Pelaku Usaha Akui Manfaat Gernas BBI Bagi IKM

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 21 Juni 2022 - 07:34 WIB

diskusi daring bertajuk "BBI Jurus Kunci Bangkitkan Gairah IKM" yang diadakan oleh Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) di Jakarta, (20/6/22), Ravie menceritakan pengalamannya.
diskusi daring bertajuk "BBI Jurus Kunci Bangkitkan Gairah IKM" yang diadakan oleh Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) di Jakarta, (20/6/22), Ravie menceritakan pengalamannya.

INDUSTRY.co.id, Jakarta, FMB9 - Pemilik Rafin's Snack, M. Ravie Cahya Ansor, salah satu pengelola Industri Kecil Menengah (IKM) di Lampung mengakui manfaat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) bagi dunia usaha, terutama untuk usaha kategori kecil dan menengah.

Gernas BBI sendiri merupakan program yang dicanangkan oleh pemerintah sebagai upaya membangkitkan kembali dunia perekonomian, terutama bagi dunia usaha berskala kecil dan menengah setelah sempat gulung tikar akibat dihantam badai pandemi.

Ravie  Cahya  Ansor  mengungkap  dan  mengakui  beberapa manfaat  Gerakan Nasional BBI bagi usaha yang ia geluti, salah satunya terkait percepatan promosi produk miliknya lewat media sosial.

Dalam diskusi daring bertajuk "BBI Jurus Kunci Bangkitkan Gairah IKM" yang diadakan oleh Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) di Jakarta, (20/6/22), Ravie menceritakan pengalamannya.

"Yang paling berasa itu adalah percepatan promosi bagi IKM. Misalkan, kita ingin memiliki Instagram yang menarik saat masuk ke pasar digital, butuh foto dulu nih yang menarik, gitukan," ungkapnya.

"Foto itu ada dua opsi, antara dibuatkan oleh profesional atau oleh hp sendiri. Kalau pake hp sendiri hasilnya kan kurang bagus. Tapi ternyata, di GNBBI difasilitasi, jadi dapat foto gratis nih. Nah soal problem percepatan dapat di atasi," tambahnya.

Demikian dengan video, Di Gernas BBI, kata Ravie, produknya dibantu lewat tayangan video dengan kualitas yang baik, yang kalau itu dibikin sendiri akan menguras biaya yang tidak sedikit.

"Jadi  di  Gernas  BBI  ini  kita  difasilitasi  dari  fotonya,  videonya  hingga  profil

company. Ini sangat membantu produk-produk kita dikenal pelanggan. Kalau tidak difasilitasi, lumayan, kita juga harus menyisihkan anggaran ratusan hingga jutaan," bebernya.

Tak hanya soal promosi, Ravie juga mengatakan, Gernas BBI mengutus utusannya untuk melakukan pembinaan yang intens dan rutin dalam pengelolaan produk.

Hal itu sangat membantu percepatan produksi usahanya, dari yang sebelumnya membutuhkan waktu bertahun-tahun tetapi sekarang tidak membutuhkan waktu yang relatif lama dan sangat efektif.

Sementara itu soal omzet atau keuntungan, Ravie tidak memberi jawaban pasti. Ia hanya mengatakan, produknya lebih dikenal oleh masyarakat atas bantuan Gernas BBI.

"Penjualan kita tinggi. Tapi kita yang pasti kita diberikan akses digitalisasi yang luas. Kita punya market place di berbagai platform dan mudah diakses oleh pelanggan," jelasnya.

Soal optimisme IKM memenuhi kebutuhan produk lokal, sebagaimana terus didorong Presiden Jokowi, Ravie mengatakan, pihaknya terus membangun komitmen dan meningkatkan kualitas produk.

"Soal siap atau tidak siap, yang pasti kami selalu siap. Soal apakah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, saya kira IKM itu banyak, tinggal sekarang, bagaimana masing-masing IKM mempertahankan qualitas dan quantitas produknya," tukasnya.

Kalau di Rafin's sendiri kita selalu meningkatkan Quality control di setiap produk. Misal, kalau kita produk sepuluh, ya itu berbeda quality control kalau kita produksi 20 biji," tutupnya.

Diskusi during bertema "BBI Jurus Kunci Bangkitkan Gairah IKM berlangsung selama 2 jam. Hadir sebagai pembicara antara lain, Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin, Reni Yanita, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Lampung, Ir. Kusnadi, M.Agr.EC dan Pemilik Rafin's Snack, M. Ravie Cahya Ansor.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…