TRIS Catatkan Kenaikan Penjualan Ekspor Sebesar 58,7% YoY di Kuartal I-2022

Oleh : Hariyanto | Jumat, 03 Juni 2022 - 19:21 WIB

PT Trisula International Tbk (TRIS)
PT Trisula International Tbk (TRIS)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Trisula International Tbk (TRIS), emiten integrated apparel provider yang bergerak di bidang tekstil dan garmen, berhasil mencatatkan penjualan Rp324,96 miliar atau naik sebesar 26,7% YoY pada Kuartal I-2022.

Pertumbuhan ini terutama dikontribusi oleh penjualan ekspor yang meningkat 58,7% YoY pada Kuartal I-2022, sejalan dengan pulihnya perekonomian global dan permintaan pasar USA, Australia, dan New Zealand.

"Melihat pemulihan pasar global, kami bersyukur kinerja TRIS mulai meningkat dan pulih dari dampak pandemi Covid-19 yang dirasakan dalam dua tahun terakhir ini," kata Widjaya Djohan selaku Direktur Utama TRIS yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (3/6/2022).

"Kami optimis dengan perencanaan dan strategi bisnis 2022 yang telah ditetapkan, TRIS akan dapat melebihi target yang telah ditentukan sampai dengan H1-2022. Terbukti dari TRIS yang juga mencatatkan laba bersih sebesar Rp16,97 miliar atau naik 478,3% YoY pada Kuartal I-2022. Walaupun demikian, kami tetap harus waspada terhadap inflasi dan ketidakpastian perekonomian dunia. Kami juga cukup terdampak dari kenaikan harga freight dan terhambatnya logistik bahan baku akibat dari lockdown di China," imbuhnya.

Penjualan ekspor yang merupakan 69% dari total penjualan, didominasi oleh pasar USA, Australia, dan New Zealand. Pembukaan pembatasan sosial di negera-negara tersebut berperan besar terhadap kinerja Perseroan, dimana terdapat peningkatan permintaan yang cukup signifikan. TRIS mencatat peningkatan penjualan ke USA sebesar 69%, serta peningkatan penjualan ke Australia dan New Zealand sebesar 31% YoY pada Kuartal I-2022.

Penjualan segmen ritel TRIS meningkat 39,7% YoY pada Kuartal I-2022 sebagai dampak langsung dari pelonggaran pembatasan sosial di Indonesia, dimana masyarakat mulai berbelanja baik secara online maupun offline. Dalam rangka memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi ini, TRIS melalui Entitas Anaknya akan membuka titik-titik penjualan baru dalam upaya menjangkau pasar dan peningkatan kinerja penjualan.

Walaupun kinerja segmen ritel mulai meningkat, namun total penjualan lokal tercatat menurun, hal ini terutama dikontribusi oleh penurunan segmen seragam sebesar 47,0% YoY pada Kuartal I-2022 dengan masih adanya penundaan proyek seragaman baik pada sektor swasta maupun pemerintahan.

Dengan mulai pulihnya perekonomian Indonesia dan pelonggaran pembatasan sosial dimana airlines, hospitality, dan lifestyle yang mulai normal pada tahun ini, maka diharapkan permintaan pengadaan seragam juga mulai membaik.

“Ke depan kami berkomitmen untuk terus mencari peluang dan menambah jaringan pasar lokal maupun global sehingga TRIS dapat meningkatkan kinerja dan bisnisnya secara berkesinambungan, dengan mengedepankan produk berkualitas, inovasi, efisiensi, serta kerpercayaan pelanggan,” tutup Widjaya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.