Kolaborasi IFG dan BPK Gelar Pelatihan Auditable Business Writing

Oleh : Herry Barus | Jumat, 15 Juli 2022 - 15:02 WIB

Indonesia Financial Group IFG
Indonesia Financial Group IFG

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan, dan Investasi berupaya membangun iklim bisnis asuransi, penjaminan dan investasi yang sehat dan sustainable.

Komitmen ini dibangun melalui penguatan internal dalam menyusun laporan sesuai dengan kaidah-kaidah audit. Salah satu kemampuan yang strategis adalah kemampuan komunikasi dalam bentuk penulisan laporan yang efektif, powerful, dan dapat dipertanggungjawabkan dalam proses audit.

Dalam upaya hal tersebut, IFG yang merupakan holding keuangan non-bank terbesar di Indonesia dengan aset kurang lebih Rp 140 triliun (unaudited) melakukan pelatihan Auditable Business Writing yang bertujuan menciptakan layanan keuangan yang lebih sehat dan terjaga dari sisi tata kelola perusahaan yang baik (good governance).

Pelatihan ini difasilitasi oleh IFG Corporate University (IFG Corpu) bekerjasama dengan Badan Diklat PKN BPK RI (BPK Corpu).

“Objektif utama dari kolaborasi penyelenggaraan pelatihan Auditable Business Writing Skill ini adalah peningkatan keterampilan menulis para karyawan secara efektif, powerful, dan dapat dipertanggungjawabkan dalam proses audit dari kegiatan/aktivitas yang sudah dilakukan”, ucap Gita Indriati, Kepala Divisi Pembelajaran dan Budaya IFG, disela-sela pembukaan pelatihan. Auditable Business Writing Skill adalah kemampuan dalam menulis sebuah dokumen bisnis yang tidak hanya ditulis secara efektif tapi juga mampu menyampaikan pesan dengan tepat melalui referensi dan data yang jelas, dan juga dapat dipertanggung jawabkan. Sehingga, jika suatu saat dilakukan proses audit, dokumen yang ditulis tersebut dapat menjadi dasar dan bukti yang valid (auditable), tambah Gita.

Pelatihan internal ini diselenggarakan dalam dua sesi. Sesi pertama telah diselenggarakan pada tanggal 11-12 Juli 2022 dengan pembahasan mengenai Auditable Business Writing yang diikuti oleh karyawan IFG diluar fungsi internal audit. Untuk sesi kedua yang akan dilangsungkan pada tanggal 18-19 Juli 2022 menyasar pada topik Komunikasi Perusahaan dengan tujuan untuk memperkuat proses komunikasi antara auditor internal dan auditor eksternal akan diikuti oleh karyawan holding dan anggota holding di unit internal audit.

Sementara itu Kepala Bidang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan PKN BPK, Dra. Afrilizar Diantini M.Ak. menilai pelatihan ini merupakan upaya dan langkah yang baik dari IFG dalam meningkatkan kemampuan dari karyawannya, khususnya dalam kemampuan komunikasi non-verbal melalui tulisan, yang sering kali menjadi permasalahan hampir di setiap organisasi.

“Kami menyambut baik penyelenggaraan kerja sama pelatihan ini, dan kami harap ke depannya dapat terjalin kerjasama pelatihan untuk topik pelatihan lainnya, dalam upaya peningkatan kompetensi karyawan yang berkaitan dengan bidang pemeriksaan (audit)”, ujar Diantini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.