Apa Saja Kriteria Payroll System Indonesia yang Bagus dan Efektif? Berikut Ulasannya

Oleh : Hariyanto | Selasa, 24 Mei 2022 - 16:03 WIB

Ilustrasi Payroll
Ilustrasi Payroll

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Semakin besarnya sebuah bisnis, membuat seorang pelaku usaha tidak bisa mengerjakannya sendirian. Oleh karena itu, mereka harus mencari pegawai baru untuk membantu menyelesaikan semua bisnisnya. Apabila terus berkembang hingga ke skala yang lebih besar, bukan tidak mungkin, Anda harus memiliki sebuah sistem kantor yang teratur, seperti pegawai, staff, hingga bagian HRD.

Masalah baru muncul ketika Anda telah memiliki staff untuk mengembangkan usaha Anda. Masalah seperti bagaimana cara memberikan sistem penggajian karyawan secara efektif yang biasanya tugas ini memang diurus oleh HRD. Akan tetapi, sudah banyak cara mudah untuk membuat pembayaran gaji pegawai dengan lebih mudah, salah satunya adalah dengan payroll system Indonesia.

Keberadaan payroll system Indonesia sangat membantu untuk para HRD yang kebingungan mengurus tagihan gaji para pegawai. Sistem penggajian karyawan seperti ini juga meringankan HRD yang mempunyai banyak tugas lain, seperti merekap absensi, membuat SOP pegawai hingga mencari calon potensial pegawai baru.

Apa itu payroll system?
Payroll merupakan sebuah sistem penggajian karyawan yang mana tidak perlu menggunakan selembaran kertas lagi sebagai bukti transaksinya. Jadi, setiap pegawai bisa langsung mendapatkan gaji setiap bulannya, tergantung sebuah kebijakan perusahaan. Misalnya, jika Anda biasa membayar gaji setiap tanggal 25, payroll system Indonesia dari bank akan secara otomatis mengirimkan tanpa ada penundaan waktu.

Keberadaan sistem ini memudahkan pihak HRD yang akan membutuhkan waktu lama apabila harus menghitungnya secara manual. Jika perusahaan Anda memiliki pegawai mencapai 100 orang, bayangkan seorang pegawai HRD harus menghitung gaji pokok, tunjangan, uang makan dll. Hal tersebut pasti akan memakan waktu yang lebih banyak dari biasanya. Terlebih lagi, waktu mereka juga tidak terbuang secara sia-sia.

Lebih lanjut, sebagian besar bank di Indonesia juga telah menerapkan payroll system Indonesia jadi Anda bisa memilih manapun yang Anda inginkan. Tak perlu khawatir sebab setiap bank telah memiliki sistem yang akurat jadi mereka tidak mungkin salah memasukkan nominal angka.

Manfaat Penggunaan Payroll System Indonesia?
Ada beberapa alasan mengapa payroll system Indonesia sudah marak digunakan saat ini, yaitu:

1. Mengurangi Kesalahan
Uang adalah suatu hal yang sangat sensitif. Anda tidak mau bermain-main dengan gaji karyawan, yang bisa mengakibatkan kekecewaan mereka. Sama seperti kalkulator yang sedikit lebih baik dalam matematika daripada otak manusia kita, software payroll otomatis lebih baik dalam menghitung Payroll.

Kegiatan seperti pemotongan, gaji lembur, dan komisi yang mempengaruhi gaji karyawan bisa diselesaikan secara efektif dengan penggunaan payroll system Indonesia. Selain itu, jika Anda tidak memasukkan data secara manual, tidak ada risiko salah mengetik nomor atau menyalin data dengan tidak benar.

2. Menghemat Waktu
HRD, personalia, manajer payroll atau siapa pun dalam perusahaan Anda yang bertanggung jawab terhadap penggajian karyawan, memiliki tugas lain. Mengotomatiskan beberapa tugas tersebut dapat menghemat banyak waktu, bahkan sampai lima jam kerja.

3. Meningkatkan Keamanan
Dokumen dan spreadsheet bukanlah tempat yang sangat aman untuk menyimpan data penggajian penting Anda. Dengan sistem payroll otomatis, data Anda dienkripsi dan dilindungi kata sandi. Jadi,  tidak ada orang (selain Anda dan tim Anda) yang dapat mengaksesnya dengan mudah.

4. Menciptakan Laporan dengan Mudah
Membuat keputusan penggajian strategis atau memprediksi biaya tenaga kerja lebih mudah dengan sedikit bantuan otomatis. Hal tidak mudah adalah menggali semua pekerjaan manual Anda untuk melacak informasi penggajian Anda dan menyusunnya menjadi laporan dengan tangan.
Banyak platform software payroll otomatis akan memberi Anda laporan yang dapat diunduh. Anda dapat yakin bahwa semuanya berjalan lancar dan Anda membuat keputusan yang tepat untuk organisasi Anda.

5. Menyederhanakan Pengarsipan Pajak
Pengarsipan dan penghitungan pajak bisa menjadi sangat rumit. Mengikuti semua perubahan ini bisa memakan waktu dan sangat mahal jika Anda salah. Payroll otomatis melacak pembaruan ini dalam kebijakan pajak, memastikan Anda memenuhi semua tenggat waktu yang benar, dan menghitung pemotongan pajak untuk masing-masing karyawan. Dengan cara ini, Anda dapat merasa yakin bahwa pajak Anda diajukan dengan benar dan tepat waktu.

