Creative Hub Perkuat Ekosistem Ekonomi Kreatif di Sragen

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 19 Mei 2022 - 09:45 WIB

Acara Kelana Nusantara di Sragen, Jawa Tengah (Dok: Kemenparekraf)
Acara Kelana Nusantara di Sragen, Jawa Tengah (Dok: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Kelana Nusantara merupakan ruang bagi Menparekraf untuk bertemu langsung dengan pelaku ekonomi kreatif (ekraf), khususnya pelaku ekraf di Sragen, guna mendengar langsung tentang hambatan juga aspirasi dalam pengembangan ekonomi kreatif dalam mendorong kebangkitan ekonomi dengan terciptanya peluang usaha dan lapangan kerja. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pun berkesempatan menghadiri acara tersebut. 

Dalam kesempatan itu pelaku ekraf menyampaikan kebutuhan akan pelatihan dan peningkatan kapasitas melalui pelatihan dan pendampingan. Selain itu fasilitasi tentang perizinan, pemasaran, pelaporan keuangan, serta akses pembiayaan. 

"Yang paling pertama mereka adalah perlu perhatian dari pemerintah. Ini yang bersama kita harus gagas ada ide creative hub," ujar Sandiaga Uno melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Creative hub tersebut nantinya menjadi pusat layanan (one stop services) berbagai hal yang dibutuhkan para pelaku ekonomi kreatif khususnya pelaku UMKM. Mulai dari perizinan BPOM, bahan baku, dan lainnya. 

Terlebih Kabupaten Sragen dinilai Menparekraf Sandiaga memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang besar. 

"Pemerintah akan memfasilitasi, akan hadir dan bekerja sama dan tentunya antusiasme pelaku ekonomi kreatif yang sangat luar biasa ini dapat kita fasilitasi," ujarnya. 

Menparekraf benar-benar berharap pariwisata dan ekonomi kreatif Sragen dapat berkembang. Apalagi Kemenparekraf berkolaborasi dengan Pemkab Sragen juga akan membangun Politeknik Pariwisata Sragen guna menghasilkan sumber daya manusia (SDM) parekraf yang unggul dan berdaya saing. 

Berbagai aktivitas sektor parekraf di Sragen menunjukkan semangat kebangkitan yang sudah di depan mata, untuk membuka peluang usaha terbuka, dan penciptaan lapangan kerja. 

"Saya yakin hal tersebut dapat menyejahterakan masyarakat sesuai tatanan ekonomi baru sebagaimana arahan dari Presiden Jokowi, kita bergeser dari pandemi menuju endemi, tapi berpihak pada UMKM," ucap Sandiaga Uno.

Pengembangan sektor Parekraf disebutkan Sandiaga Uno perlu melakukan pendekatan inovasi, adaptasi, kolaborasi, dan digitalisasi.

"Kebangkitan ekonomi kita adalah kebangkitan berkualitas dan memiliki standar berdasarkan pelajaran yang diterima dari pandemi adalah CHSE yakni kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan keberlanjutan lingkungan,"  tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:30 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto Pimpin Pengukuhan Kadispen Kormar dan Penyerahan Jabatan Kapuskodal Kormar

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto memimpin acara pengukuhan jabatan Kepala Dinas Penerangan Korps Marinir (Kadispen Kormar) dan penyerahan jabatan Kepala…

Prajurit YONIF 3 Marinir Sidoarjo Tingkatkan Beladiri Karate

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:15 WIB

Prajurit YONIF 3 Marinir Sidoarjo Tingkatkan Beladiri Karate

Dalam rangka menjalankan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono tentang bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi…

Sejumlah Taruna Akmil dan AAL Dalami Ilmu Kepemimpinan di Yonif Raider 300 Bjw

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:00 WIB

Sejumlah Taruna Akmil dan AAL Dalami Ilmu Kepemimpinan di Yonif Raider 300 Bjw

Taruna Akademi Militer (Akmil) dan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) mendalami materi kepemimpinan saat melakukan kunjungan ke Mako Batalyon Infanteri Raider 300/Bjw, yang berlokasi di Kabupaten…

Presiden Jokowi

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:49 WIB

Presiden Jokowi Bagikan Bansos dan Tinjau Harga Kebutuhan Pokok di Semarang

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo mengunjungi Pasar Peterongan, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, pada hari Selasa, 5 Juli 2022. Tiba sekira pukul 12.30 WIB, kehadiran Presiden…

Asops Kasad Mayjen TNI Ainurrahman Periksa Kesiapan Operasi Yonif Raider 514 Kostrad

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:30 WIB

Asops Kasad Mayjen TNI Ainurrahman Periksa Kesiapan Operasi Yonif Raider 514 Kostrad

Asisten Operasi Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Mayjen TNI Ainurrahman didampingi oleh Asisten Operasi Kaskostrad, Brigjen TNI Primadi Saiful Sulun, Irdivif 2 Kostrad Brigjen TNI Bahram, Danbrigif…