ke Bali

Rabu, 05 Oktober 2022 - 13:10 WIB

12.000 Pengunjung, FHTB 2022 Tingkatkan Jumlah Wisman ke Bali

Pameran Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) 2022 telah resmi berakhir pada 24 September lalu. Tiga hari gelaran ini berlangsung bersama Retail Indonesia sukses menggaet 12,000 pengunjung, 300…

Perwatusi Sosialisaikan Gerakan Jawa Timur Melawan Osteoporosis

Rabu, 05 Oktober 2022 - 12:46 WIB

Perwatusi Sosialisaikan Gerakan Jawa Timur Melawan Osteoporosis

Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) bersama Dinas Kesehatan dan TP PKK Provinsi Jatim mencanangkan ‘Gerakan Jawa Timur Melawan Osteoporosis’. Salah satu programnya adalah…