Obor ASEAN Para Games Diambil dari Api Abadi Merapen

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 21 Juli 2022 - 22:56 WIB

Kepala BPSDMI Arus Gunawan beserta jajaran Eselon II melakukan pertemuan dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka
Kepala BPSDMI Arus Gunawan beserta jajaran Eselon II melakukan pertemuan dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

INDUSTRY.co.id, Jakarta, FMB9 - Wali Kota Solo selaku Ketua Indonesia National Paralympic Organization  Comittee (INASPOC), Gibran Rakabuming menyampaikan, pihaknya sedang mempersiapkan diri untuk acara torch relay atau penyalaan api abadi yang akan digelar pada hari Minggu (24/7/22) mendatang. Api untuk torch relay ini akan diambil dari api abadi Merapen, Grobongan.

Hal ini disampaikan Gibran dalam diskusi daring bertema “Indonesia Bidik Juara Umum ASEAN Para Games 2022” yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) Rabu, (20/7/22).

"Ini kita sedang mempersiapkan untuk acara torch relay di hari Minggu besok. Itu acara nanti dimulai di tanggal 24 ya, kita mulai mengambil api di Merapen lalu obornya dibawa sampai ke kota di tanggal 25," imbuhnya.

Gibran mengatakan, acara kirab obor ini melibatkan para mantan atlet para games untuk meramaikan acara.

"Nanti melibatkan para mantan atlet yang akan meramaikan acara torch relay ini juga," ujarnya.

Diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games ke-11 yang akan berlangsung di Kota Solo pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 mendatang.

Gibran mengatakan, venue-venue yang disiapkan sudah memenuhi standar dari para atlet. Sehingga, sejauh ini pihaknya belum menerima komplain apapun.

"Semuanya sudah sesuai standar dari para atlet, sudah tidak ada komplain untuk venue, ya alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar," tandasnya.

Gibran mengatakan, saat ini, Terkait bagaimana Kota Solo mengemas kegiatan ASEAN Para GAMES ini sehingga ramah bagi para disabilitas, Gibran mengatakan, ini merupakan kali kedua kota Solo menyelenggarakan kegiatan serupa.

"Yang jelas ini sudah kedua kalinya kota Solo dipercaya menjadi tuan rumah. Yang jelas di tahun ini kita lebih siap, venuenya lebih siap, fasilitas umumnya lebih siap," ungkapnya.

Selaku tuan rumah, ia berharap, pergelaran ini dapat mengangkat dan meningkatkan perekonomian warga setempat. Sehingga pemulihan ekonomi, dapat dirasakan oleh semua pihak, mulai dari UMKM hingga masyarakat umum.

Gibran menuturkan, hal yang menguntungkan dari ASEAN PARA GAMES  tahun ini adalah lisensi untuk maskot dan logo disediakan gratis. Sehingga, menurutnya, para UMKM bisa berpartisipasi dan menggunakan logonya secara gratis.

"Saya kira ini sangat baik sekali untuk mengangkat perekonomian terutama untuk UMKM," tandasnya.

Selain itu, Gibran mengatakan, pihaknya melibatkan partisipasi para UMKM dan para seniman lokal dalam seluruh pergelaran ini.

"Semua UMKM dilibatkan, produk lokal dilibatkan, seniman-seniman lokal dilibatkan. Saya kira ini impactnya bagi pemulihan ekonomi sangat dirasakan," pungkasnya.

Pemulihan ekonomi di Kota Solo dari adanya event ini, kata Gibran sangat bisa dirasakan oleh semua pihak. Baik itu para pelaku UMKM maupun hotel hingga para rental mobil dan lain sebagainya.

"Pemulihan ekonomi bisa dirasakan oleh semua pihak, baik itu dari UMKM, hotel, rental mobil dan lain-lain insha allah kecipratan dari acara ini," tutupnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…