BCA Senantiasa Bergerak Bagi UMKM Indonesia

Oleh : Herry Barus | Jumat, 03 Juni 2022 - 09:09 WIB

BCA Senantiasa Bergerak Bagi UMKM Indonesia
BCA Senantiasa Bergerak Bagi UMKM Indonesia

INDUSTRY.co.id - Banten– Peranan berbagai pihak dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional hingga saat ini masih terus dilanjutkan seiring dengan semakin membaiknya kondisi akibat Covid-19. Upaya tersebut pun senantiasa dilakukan oleh PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) sebagai institusi keuangan yang mengedepankan perekonomian nasional. Terbaru, BCA turut mengambil bagian dalam kegiatan Karya Kreatif Banten yang diinisiasi oleh Bank Indonesia Banten.

Seremoni peluncuran kegiatan Karya Kreatif Banten (KKB) dilakukan di kawasan Summarecon Mall Serpong yang dihadiri oleh Penanggungjawab Gubernur Bank Indonesia Juda Agung, Gubernur Banten Al Muktabar dan Kepala BCA KCU Serang Budiman Sugianto pada beberapa waktu lalu. Kegiatan ini pun disemarakan dengan berbagai aktivitas menarik yang dapat dikunjungi secara umum khususnya pengunjung mall. Sekurangnya 500 pengunjung menghadiri kegiatan tersebut dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

 

“Kami bangga dapat menjadi bagian dari motor penggerak perekonomian nasional khususnya melalui pengembangan UMKM di kawasan Banten. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa provinsi Banten juga memiliki potensi yang besar terutama untuk produk-produk UMKM yang kaya akan nilai heritage dan islamiah. BCA berkontribusi dengan menghadirkan booth menarik serta kegiatan business matching yang dapat menjadi peluang baik untuk UMKM mendapatkan bantuan permodalan,” ujar Budiman.

Penyelenggaraan Karya Kreatif Banten diramaikan melalui sejumlah aktivitas interaktif di mall seperti talkshow, fashion show modest & heritage Banten, berbagai booth fashion serta food & beverage dan kegiatan business matching yang menjadi sarana bagi UMKM untuk go digital go international. Kegiatan ini juga telah mengusung konsep digital yang akan melatih penggerak UMKM untuk beradaptasi dengan kebiasaan berinteraksi digital.

BCA hadir melalui booth menarik bagi UMKM yang tertarik untuk mengepakan sayap bisnis baik secara nasional maupun internasional. BCA pun telah melakukan sosialisasi bagi pelaku bisnis UMKM sekitar Banten untuk fasilitas pembiayaan usaha. Sebagai perbankan nasional, BCA berkomitmen untuk memberikan pendampingan bagi UMKM baik itu untuk business matching secara internasional maupun pengembangan bisnis salah satunya melalui program BanggaLokal.

 

Sebagai bentuk upaya digitalisasi UMKM, penyelenggara juga telah melaksanakan kegiatan sebelum puncak acara yaitu sosialisasi melalui kegiatan Pentas QRISawarna (Perluasan Implementasi QRIS Warga Banten Jawara, Launching Mall dan Pasar Jawara SIAP QRIS dan Webinar Ekonomi dan Keuangan Digital.

 

Sejalan dengan program tersebut, BCA telah mengembangkan program #BanggaLokal di akhir tahun 2020. Terbaru, BCA telah menggelar program Bangga Lokal: Fashioning The Future 2022 guna memajukan UMKM di bidang fashion pada bulan Maret 2022. Program #BanggaLokal telah menghimpun ratusan merchant yang terdiri dari merchant kesehatan & kecantikan, fashion, makanan & minuman serta hobi & aktivitas. Dan, karena memiliki tujuan yang sama, pada tahun 2022 akan menjadi program #BanggaLokal, #BanggaBuatanIndonesia.

“Dukungan kuat yang kami berikan bagi kegiatan Karya Kreatif Banten tentu saja sesuai dengan visi kami untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) yaitu pemberdayaan sumber daya manusia. Kami berharap melalui penyelenggaraan kegiatan ini semakin banyak UMKM yang terbantu dan juga menemukan peluang mengembangkan usaha. Kami juga berharap pemerintah konsisten untuk menyelenggarakan kegiatan ini di kota-kota lainnya.” tutup Budiman.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Erwin Aksa Peduli

Selasa, 05 Juli 2022 - 14:00 WIB

Sosialisasi Airlangga Hartarto Sebagai Capres Partai Golkar, Komunitas Erwin Aksa Peduli Lakukan Penggalangan Melalui EKTA

Mesin politik Partai Golkar mulai bergerak di berbagai tingkatan, tidak terkecuali Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis, Erwin Aksa. Ia mengaktifasi serta…

Dirjen Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:50 WIB

Mantap! Kemenperin: Realisasi Investasi Industri Mamin Tembus Rp19,17 Triliun di Triwulan I-2022

Ditinjau dari sisi perdagangan internasional, ekspor produk mamin sampai triwulan I-2022 menembus USD10,92 miliar (termasuk minyak kelapa sawit), dan mengalami neraca perdagangan yang positif…

Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batubara Indonesia (ASPEBINDO), Anggawira

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:33 WIB

Mari Vote Anggawira untuk Ketua Umum HIPMI 2022-2025!

HIPMI sebagai perhimpunan pengusaha muda akan mencari nakhoda baru di 17 September 2022. Tantangan jaman menuntut pengusaha muda kita untuk berinovasi dan berkolaborasi, dua hal yang tentu dimiliki…

Presiden Jokowi

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:28 WIB

Pidato Presiden Jokowi pada Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara

Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Bhayangkara ke-76 dan memberikan penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani rakyat, dalam membela bangsa dan negara.

Artis ChaCha Marisa

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:42 WIB

Artis ChaCha Marisa Kesal Foto Syurnya Tersebar di Medsos, Lapor Polisi

Bintang film dan model iklan laris Chacha Marisa kesandung masalah, foto syurnya tersebar luas di media sosial. Dengan kasus yang menimpanya, bintang film Makmum 2, Gentayangan, Perjanjian dengan…