ELSA Speak Tingkatkan Keterampilan Bahasa Inggris SDM Pariwisata Indonesia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 30 Juni 2022 - 15:52 WIB

ELSA Speak Tingkatkan Keterampilan Bahasa Inggris SDM Pariwisata Indonesia
ELSA Speak Tingkatkan Keterampilan Bahasa Inggris SDM Pariwisata Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Transisi penanganan COVID-19 dari pandemi menjadi endemi telah membawa harapan baru bagi sektor pariwisata Indonesia. Untuk mendukung hal tersebut,  ELSA (English Learning Speech Assistant) Speak, salah satu platform pelatihan bahasa inggris kelas dunia (dinobatkan oleh Forbes sebagai top 5 best AI in the world by research snipers) yang menerapkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan pengenalan suara (speech recognition), ikut berkontribusi melalui kerja sama dengan hotel dan lembaga pelatihan hospitality dalam peningkatan keterampilan bahasa Inggris sumber daya manusia (SDM) pariwisata sebagai bentuk dukungan terhadap pemulihan sektor pariwisata di Indonesia.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, ada sekitar 409 ribu tenaga kerja di sektor pariwisata kehilangan pekerjaan akibat pandemi COVID-19.  Untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) aktif mengembangkan inovasi strategi pembangunan dan pengembangan, baik dari sisi sarana dan prasarana maupun sumber daya manusia untuk keberlangsungan industri kepariwisataan. Dengan demikian, pendidikan dan pelatihan di bidang pariwisata memberikan kontribusi yang sangat besar dalam menciptakan SDM pariwisata yang handal dan profesional.

Mendukung pemulihan sektor pariwisata melalui pendidikan dan pelatihan SDM, ELSA Speak berkolaborasi dengan beberapa hotel di Indonesia, seperti Avenze Hotel, dan Vasa Hotel Surabaya serta lembaga pelatihan hospitality terkemuka, yaitu Bina Mutu Bangsa untuk meningkatkan kualitas SDM dengan pelatihan bahasa Inggris. Komitmen ini sudah berjalan dan telah diikuti oleh lebih dari ratusan karyawan di industri hospitality dan secara bertahap akan terus bertambah.

“Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang sangat terdampak dengan adanya pandemi COVID-19. Oleh karena itu, untuk pemulihan sektor pariwisata membutuhkan persiapan yang sangat matang, termasuk kesiapan SDM pariwisata sebagai penggerak. Dengan demikian, langkah strategis kami melalui pelatihan dan pendidikan bahasa Inggris kepada SDM pariwisata dilakukan sebagai bentuk upaya kami dalam mendukung kemajuan pariwisata di Indonesia,” ujar Yasser Muhammad Syaiful, selaku Country Manager ELSA Speak Indonesia

Di era saat ini, bahasa Inggris merupakan bahasa yang universal yang dapat digunakan untuk memajukan pariwisata di Indonesia. Komitmen ELSA Speak untuk berkolaborasi kepada pelaku pariwisata seperti hotel dan pelatihan hospitality diharapkan mampu meningkatkan potensi terbaik pariwisata Indonesia sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan perekonomian negara.

 

“Untuk jangka panjang, majunya pariwisata Indonesia melalui kemampuan bahasa Inggris tidak hanya akan menguntungkan dari segi ekonomi, tentunya akan membawa kebiasaan baik kepada masyarakat di luar sektor pariwisata untuk semakin semangat dalam meningkatkan keterampilan bahasa Inggris. Dengan demikian, peluang di Internasional untuk masyarakat Indonesia semakin terbuka secara luas dan mampu memenangi persaingan secara global, dan kami berharap bentuk kerja sama BMB dengan ELSA Speak menjadi wujud nyata untuk meningkatkan kualitas SDM di bidang pariwisata” tambah Adjie Gumelar selaku CEO Bina Mutu Bangsa.

ELSA Speak akan berfokus dalam membantu perusahaan-perusahaan yang bergerak di industri hospitality untuk peningkatan kualitas SDM melalui pelatihan bahasa Inggris secara modern dengan membuat personalisasi pembelajaran bagi setiap SDM. Dengan fitur pengenalan suara dan kecerdasan buatan yang dimiliki ELSA, karyawan dapat berlatih dan berkomunikasi setiap hari. Selain itu, pemimpin SDM dapat memantau secara langsung peningkatan setiap SDM dengan menggunakan dashboard ELSA Speak secara komprehensif agar investasi dalam pelatihan memiliki hasil yang baik dan terukur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. meraih penghargaan dari organisasi independen internasional atas upaya perseroan dalam penerapan ekonomi hijau untuk memerangi perubahan iklim.

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:07 WIB

Keren! BTN Raih Apresiasi dari Carbon Disclosure Project

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. meraih apresiasi dari Carbon Disclosure Project (CDP) atas partisipasi, inisiatif, dan konsistensi perseroan dalam menerapkan berbagai strategi…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:54 WIB

Strategi Sukses Swasembada Beras Perlu Diadopsi untuk Komoditas Pangan Lain

Jakarta- Indonesia menerima penghargaan dari Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI) karena telah memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan berhasil swasembada beras pada periode…

SUCOFINDO Dukung Kemenperin Optimalkan Penyerapan Garam Lokal Tahun 2022

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:32 WIB

Sucofindo Dukung Kemenperin Optimalkan Penyerapan Garam Lokal Tahun 2022

Jakarta- PT Sucofindo mendukung Kementerian Perindustrian dalam optimalisasi penyerapan garam lokal, yaitu melalui verifikasi neraca komoditas garam.

Minyak makan merah

Senin, 15 Agustus 2022 - 17:52 WIB

MenKopUKM Sebut Minyak Makan Merah Bakal Diserap Pasar Tahun 2023

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki memastikan produk minyak makan merah akan diserap oleh pasar setelah proyek uji coba atau piloting project pengembangannya ditargetkan rampung…

 Kawasan Kelayan Barat

Senin, 15 Agustus 2022 - 17:40 WIB

Penataan Ulang Kawasan Kumuh Kelayan Barat di Banjarmasin Habiskan APBN Sebesar Rp44 Miliar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan kawasan kumuh Kelayan Barat di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kegiatan peningkatan kualitas permukiman…