Hasil Studi Ungkap Pengiklan di Indonesia Beradaptasi dengan Aturan Privasi Data Baru Melalui Penargetan Iklan Alternatif

Oleh : Herry Barus | Jumat, 24 Juni 2022 - 09:19 WIB

InMobi, penyedia konten, monetisasi, dan teknologi pemasaran
InMobi, penyedia konten, monetisasi, dan teknologi pemasaran

INDUSTRY.co.id - Jakarta— InMobi, penyedia konten, monetisasi, dan teknologi pemasaran terkemuka yang membantu pertumbuhan bisnis, hari ini merilis hasil studi yang dilakukan oleh Forrester Consulting tentang “Masa Depan Periklanan Seluler dalam Mengatasi Penghentian Data dan Identitas” (Future of Mobile Advertising in Tackling Data and Identity Deprecation). Studi ini menelaah  dampak privasi data pada periklanan di Indonesia, menawarkan pemahaman mendalam tentang kesiapan pelaku bisnis dan rencana tindakan mereka di tengah perkembangan privasi data konsumen.

Studi ini menemukan bahwa dari sejumlah perusahaan di Indonesia yang bergerak di bidang periklanan, 17% berada di tahap awal dan 46% berada di tahap menengah terkait kematangan praktik manajemen privasi data konsumen. Hanya 37% perusahaan yang mengklaim kematangan dalam menyeimbangkan privasi data konsumen dan keterlibatan pelanggan yang dipersonalisasi, serta dalam memberikan solusi yang berarti bagi klien mereka.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa 90% responden (terdiri dari pengambil keputusan bisnis) di Indonesia percaya bahwa mengingkatkan jangkauan dan konversi untuk meningkatkan profitabilitas menjadi prioritas yang sangat penting dalam pemasaran. Hal ini kemudian menyangkut pada tantangan terkait privasi, di mana 65% responden mengakui kemampuan pengguna untuk memblokir pengenal mereka terhadap pengiklan (identifier for advertisers/IDFA) sebagai tantangan utama pemasaran.Saat berbicara tentang laporan tersebut, Rishi Bedi, Managing Director untuk Asia Pasifik di InMobi, berkomentar, “Ekosistem periklanan di Indonesia menunjukkan tingkat kesiapan yang moderat terhadap data dan identitas. Publisher di kawasan ini lebih maju dalam praktik privasi data konsumen daripada brand dan agensi media yang tampaknya berjuang untuk membangun budaya yang menghargai privasi dan mengikuti peraturan yang ada. Memperoleh dukungan eksekutif untuk pengelolaan data dan program tata kelola yang baik dapat membantu bisnis mengatasi tantangan ini.”

Studi ini membagikan wawasan tambahan tentang kekhawatiran pengiklan terkait pedoman privasi data baru, serta persepsi mereka tentang opsi penargetan iklan alternatif di masa mendatang:

•             63% responden menyoroti bahwa perhatian utama pada penghapusan identitas iklan secara bertahap adalah ketersediaan data berkualitas untuk membangun persona konsumen atau memahami atribut ekonomi.

•             59% responden menyatakan khawatir atas ketidakmampuan untuk mengambil tindakan atas data pembeli dan pelanggan.

•             46% responden sudah menggunakan penargetan kontekstual sebagai metode iklan alternatif untuk menyajikan pesan yang dipersonalisasi kepada konsumen berdasarkan demografi, preferensi, dan perilaku dalam aplikasi.

•             35% responden melakukan penargetan berbasis aturan yang memungkinkan bisnis beralih pengalaman aplikasi berdasarkan "aturan" seperti geografi pengguna, sistem operasi, browser, perangkat, dan lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pradesain Ibu Kota Baru

Rabu, 06 Juli 2022 - 14:23 WIB

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan: Pemda Diminta Stop Pemberian Perizinan Dikawasan IKN

Jakarta – Pembangunan fisik akan dimulai bulan agustus 2022 di IKN dan akan terus berlanjut pasca disahkannya UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Pemusik Leon Travis

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:51 WIB

Pemusik Leon Travis Meng-Country di Tanah Amerika

Tidak banyak musisi country di Indonesia yang konsisten mengeluarkan karyanya selama 5 tahun terakhir.

Artis Bintang Darmawan

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:40 WIB

Bintang Darmawan, dari Di Bully Akhirnya Tunjukan Prestasi Dengan Mengeluarkan Single Bintang Di Hatimu karya Bemby Noor

Industry musik Indonesia tidak pernah kekurangan talent baru yang potensial meramaikan pasar musik yang sempat tiarap akibat wabah Pandemi Covid 19 yang nyaris tembus 3 tahun. Adalah Bintang…

Ilustrasi ACT

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:38 WIB

Soroti Dugaan Penyimpangan Dana Umat ACT, DPR Minta Adanya Sanksi Tegas

Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menanggapi tentang Kasus masalah penyelewengan dana donasi yang dilakukan lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT). Menurutnya, oknum yang melakukan…

Kolaborasi CIMB Niaga dan KB Bukopin Perluas Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu di Jaringan ATM Bersama

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:28 WIB

Kolaborasi CIMB Niaga dan KB Bukopin Perluas Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu di Jaringan ATM Bersama

Tangerang Selatan-PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) bersama PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) dan PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) hari ini meresmikan Implementasi Layanan Tarik…