Kementerian PUPR Serah Terima Rusun Pekerja Pariwisata KEK Tanjung Lesung ke Pemkab Pandeglang

Oleh : Wiyanto | Senin, 08 Agustus 2022 - 21:40 WIB

Serahterima Kelola dan Huni Rusun Tanjung Lesung
Serahterima Kelola dan Huni Rusun Tanjung Lesung

INDUSTRY.co.id-Banten - Ditjen Perumahan Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa 1 dan Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Banten telah selesai membangun rumah susun (rusun) untuk para pekerja Banten West Java Tourism Development Corporation (TDC) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Dalam mewujudkan hal tersebut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang diwakilkan oleh Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Bupati Kabupaten Pandeglang Irna Narulita, Aswin G. Sukahar selaku Direktur Rumah Susun, Noviza Temenggung selaku Kasubdit Wilayah II Direktorat Rumah Susun, Kepala BP2P Jawa 1 Firsta Ismet dan Kepala Satker Penyediaan Perumahan (PP) Prov. Banten Haryo Wacono melaksanakan Serah Terima Kelola dan Penghunian Rusun Pekerja KEK Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang pada hari ini, Senin (08/08/2022).

Rusun Banten West Java TDC KEK Tanjung Lesung yang berdiri di atas lahan seluas 2.950 meter persegi ini memiliki satu tower setinggi 3 lantai dengan hunian tipe 24 sebanyak 62 unit reguler dan 2 unit khusus difabel. Pembangunan rusun ini sendiri menelan biaya Rp21,1 miliar dengan masa pelaksanaan pembangunan Juli 2021 - Mei 2022.

“Rusun ini diperuntukkan bagi pekerja Banten West Java TDC KEK Tanjung Lesung. Kawasan ini salah satu daerah strategis wisata nasional. Pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR bekerja sama dengan Pemprov Banten, Pemkab Pandeglang dan investor untuk memajukan kawasan ini, salah satunya melalui jalan tol Panimbang dan penyediaan rusun untuk hunian nyaman pekerja,” ujar Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja.

Endra menambahkan, Rusun Banten West Java TDC KEK Tanjung Lesung ini nantinya akan dikelola Pemkab Pandeglang bersama dengan pengelola kawasan tersebut yakni Banten West Java.

Endra juga berharap agar pengelola segera menanam pohon untuk membuat rindang kawasan pinggir pantai dan memberikan jalur rambu-rambu serta kawasan evakuasi bencana.

“Setelah proses serah terima ini, rusun ini bisa langsung dihuni oleh para pekerja. Rusun ini spesifikasinya sangat lengkap terutama meubelair dan fasilitasnya. Rusun ini nanti akan menjadi percontohan bagi rusun yang lain. Saat ini, wisata di Banten seperti Pantai Carita, Anyer sudah mulai ramai dan akan terus membaik seiring dengan adanya fasilitas penunjang bagi produktivitas pekerja,” jelas Endra.

Fasilitas meubelair yang disediakan merupakan kebutuhan dasar untuk tempat tinggal seperti 124 unit tempat tidur tingkat, 124 unit lemari pakaian, 248 unit meja dan kursi, 4 unit lemari satu pintu bagi difabel, 4 unit tempat tidur single bagi difabel, kursi dan meja khusus difabel masing-masing 4 unit. Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan BUMD Pemkab Pandeglang bersama Banten West Java sedang menyusun mekanisme persyaratan bagi pekerja pariwisata yang akan menjadi penyewa rusun.

Irna berharap rusun ini bisa menampung semua pekerja yang berada di wilayah KEK Tanjung Lesung sehingga akan lebih produktif dan bisa menghemat waktu, tenaga serta biaya para pekerja.

Sehabis serah terima, minggu depan kami akan langsung action dengan menyusun teknis mekanisme persyaratan bagi para pekerja calon penyewa rusun. BUMD Pemkab Pandeglang bersama Banten West Java akan merumuskan biaya yang tentunya harus terjangkau bagi para pekerja yang akan menyewa rusun ini,” kata Irna.

Kepala BP2P Jawa 1 Firsta Ismet mengatakan pihaknya terus mendukung pengembangan KEK Tanjung Lesung di Pandeglang, Banten melalui pembangunan rusun untuk para pekerja pariwisata di wilayah tersebut. Rusun ini, kata Firsta merupakan upaya pemerintah untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan yang ada sekaligus untuk mempermudah koordinasi pengelola kawasan dengan para pekerja.

“Rusun ini memiliki banyak manfaat, selain tadi untuk menumbuhkan semangat dan produktivitas pekerja juga memperpendek jarak tempuh pekerja dari 12 km menjadi 4km dan menekan biaya transportasi hingga 50 persen. Dengan 64 unit kamar, rusun ini bisa menampung 252 orang,” kata Firsta.

Senada dengan Firsta, Kepala Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Banten, Haryo Wacono berharap dengan adanya fasilitas Rusun Banten Jawa West Java TDC KEK Tanjung Lesung, para pekerja pariwisata akan semakin terpacu untuk meningkatkan kinerja dan performanya demi kemajuan kawasan KEK Tanjung Lesung.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…