Mobil SUV Semakin Diminati, Laufenn Usung Ban Stylish Berperforma Tinggi

Oleh : Herry Barus | Minggu, 29 Mei 2022 - 17:16 WIB

Hankook Tire Laufenn (Ist)
Hankook Tire Laufenn (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta -- Memasuki akhir kuartal kedua tahun 2022, industri otomotif mencatat pertumbuhan positif terhadap angka penjualan mobil di Indonesia. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat kebijakan relaksasi PPnBM DTP sebagai salah satu faktor pendukung meningkatnya penjualan mobil di akhir 2021 sebanyak 68 persen, dan penjualan sebanyak 263.810 unit di akhir bulan Maret 2022 atau setara dengan kenaikan 41.1 persen.  

Segmen MPV dan SUV juga masih menduduki jenis mobil dengan penjualan tertinggi. Di Indonesia sendiri SUV jenis Low Sport Utility Vehicle (LSUV) menjadi salah satu yang paling digandrungi dan tercatat kenaikan penjualan signifikan sebesar 19.3 persen, setara dengan total penjualan sebanyak 16.021 unit pada Maret lalu.  

National Sales Manager PT. Hankook Tire Sales Indonesia Apriyanto Yuwono mengatakan ada beberapa faktor pendukung tingginya minat pasar terhadap mobil SUV di Indonesia, yakni modelnya yang semakin beragam terutama kini dengan dirilisnya seri hybrid oleh beberapa merk mobil terkemuka. “Tidak hanya itu mobil SUV juga dianggap cocok bagi konsumen Indonesia karena performanya yang universal dan dapat menyesuaikan kondisi jalanan, baik jalanan aspal perkotaan maupun kondisi jalanan yang lebih menantang dengan kontur tidak merata,” jelas Apri.

Mengimbangi pasar SUV yang semakin tumbuh di Indonesia, produsen ban global Hankook Tire telah merilis seri Laufenn sejak kuartal IV 2020. Seri ini mengusung tema ‘Journey in Style’, dimana ban ini diciptakan untuk memenuhi gaya hidup masa kini, hadir dalam ukuran mulai dari 13 inch hingga 20 inch untuk jenis ban passenger car dan SUV. Khusus segmen SUV, Laufenn mengalami peningkatan penjualan ban untuk segmen SUV sebanyak 10 persen, kuartal 1 tahun ini dibanding tahun lalu periode yang sama yang juga mendukung penjualan ban Hankook sebanyak 20 persen secara keseluruhan.

“Ban Laufenn memastikan para pengendara dapat merasakan pengalaman berkendara yang luar biasa melalui kinerja ban semakin dioptimalkan dalam setiap cuaca dan kondisi jalan, dengan model ban yang stylish”, jelas Apri.

Untuk pengendara yang memiliki hobi road trip atau mengeksplor alam, SUV dapat menjadi pilihan kendaraan yang tepat karena mampu melewati jalanan apapun dengan baik. Hal ini dikarenakan sudah banyak model SUV yang hadir dalam varian penggerak empat roda. “Model-model ini biasanya memiliki tenaga yang lebih dari cukup untuk melewati jalan terjal sehingga pengendara bisa secara aman mengendarainya dalam keadaan menanjak atau menurun. Terlebih lagi, SUV saat ini juga sudah dilengkapi dengan sistem kontrol traksi yang disempurnakan dalam membantu pengendara lebih jauh saat menaklukkan medan off-road.” ujar Apri.

Untuk menunjang road trip, Hankook menciptakan inovasi Laufenn X Fit HT dan Laufenn X Fit AT yang dirancang khusus untuk mobil SUV dan dilengkapi dengan 3D-edged sidewall block yang memberikan proteksi lebih bagi ban untuk melindungi dari kerusakan parah, lumpur hingga menghasilkan traksi yang semakin baik. X Fit HT dan X Fit AT juga dilengkapi dengan kemampuan stone ejector otomatis, sehingga ketika berkendara di jalanan yang tidak rata pengendara tidak perlu khawatir akan bebatuan yang menancap pada permukaan ban.

Mobil SUV juga dianggap sebagai mobil keluarga karena jumlah seaternya yang cukup banyak, interior yang luas dengan ruang kepala dan kaki yang cukup luas. Jenis SUV crossover dinilai lebih cocok untuk keluarga yang lebih kecil, sementara SUV yang lebih besar dapat menawarkan tempat duduk bahkan hingga tujuh orang. Dengan jenis yang bervariasi serta harganya yang cukup terjangkau hal ini semakin membuat SUV sebagai mobil incaran, terutama untuk para pasangan dan keluarga muda yang akan membeli mobil pertama mereka.

Selain digadang sebagai mobil yang ideal bagi keluarga, SUV kini juga dipercaya lebih hemat bahan bakar jika dibandingkan dengan tipe mobil lain. Beberapa diantaranya melalui penerapan desain terbaru seperti aerodinamis, mesin pintar hingga struktur kerangka mobil yang lebih ringan sehingga penggunaan bahan bakarnya lebih minim dibandingkan mobil jenis lain.

Keunggulan ini sejalan dengan Laufenn S Fit AS. Ban S Fit AS menghadirkan performa tinggi terbaik untuk semua musim yang dirancang untuk para pengemudi yang mencari semua kualitas terbaik dari sebuah ban tanpa terkecuali hemat bahan bakar. S Fit AS juga dilengkapi dengan desain Semi-Rib pada bagian alur ban, untuk mendukung stabilitas berkendara dan performa handling mobil. Desain asimetris pada tapak ban juga semakin membantu pengereman yang semakin optimal, terutama pada jalanan basah.

Ukuran SUV yang lebih tinggi dibanding mobil jenis lain membantu pengendara memiliki jarak pandang yang cukup sehingga mencegah melalui jalanan berlubang. Karena ukurannya yang lebih besar,  SUV kerap dianggap sebagai salah satu jenis mobil teraman. Hal ini dikarenakan kemampuan SUV dalam menahan gaya tabrakan lebih kuat dibandingkan jenis mobil lainnya karena ukuran yang besar dan lebih berat sehingga dapat menekan risiko cedera bagi penumpang.

Banyak seri terbaru SUV kini juga sudah dilengkapi dengan berbagai sistem bantuan pengemudi yang dapat memperingatkan pengendara mengenai bahaya dan mengurangi risiko kecelakaan. Peralatan seperti sensor parkir dan bantuan blind spot sangat berguna karena rintangan bisa lebih sulit dikenali saat mengemudikan kendaraan yang lebih besar.

Selain itu para pemilik dan pengendara SUV juga dapat membawa kendaraannya pada jaringan Dealer Hankook dan Laufenn yang sudah tersebar di kota-kota di Indonesia. Di sana para tim Dealer yang sudah melewati pelatihan dapat merekomendasikan beberapa pilihan perawatan dan konsultasi yang sesuai dengan kebutuhan setiap kendaraan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…