Irjen Kementan dan Forkopimda Sanggau Siap Jaga Pangan untuk Masa Depan

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 30 Juli 2022 - 19:56 WIB

Irjen Kementan saat di Kalimantan Barat
Irjen Kementan saat di Kalimantan Barat

INDUSTRY.co.id-Sanggau - Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian (Irjen Kementan), Jan Samuel Maringka bersama Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sanggau siap membangun kolaborasi bersama dalam menjaga pangan nasional.

Diantaranya dengan meningkatkan produksi pertanian dan memperketat pengawasan makanan yang memiliki potensi berbahaya bagi kesehatan manusia.

"Yang pasti bagi kami kedaulatan pangan itu harus menjadi komitmen bersama. Dan untuk mencapainya kita tidak harus melalui gerakan besar, tapi dengan yang kecil juga bisa kita lakukan asalkan bersama-sama," ujar Jan Maringka di Kantor Bupati Sanggau, Kalimantan Barat, Jumat, 29 Juli 2022.

Jan mengatakan, peranan Forkopimda dalam meningkatkan ketahanan pangan sangalah penting, terutama dalam menjaga pangan masa depan. Pemahaman tersebut harus menjadi pemahaman bersama untuk kepentingan masa depan bangsa.

"Yang mempertahankan negeri kita adalah ketahanan pangan. Jadi ini perlu disadarkan kembali. Menjaga pangan adalah menjaga eksistensi negeri ini," katanya.

Jan berharap, forkopimda dapat memperkuat berbagai program pertanian seperti penguatan cadangan pangan, peningkatan produksi pertanian maupun pengawasan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Sanggau.

"Kita berharap juga program program pertanian tidak ada hambatan-hambatan sehingga target pembangunan pertanian bisa tercapai," katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyampaikan terimakasih atas perhatian dan arahan Irjen Kementan dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional. Dia berharap pertemuan ini menjadi penguat sinergitas bersama dalam menjaga pangan bangsa.

"Perlu komitmen bersama agar petani menjadi raja yang istimewa dari sektor pertanian. Kita bersyukur karena tidak ada orang Sanggau yang mati kelaparan. Orang miskin di Sanggau pun tidak sampai 5 persen dan sebagian besar dari mereka, tinggal di kawasan hutan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sejumlah Tips Jaga Kulit Wajah Terlihat Sehat dan Awet Muda

Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:08 WIB

Sejumlah Tips Jaga Kulit Wajah Terlihat Sehat dan Awet Muda

Memberikan apresiasi terhadap diri sendiri menjadi hal yang penting untuk kita lakukan. Hal ini dikarenakan ketika kita memberikan apresiasi pada diri, kita akan menjadi lebih bersemangat serta…

Ketum IMI Tinjau Mobil Modifikasi Blackstone Live Modz 2022 Milik Atta Halilintar

Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:00 WIB

Ketum IMI Tinjau Mobil Modifikasi Blackstone Live Modz 2022 Milik Atta Halilintar

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo meninjau kesiapan Atta Halilintar bersama #TeamAshiap mengikuti Blackstone Live Modz 2022 'Perang Bintang' OLX…

Penanganan Paus Sperma Sepanjang 16,5m Banyuwangi 3

Jumat, 12 Agustus 2022 - 11:36 WIB

Cerita Penanganan Paus Sperma Sepanjang 16,5 Meter yang Terdampar di Banyuwangi, KKP Beberkan Kronologisnya!

Jakarta– Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Pengelolaan…

Kolaborasi WIR Group dan Batik Semar Hadirkan Warisan Budaya Indonesia di Metaverse

Jumat, 12 Agustus 2022 - 10:40 WIB

Kolaborasi WIR Group dan Batik Semar Hadirkan Warisan Budaya Indonesia di Metaverse

PT WIR ASIA Tbk (WIR Group), perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) terkemuka di Asia Tenggara yang telah mendapatkan…

Kapal pengangkut batu bara (ist)

Jumat, 12 Agustus 2022 - 10:24 WIB

Realisasi Batubara Untuk Kelistrikan Capai 72,94 Juta Ton

Jakarta-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan akan terus menjaga kebutuhan batubara dalam negeri atau Domestic Market Obligation (DMO).