Kemenperin Pamer 5 Produk Pencegahan dan Penanggulangan Bencana di ADEXCO 2022

Oleh : Hariyanto | Kamis, 26 Mei 2022 - 10:07 WIB

Produk Inovasi Penanganan Bencan
Produk Inovasi Penanganan Bencan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada ajang Asia Disaster Management & Civil Protection Expo & Conference (ADEXCO) 2022 di Nusa Dua, Bali, Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, menampilkan lima sektor industri yang terkait pencegahan dan penanggulangan bencana.

Kelima sektor industri tersebut yaitu PT. Kreasi Mandiri Wintor Indonesia, PT. Tata Logam, PT. INTI dan PT. Supertone, Asosiasi Produsen Alat Kesehatan Indonesia (ASPAKI) dan tujuh perusahaan Alkes, serta Asosiasi Sistem & Teknologi Tanpa Awak (ASTTA) dan sembilan perusahaan drone.

Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Iklim Usaha dan Investasi Andi Rizaldi menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pameran tingkat internasional, Adexco 2022.

Mengusung tema “Reinforce Our Future, From Indonesia to the World”, Adexco merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kesadaran dan wawasan seluruh elemen bangsa terkait pemanfaatan teknologi dalam sebuah penanganan bencana.

“Kami yakin dengan inovasi yang dipamerkan dalam Adexco ini, kita ke depan akan bisa memitigasi bencana dengan baik. Khususnya dalam menekan jumlah korban akibat bencana,” harapnya.

Adexco 2022 memperlihatkan kecanggihan teknologi Indonesia dalam penanggulangan bencana, di antaranya AMMDes, pesawat tanpa awak alias drone, SPC yang merupakan CCTV dengan kemampuan dan gambar yang tajam, serta teknologi mitigasi bencana lainnya.

Wakil Ketua I Asosiasi Produsen Alat Kesehatan Indonesia (Aspaki) Erwin Hermanto mengatakan bahwa adanya pandemi covid-19, anggota Aspaki mampu membuat alat kesehatan yang inovatif dan berdaya saing.

“Dengan adanya  program pemulihan ekonomi nasional jangka panjang, industri alat kesehatan di dalam negeri fokus pada peningkatan konten lokal, perluasan pasar, dan diversifikasi produk,” ujarnya.

Vice Presiden PT Tata Metal Lestari (Tatalogam Group) Stephanus Koeswandi menyampaikan, pihaknya meerupakan salah satu produsen terbesar untuk atap baja di Indoensia.

Perusahaan ini membuat produk yang dinamakan Domus, yakni rumah permanen instan yang bisa menjadi solusi dalam kondisi bencana. “Domus adalah rumah permanen yang dibangun secara instan dalam waktu lima hari,” jelasnya.

Kepala Divisi Sistem Teknologi Informasi PT Inti (Persero) Teguh Adi Suryandono mengemukakan, perusahaan telah mengembangkan suatu sistem IoT yang akan meningkatkan proses manajemen kebencanaan. Misalnya, IoT dapat memproteksi struktur kritikal, pengembangan sensor, dan diseminasi informasi ke publik.

“Meskipun kami tidak dapat menghilangkan bencana, kami masih dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan respons bencana dengan membuat prediksi berbasis IoT yang ditindaklanjuti oleh sistem peringatan dini, bersama dengan sistem respons yang diaktifkan IoT,” paparnya.

Ketua Umum Asosiasi Sistem & Teknologi Tanpa Awak (ASTTA) Ryan Fadhilah Hadi mengungkapkan, drone dapat digunakan untiuk pencegahan bencana dalam hal mitigasi bencana, tanggap darurat hingga pasca-bencana.

“Teknologi drone bukan lagi teknologi yang tergolong baru. Sudah banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang telah merasakan manfaat teknologi tersebut,” tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

Rabu, 06 Juli 2022 - 22:13 WIB

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

PT Persada Medika Utama, atau lebih dikenal sebagai Granostic Diagnostic Centre, adalah laboratorium klinik yang berlokasi di Surabaya dan telah berdiri sejak tahun 2007. Sejak awal pendiriannya,…

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…