Menparekraf Ajak Masyarakat Pulau Kelapa Kepulauan Seribu Gali Potensi Parekraf

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 29 Juni 2022 - 18:15 WIB

Pulau Kelapa di Kepulauan Seribu (Foto: Kemenparekraf)
Pulau Kelapa di Kepulauan Seribu (Foto: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Pulau Kelapa masuk ke dalam 100 besar desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Oleh karena itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menginginkan masyarakat di Pulau Kelapa untuk terus menggali potensi wisata dan ekonomi kreatif di pulau yang masuk di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta tersebut.

“Karena setelah pengumuman 50 besar ADWI 2022, saya langsung konsultasi dengan dewan juri, ini nilainya bedanya sedikit sekali dengan desa wisata Pecinan Glodok. Untuk itu saya ingin mengapresiasi dan hadir langsung untuk menggali potensi parekraf di sini,” katanya melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, Pulau Kelapa menjadi salah satu destinasi wisata bahari terbaik di Kabupaten Kepulauan Seribu. Sehingga diharapkan potensi yang ada di salah satu pulau yang padat penduduk itu mampu menciptakan lapangan kerja baru untuk membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja. 

“Pulau Kelapa, menjadi salah satu destinasi terbaik di Pulau Seribu yang masuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Kami bersama pemerintah daerah tugasnya untuk hadir menyetarakan pembangunan SDM dan menyejahterakan masyarakat yang di Kepulauan Seribu, agar sama seperti kelurahan lainnya yang ada di DKI Jakarta,” ujarnya. 

Menparekraf Sandiaga mengatakan, cara terbaik untuk membuka lapangan kerja adalah dengan menggali potensi wisata dan ekonomi kreatif. Lantaran sektor parekraf mampu membuka enam kali lipat lapangan kerja dibanding sektor lainnya.

“Ayo kita terus kembangkan. Pulau Kelapa harus dijaga keberlanjutannya, pengelolaan sampahnya, potensi kuliner, kriya, pengelolaan limbah, dan pengelolaan energi baru dan terbarukan sebagai layanan dukungan destinasi berkelanjutan,” katanya.

Menparekraf Sandiaga merekomendasikan untuk wisatawan berwisata di Pulau Kelapa, lantaran potensi wisata bahari yang indah dan juga lokasinya yang dekat dengan Ancol atau hingga Kota Tangerang. Bisa ditempuh hanya 1,5 jam dari Dermaga Ancol. 

Menparekraf sempat menikmati keindahan bahari Pulau Kelapa dengan berenang sejauh 500 meter dari perahu yang ia tumpangi ke Dermaga Pulau Kelapa.

“Karena kalau kita lihat wisata ke puncak itu bisa berjam-jam namun kalau ke Pulau Seribu hanya 1,5 jam dan wisatawan bisa menikmati keindahan bahari, kuliner, budaya, dan yang menarik pencampuran multietnis di sini dan sebagai pulau terpadat yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir (ist)

Selasa, 09 Agustus 2022 - 06:30 WIB

Menteri Erick Thohir: BUMN Motor Pertumbuhan Ekonomi dan Pembukaan Lapangan Kerja

"Sebagai sepertiga kekuatan ekonomi Indonesia, sudah seyogyanya BUMN jadi motor penggerak ekonomi dan pembukaan lapangan kerja bagi masyarakat. Terlebih di masa sulit akibat pandemi dan ketidakpastian…

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani

Selasa, 09 Agustus 2022 - 06:04 WIB

Menkeu Sri Mulyani: RAPBN 2023 akan Dirancang Fleksibel untuk Redam Guncangan Ekonomi Global

Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2023 akan dirancang agar mampu menjaga fleksibilitas dalam mengelola gejolak perekonomian dan ketidakpastian global yang terjadi…

Markas Komando Korps Marinir Terima Kunjungan Walikota Tidore Ali Ibrahim

Selasa, 09 Agustus 2022 - 06:00 WIB

Markas Komando Korps Marinir Terima Kunjungan Walikota Tidore Ali Ibrahim

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto menerima kunjungan Wali Kota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim di Gedung Utama Markas Komando Korps Marinir (Mako…

Putra Batak Kolonel Marinir Samson Sitohang Komandan Denjaka

Selasa, 09 Agustus 2022 - 05:45 WIB

Putra Batak Kolonel Marinir Samson Sitohang Komandan Denjaka

Komandan Korps (Dankormar) memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Detasemen Jalamangkara (Dandenjaka) dari Kolonel Marinir Kresno Pratowo, S.E., M.M., M.Han., kepada Kolonel…

Pangkostrad Letjen TNi Maruli Simanjuntak Terima Kunjungan Kepala Staf Angkatan Darat Jepang

Selasa, 09 Agustus 2022 - 05:15 WIB

Pangkostrad Letjen TNi Maruli Simanjuntak Terima Kunjungan Kepala Staf Angkatan Darat Jepang

Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. menerima kunjungan Kepala Staf Angkatan Darat Jepang Jenderal Yoshida Yoshihide, bertempat di Markas Kostrad (Makostrad),…