Aksi Jababeka Ecoweek 2022, Tanam Puluhan Ribu Bibit Vetiver Sepanjang 5 Km

Oleh : Ridwan | Sabtu, 02 Juli 2022 - 09:30 WIB

Jababeka Ecoweek 2022
Jababeka Ecoweek 2022

INDUSTRY.co.id - Cikarang – PT Jababeka Tbk kembali menggelar program kolaborasi pelestarian lingkungan, Jababeka Ecoweek 2022, dengan menanam bibit tanaman vetiver  di bantaran sungai Cilemahabang dan Cipegadungan, Cikarang.

Adapun penanaman bibit tanaman vetiver di lokasi tersebut merupakan bagian dari rangkaian penanaman Vetiver Jababeka sepanjang 5 km dengan total bibit tanaman vetiver mencapai puluhan ribu.

Acara seremonial penanaman tanaman vetiver sendiri diselenggarakan pada Selasa (28/6) di bantaran Sungai Cilemahabang, Kawasan Industri Jababeka fase 2, Cikarang, tepatnya di Jalan Sekolah Hijau di sekitar area Jababeka.

Sementara, tujuan kegiatan Jababeka Ecoweek adalah untuk pembangunan berkelanjutan dan terciptanya Jababeka Green Industrial Estate, khususnya melakukan penyelamatan lingkungan terhadap keberlanjutan daerah sempadan sungai sebagai upaya revitalisasi dan mitigasi erosi, longsor serta banjir di dalam Kawasan Industri Jababeka.

Dalam kegiatan yang bertema “Green Industry in Action” ini, Jababeka Ecoweek 2022 masih memanfaatkan tanaman vetiver dalam upaya pelestarian lingkungan seperti pada tahun 2021 lalu. Hal itu karena tanaman vetiver efektif dalam mengontrol erosi serta sedimentasi tanah.

Tanaman ini dapat memberi manfaat yang baik pada kelembapan dan nutrisi yang tersimpan pada tanah, serta meningkatkan mikro lingkungan sehingga dapat menjadi katalisator mengurai logam berat yang terlarut dalam air sungai. Di mana akar vetiver ditahun pertama bisa mencapai empat meter apabila ditanam dalam kondisi rapat maka dapat memperbaiki struktur tanah dan menyaring sendimen di sungai.

"Tanaman vetiver dapat menahan gempuran aliran hujan deras dan menjaga kestabilan tanah sebagai langkah upaya mitigasi bencana," jelas Agung Wicaksono, selaku Managing Director Jababeka Infrastruktur, dalam sambutannya.

Selain itu, karena pilot project perdana penanaman 10.000 bibit tanaman vetiver di pinggiran Kali Ulu pada 2021 lalu relatif berhasil. Di mana sekarang semua tanaman vetiver sudah setinggi dua meter.

Seperti diketahui, ketinggian dari tanaman vetiver berbanding lurus dengan panjang akarnya. Artinya, jika tinggi tanaman vetiver sudah mencapai dua meter, maka panjang akarnya juga telah mencapai sekitar dua meter. Alhasil, otomatis, proses erosi dan sedimentasi bakal minim terjadi.

Dalam pelaksanaan Jababeka Ecoweek 2022 ini, dihadiri oleh perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat dan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung - Cisadane, yang menjadi bukti pemerintah daerah dan instansi terkait mendukung penuh Jababeka dalam upaya menjaga serta merawat lingkungan di Kawasan Industri Jababeka.

Di samping itu, Jababeka Ecoweek 2022 didukung juga oleh delapan kontributor yang merupakan tenant Kawasan Industri Jababeka, yaitu Kao, Mane, BNI, Nippon Steel, Hanes, Hitachi Astemo, Komatsu dan Dexa.

Eko Priastono selaku Analis Kebijakan Ahli Madya dari DLH Provinsi Jawa Barat menyambut positif program Jababeka Ecoweek dan meyakini penanaman tanaman vetiver sepanjang 5 km bisa membantu menjaga kelestarian ekosistem lingkungan di dalam Kawasan Industri Jababeka dan desa yang berada di sekitarnya

“Berbahagia sekali melihat antusiasme pada kegiatan ini dalam meningkatkan lingkungan menjadi lebih baik. Pada 5 Juni lalu, yang dirayakan sebagai Hari Lingkungan Sedunia, kita diingatkan bahwa kita bumi merupakan satu-satunya tempat kita tinggal dan kita perlu merawatnya agar bumi menjadi tempat yang lebih baik. Dengan kegiatan penanaman vetiver ini, kami menyambut baik, luar biasa. Semoga program Jababeka Ecoweek terus dilakukan, demi menjaga lingkungan,” terang Eko, dalam sambutannya.