6. Menghemat Uang
Anda mungkin ragu untuk menggunakan sistem payroll otomatis, tetapi American Payroll Association memperkirakan bahwa otomatisasi dapat mengurangi biaya pemrosesan penggajian Anda hingga 80 persen.

Banyak dari manfaat payroll bagi perusahaan yang disebutkan sebelumnya berkontribusi pada biaya keseluruhan yang lebih rendah untuk organisasi Anda. Jika Anda menghilangkan kesalahan yang paling mahal, Anda dapat menurunkan biaya dalam jangka panjang. Plus, seperti yang mereka katakan, waktu adalah uang yang terutama berlaku untuk bisnis.

Kriteria Software Payroll System Indonesia Terbaik
Payroll system Indonesia adalah sebuah proses penggajian yang telah terintegrasi dengan sistem komputerisasi melalui payroll system Indonesia.

Penggajian sendiri adalah proses yang wajib dilaksanakan setiap perusahaan untuk memberikan gaji atas pekerjaan yang telah dilaksanakan karyawan. Sehingga perusahaan yang baik dan berkualitas adalah perusahaan yang memiliki sistem penggajian terbaik.

Penggunaan Aplikasi payroll system Indonesia merupakan kewajiban agar perusahaan dapat menjamin kualitas sistem penggajian. Namun, perusahaan juga seharusnya paham dalam memilih aplikasi payroll system Indonesia yang tepat dan berkualitas.

Ada beberapa kriteria aplikasi payroll system Indonesia yang seharusnya perusahaan pahami dalam memilih aplikasi payroll system Indonesia, antara lain:

1. Pastikan Aplikasi Payroll System Indonesia Mendukung Kultur Perusahaan Anda
Setiap perusahaan memiliki budaya kerja masing-masing. Begitu pula dalam hal HR dan Penggajian, setiap perusahaan memiliki sistem penilaian sendiri. Hal ini menjadi salah satu faktor terpenting bagi perusahaan menentukan aplikasi payroll system Indonesia yang akan dipilih untuk proses payroll system mereka.

Ada banyak software HRD ataupun software payroll system yang beredar sekarang, mulai dari harga yang murah hingga mahal. Sebaiknya anda jangan fokus pada harga, pastikan anda fokus para fitur-fitur yang disediakan. Jangan anda membeli software HRD yang ternyata tidak sesuai dengan kultur perusahaan anda.

2. Kecepatan Proses
Kecepatan proses adalah lama proses yang dibutuhkan oleh sebuah software HRD/payroll system dalam mengelola data dan menjalankan proses penggajian. Biasanya jika sebuah software HRD memiliki waktu proses yang sangat lama akan menyebabkan mundurnya waktu gajian dan pastinya akan merugikan karyawan perusahaan anda. Maka dari itu, penting bagi anda untuk memastikan bahwa software HRD yang akan dibeli memiliki teknologi yang bagus dengan kecepatan yang tinggi.

3. Keamanan
Tentunya anda tidak ingin jika data anda di curi atau dapat di sabotase oleh orang yang tidak memiliki tanggung jawab, apalagi jika telah berkaitan dengan data perusahaan. Telah banyak berita masalah terjadi kebocoran dan sabotase data oleh orang yang tak bertanggung jawab yang akar permasalahannya terjadi pada keamanan software HRD.

4. Kevalidan Hasil Proses
Tujuan menggunakan payroll system Indonesia pastinya untuk mempermuda HR dalam proses pengajian dan juga untuk menghasilkan data yang valid. Lantas bagaimana bila ternyata software yang anda gunakan tidak menghasilkan data valid, tentunya terasa sia-sia membelinya.

5. Pelayanan dari provider Software
Biasanya dalam penggunaan software HRD yang telah kita beli, terkadang kita butuh penyesuaian diri dalam menggunakannya. Pada masa itu, kita kerap kali masih membutuhkan provider software yang membuat software HRD untuk membantu kita. Sehingga jika pelayanan yang diberikan oleh provide software tidak baik maka dipastikan anda akan merasa tidak nyaman.

Rekomendasi Payroll System Indonesia Terbaik
Talenta by Mekari adalah software salah satu payroll system Indonesia berbasis aplikasi yang mudah digunakan dan mudah terintegrasi dengan software-software lainnya. Jadi anda tidak perlu melakukan perombakan sistem ulang yang membutuhkan waktu yang lama.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee-self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Kelebihan Talenta by Mekari:
1.       Fitur yang Disajikan Sangat Berlimpah
Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya :

• Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.
• Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.
• Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.
• Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

2.        Kostumisasi yang Sangat Terperinci
Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

3.        Tim Support yang Efektif dan Responsive
Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Dalam aplikasi Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal. Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai payroll system indonesia yang dapat membantu memproses slip gaji dengan mudah.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Anda bisa lihat website resminya di https://www.talenta.co/ dan pilihlah produk serta layanan mana yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda!

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…