HIPMI Siap Dukung Sektor UMKM RI ke Pasar Internasional

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 Mei 2022 - 07:00 WIB

HIPMI Siap Dukung Sektor UMKM RI ke Pasar Internasional
HIPMI Siap Dukung Sektor UMKM RI ke Pasar Internasional

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menginisiasi perhelatan HIPMI International Business Forum yang merupakan rangkaian acara dari rencana kegiatan kunjungan HIPMI ke Amerika Serikat dan Eropa yang rencananya akan diadakan pada Agustus mendatang.

Ketua Bidang Investasi, Infokom & Kerjasama Internasional Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Dede Indra Permana Soediro yang mewakili Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H. Maming mengatakan, kegiatan ini adalah upaya dari HIPMI untuk membantu membuka akses pasar produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari seluruh Indonesia ke pasar global melalui format acara yang dirancang dengan kerja sama antara pengusaha muda dan pemerintah.

"Ini kita tindaklanjut untuk memverifikasi produk-produk daerah yang mana nanti akan kita bawa ke pasar Amerika. Untuk itu, acara ini merupakan agenda strategis yang diadakan pada setiap kepengurusan BPP HIPMI, momentum ini akan memanfaatkan untuk membantu membuka peluang yang sebesar-besarnya bagi seluruh anggota HIPMI dan UMKM menembus pasar global karena UMKM selain unggul di domestik juga siap untuk diekspor go international," ujar Dede, saat membuka acara HIPMI International Business Forum di Ballroom The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (19/5/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan P. Roeslani mengatakan, kebangkitan sektor UMKM dapat berdampak dan mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia. Menurutnya, sektor ini memang sudah menjadi tulang punggung Indonesia.

Dengan tema 'Mengantar UMKM Indonesia Menuju Pasar Amerika, ia menyebut, jumlah sektor bisnis UMKM di Indonesia pada 2021 mencapai 64,19 juta dengan partisipasi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61,97 persen atau senilai Rp 8,6 triliun. Sektor bisnis UMKM memiliki peranan terhadap perbaikan ekonomi Indonesia, terlihat dengan kemampuannya menyerap 97 persen tenaga kerja dan mengintegrasikan investasi sebesar 60,4 persen.

"UMKM adalah tulang punggung ekonomi nasional dan peranan penting dalam membantu pemulihan ekonomi nasional. Peran UMKM di Indonesia memberikan kontribusi kurang lebih 61 persen dari PDB kita, serta menyerap tenaga kerja lebih dari 95 persen dari 131 juta tenaga kerja di Indonesia," ucap Rosan.

Perlahan tapi pasti, menurutnya, sektor UMKM menunjukkan nilai positif. Banyak dari UMKM yang berhasil beradaptasi di tengah pandemi hingga omzetnya naik berkali lipat.

"Namun, hal tersebut tak datang begitu saja. Kebangkitan UMKM justru terjadi karena kemampuan mempertahankan daya saing lewat digitalisasi," ungkapnya.

Sekedar diketahui, forum bisnis tersebut dihadiri antara lain yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Walikota Solo Gibran Rakabuming, Ketua Umum BPD HIPMI Jaya Sona Maesana, Ketua Umum BPD HIPMI Jawa Tengah Wulan Rudy Prasetiyo, dan Ketua Umum BPD HIPMI Sumatera Selatan Hermansyah Mastari. (*)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…