Hal senada juga disampaikan oleh Aditya dari PT Hitachi Astemo selaku perwakilan kontributor Jababeka Ecoweek. Ia pun berharap program Jababeka Ecoweek bisa terus dilakukan dan pada tahun mendatang semakin banyak tenant yang ikut berkontribusi.

“Tanaman vetiver merupakan tanaman yang cukup simpel tapi manfaatnya banyak dan maintenance-nya mudah. Dan, kami sebagai perwakilan tenant, mengucapkan terima kasih sudah diberikan kesempatan untuk berkontribusi. Harapan kami, kegiatan ini bisa terus berlanjut untuk menjaga lingkungan sama-sama, yaitu tempat kita sama-sama bekerja,” terang Aditya.

Menanggapi semua itu, Agung Wicaksono, menyampaikan apresiasi kepada semua pihak dan stakeholder atas dukungan Jababeka Ecoweek 2022, terutama tenant-tenant Kawasan Industri Jababeka.

Ia menerangkan bahwa Kawasan Industri Jababeka merupakan “rumah bersama”, sehingga, sudah seyogyanya untuk dijaga dan dirawat bersama-sama agar semua pihak nyaman ketika beraktivitas maupun bekerja di dalam kawasan.

Agung pun yakin dengan kerja sama yang telah terjalin baik antara pengelola kawasan, tenant, masyarakat, pemerintah, NGO lingkungan maka akan makin memudahkan dalam menjaga dan merawat ekosistem lingkungan di Kawasan Industri Jababeka, khususnya dari ancaman erosi, banjir maupun longsor.

“Menjadi kawasan industri yang ramah lingkungan dan bebas dari limbah-limbah yang merusak lingkungan, serta bebas dari ancaman bencana alam (erosi, banjir maupun longsor) merupakan tujuan kami. Dengan penanaman tanaman vetiver sepanjang 5 km pada Jababeka Ecoweek 2022 kali ini, artinya kita sudah beberapa langkah menuju terciptanya Green Industrial Estate. Karena salah satu visi Jababeka adalah kami ingin Kawasan Industri Jababeka menjadi pioneer dalam green industrial estate,” tutup Agung Wicaksono.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Sumut (Foto Ist)

Kamis, 29 September 2022 - 20:24 WIB

Perbesar Kredit ke Sektor Riil, Bank Sumut Siap Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Medan– Provinsi Sumatera Utara memiliki potensi ekonomi yang cukup besar, karena menjadi basis berbagai komoditas unggulan nasional serta sentra manufaktur di luar Pulau Jawa.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto Doc Golkar

Kamis, 29 September 2022 - 20:14 WIB

Ekonomi Digital Indonesia akan Capai 150 Miliar US di 2025, Pemerintah Harus Siapkan Infrastruktur dan Tingkatkan SDM

Jakarta - Pertumbuhan Ekonomi digital akan sangat dinikmati oleh kaum muda Indonesia. Untuk itu, pemerintah diminta tidak hanya menyiapkan infrastruktur, tetapi juga meningkatkan sumber daya…

Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pertemuan kedua elite itu dijadwalkan pada bulan lalu, namun tertunda. Doc DPR

Kamis, 29 September 2022 - 20:06 WIB

Pertemuan Airlangga-Puan Bakal Buka Peluang Koalisi Pilpres 2024

Jakarta- Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pertemuan kedua elite itu dijadwalkan pada bulan lalu,…

forum diskusi bertema “Kelola Rencana Keuangan Ala Milenial Miliki Properti,”

Kamis, 29 September 2022 - 19:48 WIB

Synthesis Huis Berikan Solusi Keuangan Bagi Executive Milenial untuk Miliki Rumah di Jakarta

Hadirnya Synthesis Huis di wilayah Cijantung, Jakarta Timur dapat dijadikan pilihan hunian bagi semua kalangan termasuk executive milenial. Hal ini diungkapkan oleh Managing Director Synthesis…

dr. Amin Tjubandi, Sp.BTKV(K) dan dr. Hasril Hadis, Sp.JP(K), FIHA

Kamis, 29 September 2022 - 19:36 WIB

Diperlukan Penanganan Cepat untuk Serangan Jantung, Cardiac Ward RS Premier Jatinegara Jadi Andalan

Bertepatan dengan hari jantung sedunia Rumah Sakit Premier Jatinegara (RSPJ) bersama dengan tim Cardiac Center menggelar media gathering sekaligus seminar kesehatan jantung. Acara ini bertujuan…